uefau17.com

Hasil Euro 2024: Pedri Cedera, Spanyol Permalukan Jerman 2-1 untuk Tiket Semifinal - Bola

, Jakarta Timnas Spanyol sukses lolos ke semifinal Euro 2024 usai menang 2-1 atas Jerman pada laga perempat final di stadion Stuttgart Arena, Jumat (5/7/2024). Spanyol unggul terlebih dahulu lewat Dani Olmo, tapi disamakan Florian Wirtz. Mikel Merino menjadi penentu kemenangan La Roja lewat gol telatnya di perpanjangan waktu.

Dani Olmo main untuk gantikan Pedri yang terpaksa keluar cepat karena cedera. Kemenangan ini juga mengantarkan Spanyol ke semiifinal Euro 2024 dan bakal hadapi pemenang Portugal atau Prancis.

Jalannya Pertandingan Spanyol vs Jerman

Pedri langsung menguji kiper Jerman Manuel Neuer di menit ke-1. Manfaatkan umpan pendek Alvaro Morata, tembakannya masih terlalu lemah.

Jerman bermain cukup keras untuk menghentikan keleincahan pemain Spanyol. Pedri bahkan harus ditarik keluar di menit ke-8 usai dilanggar Toni Kroos.

Spanyol menurunkan Dani Olmo sebagai pengganti Pedri. Apakah Olmo bisa gantikan peran Pedri di lini tengah?

Nico Williams lepas tembakan spekulasi di menit ke-12. Namun tendangannya masih melebar sehingga skor masih 0-0. Begitu juga dengan tendangan bebas Lamine Yamal di menit ke-15 yang juga melebar ke sisi kanan.

Kai Havertz membuka peluang lewat sundulannya di menit ke-21. Manfaatkan umpan Kimmich, sundulannya masih terbaca Unai Simon.

Sampai menit ke-28, Spanyol kalah dalam penguasaan bola. Namun Spanyol sudah melepas 6 tembakan dengan 2 diantaranya mengarah ke gawang.

Duel kelas berat ini berjalan keras karena pemain dari kedua tim tak ragu lakukan tekel demi menjaga pertahanan. Wasit sudah mengeluarkan dua kartu kuning untuk Jerman dan satu untuk Spanyol.

Kai Havertz sudah lepas dari penjagaan di menit ke-35. Namun tembakannya ke arah kiri masih terlalu lemah dan terbaca kiper Spanyol. Di sisi lain, Nico Williams sudah kecoh Rudiger tapi tembakannya masih bisa ditepis Neuer di menit ke-36.

Spanyol mendapatkan peluang emas lewat tembakan Dani Olmo di menit ke-39. Bola rebound direbut Morata tapi tak bisa meneruskan peluang emas itu sehingga masih 0-0.

Sampai babak pertama berakhir, skor 0-0 antara Spanyol melawan Jerman masih bertahan. Siapa yang cetak gol lebih dahulu di babak kedua?

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua Spanyol vs Jerman di Euro 2024

Jerman memasukkan Robert Andrich dan Florian Wirtz. Keduanya gantikan Leroy Sane dan Emre Can di babak kedua dimana dua nama sebelumnya memang selalu jadi starter pilihan Julian Nagelsmann.

Alvaro Morata membuka peluang emas Spanyol di menit ke-47. Mendpatkan umpan Lamine Yamal, dia membalikkan badan sebelum melepas tembakan yang sayangnya masih melambung. Nyaris saja!

Spanyol menghentak Jerman di menit ke-51. Manfaatkan umpan Lamine Yamal, Dani Olmo membuat skor jadi 1-0 usai melepas tembakan ke arah kiri gawang.

Julian Nagelsmann kembali menurunkan pemain kunci Niclas Fulkrug dan Mittelstadt di menit ke-57. Keduanya diharapkan bisa menambah ketajaman Jerman yang tertinggal 0-1 dari Spanyol.

Duel perempat final Spanyol vs Jerman menjadi pertaruhan bagi Toni Kroos. Dia tampak main cukup kasar karena ogah menjadi duel terakhirnya di sepak bola karena setelah Euro 2024 bakal pensiun. Sampai menit ke-68, dia belum memberi pengaruh berarti malah dapatkan satu kartu kuning.

Robert Andrich membuka peluang Jerman di menit ke-70. Manfaatkan umpan pendek Fulkrug, tembakannya masih bisa ditepis Unai Simon. Nyaris saja, skor sama!

Niclas Fulkrug juga nyaris samakan skor di menit ke-76. Manfaatkan umpan tarik Wirtz, sontekannya masih mengenai tiang gawang. Jerman butuh gol sehingga pemain veteran Thomas Muller pun diturunkan di menit ke-80 gantikan bek tengah Jonathan Tah.

Unai Simon melakukan goal kick berbahaya. Dia nyaris saja malu namun tembakan cungkil Kai Havertz di menit ke-82 masih melambung di atas gawang. Di sisi lain, Fabian Ruiz juga membuka peluang tapi tembakannya melambung jauh di menit ke-84.

Kai Havertz lagi-lagi gagal manfaatkan peluang di menit ke-86. Sundulannya sudah mengarah dengan benar tapi bisa ditepis Unai Simon. Kerja keras Jerman akhirnya membuahkan hasil. Florian Wirtz samakan skor 1-1 usai tembakannya menembus pertahanan Spanyol di ment  ke-89 manfaatkan umpan sundulan Kimmich.

Skor 1-1 antara Spanyol melawan Jerman bertahan hingga babak kedua berakhir. Pertandingan terpaksa dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

3 dari 4 halaman

Babak Perpanjangan Waktu Spanyol vs Jerman

Spanyol harus membayar mahal keputusan bermain lebih bertahan di menit-menit akhir babak kedua. La Roja kini harus mencari gol lagi untuk menang lawan Jerman tanpa Nico Williams, Lamine Yamal dan Alvaro Morata yang sudah diganti.

Jerman sudah mengancam di menit ke-92 lewat umpan tarik Joshua Kimmich kepada Thomas Muller, tapi mampu disapu Nacho untuk jadi corner.

Spanyol juga buka peluang lewat Dani Olmo di menit ke-95. Dia mencoba beri umpan terobosan kepada Mikel Oyarzabal tapi sang pemain salah pergerakannya sehingga bola keluar lapangan.

Mikel Oyarzabal coba bikin kejutan dari sisi kanan lewat tembakan kerasnya di menit ke-104.  Tembakannya sayang sekali masih melebar tipis. Florian Wirtz juga nyaris cetak gol di menit ke-105 tapi tembakannya melebar tipis.Hingga babak 1 perpanjangan waktu berakhir, skor masih 1-1 antara Spanyol vs Jerman.

Babak Dua Perpanjangan Waktu

Memasuki babak kedua perpanjangan waktu, Spanyol dan Jerman sama-sama mendapatkan peluang emas, tapi gagal berbuah gol. Tempo permainan tambah tinggi.

Mikel Oyarzabal kembali melepas tendangan spekulasi dari luar kotak penalti di menit ke-112. Namun kali ini masih melebar dan jauh dari sasaran. 

Mikel Merino menjadi pahlawan Spanyol saat mencetak gol di menit ke-119. Manfaatkan umpan dari Dani Olmo, Merino mengubah skor jadi 2-1.  Pertandingan tambah tegang karena Dani Carvajal dikartu merah usai menahan Jamal Musiala, tapi Jerman gagal cetak gol lagi. Hingga pertandingan berakhir, Jerman tak mampu samakan skor dan La Roja lolos semifinal.

 

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain Spanyol vs Jerman

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Dani Carvajal, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Cucurella; Pedri, Rodri, Fabian Ruiz; Lamine Yamal, Alvaro Morata, Nico Williams

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Joshua Kimich, Rudiger, Jonathan Tah, Raum; Emre Can, Toni Kroos; Sane, Gundogan, Jamal Musiala; Kai Havertz

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat