uefau17.com

Profil Thiago Alcantara, Pemain Liverpool yang Memutuskan Pensiun di Usia 33 Tahun - Citizen6

, Jakarta Mantan bintang FC Barcelona dan Bayern Munich, Thiago Alcantara telah pensiun dari sepak bola seperti yang dilaporkan secara eksklusif oleh pakar pasar transfer Fabrizio Romano, yang mengutip sumber anonim.

Thiago Alcantara telah memutuskan pensiun dari sepak bola profesional. Mantan pemain Barca, Bayern, Liverpool, dan Spanyol telah mengambil keputusannya,” cuit Romano seperti dilaporkan oleh Forbes.

“Semangat dan kecintaan Thiago terhadap sepak bola terus berlanjut saat dia siap untuk babak baru dalam sepak bola setelah beberapa bulan merencanakannya,” tambah pelatih asal Italia itu.

Lahir pada 11 April 1991, di San Pietro Vernotico, Italia, Thiago dibesarkan dalam keluarga sepak bola. Ayahnya, Mazinho, adalah mantan pemain sepak bola Brasil yang memenangkan Piala Dunia 1994.

Setelah sempat bersekolah di akademi Flamengo di Rio de Janeiro, yang terakhir berlangsung dari tahun 2001 hingga 2005, ia bergabung dengan La Masia milik Barca yang didirikan pada tahun-tahun terakhir tersebut.

Pep Guardiola memberi Thiago debut tim pertamanya pada Mei 2009, ketika ia masuk pada menit ke-74 dalam pertandingan La Liga melawan RCD Mallorca dengan gelar sudah diraih.

Membuat 100 penampilan lagi dalam empat musim berikutnya, Thiago yang masih pemula kemudian mengungkapkan kepada BT Sport bahwa dia meninggalkan Barca karena dia "bermain dengan banyak legenda" dan karena itu "berjuang untuk bermain sebanyak yang saya inginkan".

Dengan biaya murah sebesar 21,7 juta dolar AS, ia melarikan diri ke Bayern Munich pada tahun 2013 dengan kontrak empat tahun dan menetap di Bavaria di mana ia menjadi legenda klub dan tujuh kali menjadi raja Bundesliga.

Setelah meraih medali juara Liga Champions keduanya di Lisbon pada musim panas 2020, dan memainkan peran kunci dalam kemenangan 8-2 atas mantan klubnya Barca di perempat final, Thiago mengambil tantangan baru di Inggris dengan bergabung dengan Liverpool.

Cedera membuat ia hanya bisa mencatatkan 98 penampilan untuk The Reds dalam empat musim, yang, seperti dijelaskan, lebih sedikit dibandingkan yang ia capai dalam periode waktu yang sama sebelum meninggalkan Blaugrana saat masih muda.

Raksasa Liga Premier tersebut mengungkapkan pada bulan Mei bahwa Thiago akan hengkang pada akhir musim 2023/2024, dan kini, pada usia 33 tahun, mantan pemain internasional Spanyol itu memutuskan untuk mengakhiri karier gemilangnya seperti dilansir Romano dan dikonfirmasi melalui staf Thiago melalui jurnalis Brasil Josue Seixas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Karier

Thiago memulai karier sepak bolanya di akademi FC Barcelona, La Masia, yang terkenal melahirkan banyak bintang sepak bola dunia. Ia memulai debutnya untuk tim senior Barcelona pada tahun 2009 dan segera menunjukkan bakat luar biasa di lini tengah.

FC Barcelona (2009-2013)

Selama berada di Barcelona, Thiago memenangkan berbagai gelar termasuk:

La Liga: 2009-10, 2010-11, 2012-13

Liga Champions UEFA: 2010-11

Piala Dunia Antarklub FIFA: 2011

Thiago dikenal dengan visi bermainnya, kemampuan mengontrol bola, dan akurasi passing yang luar biasa. Meskipun cedera sempat mengganggu kariernya, Thiago tetap menjadi bagian penting dari skuad Barcelona yang mendominasi sepak bola Eropa pada waktu itu.

Bayern Munich (2013-2020)

Pada 2013, Thiago pindah ke Bayern Munich dengan biaya transfer sekitar 25 juta Euro. Di bawah asuhan pelatih Pep Guardiola, Thiago berkembang menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia. Prestasinya di Bayern termasuk:

Bundesliga: 7 kali berturut-turut dari 2013-2020

Liga Champions UEFA: 2019-2020

Piala Dunia Antarklub FIFA: 2020

Thiago memainkan peran kunci dalam musim treble Bayern pada 2019-20, yang termasuk memenangkan Bundesliga, DFB-Pokal, dan Liga Champions.

Liverpool (2020-2024)

Pada September 2020, Thiago bergabung dengan Liverpool FC. Meskipun terganggu oleh beberapa cedera, Thiago tetap menunjukkan kelasnya di Liga Premier Inggris. Ia membantu Liverpool memenangkan Piala FA dan Piala Liga Inggris selama waktunya di klub tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Prestasi Individu

Thiago Alcantara juga meraih berbagai penghargaan individu sepanjang kariernya, termasuk:

Tim Terbaik UEFA: 2020

Pemain Terbaik Bulanan Bundesliga: beberapa kali

Pemain Terbaik Tahunan Bayern Munich: 2017

 

Warisan dan Pengaruh

Thiago dikenal tidak hanya karena prestasinya di lapangan, tetapi juga karena pengaruhnya terhadap permainan sepak bola modern. Gaya bermainnya yang elegan dan efisien telah menginspirasi banyak pemain muda. Thiago meninggalkan warisan sebagai salah satu gelandang terbaik dari generasinya, yang mampu mengubah jalannya pertandingan dengan keterampilannya.

Pensiunnya Thiago pada usia 33 tahun menandai akhir dari karier yang gemilang dan penuh prestasi. Ia akan selalu dikenang sebagai maestro di lini tengah yang memberikan banyak kontribusi kepada setiap tim yang ia bela.

4 dari 4 halaman

6 Potret Pesona Julia Vigas, Istri Gelandang Anyar Liverpool Thiago Alcantara

Julia Vigas bertemu Thiago saat bermain untuk Barcelona pada 2012 silam. Dia kemudian mengikuti Thiago ke Jerman ketika bergabung dengan Bayern Munchen pada 2013.

Pasangan ini kemudian menikah dalam sebuah upacara pernikahan besar di Sant Climent de Peralt di Spanyol pada 27 Juni 2015. Julia dan Thiago sudah dikarunia dua anak, Gabriel berusia tiga tahun dan Siena yang baru lahir pada 10 Januari lalu.

Julia lahir dan besar di Barcelona. Dia adalah pemilik sebagian, bersama saudara laki-laki dan ayahnya, Hotel The Terramar di daerah pelabuhan Llafranc. Hotel bintang tiga ini sangat populer.

Hotel ini memiliki ulasan bagus di situs web tertentu. Para tamu secara teratur memberi hotel ini empat bintang dari lima.

Ayah Julia adalah seorang pengusaha terkemuka di Catalan, meski tidak diketahui bisnis yang digeluti. Julia lulus dari Universitas Barcelona pada 2013, di mana dia belajar pemasaran dan komunikasi.

"Saya pencinta mode dan perjalanan, sepatu dan tas adalah kecanduan saya," kata Julia dalam blognya yang sekarang sudah tidak aktif lagi.

Berikut 6 potret pesona Julia Vigas, istri dari Thiago Alcantara yang diambil dari akun Instagram @juliavigas.

Selengkapnya...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat