uefau17.com

Hasil Euro 2024: Susah Payah Tekuk Belgia, Gol Bunuh Diri Jan Vertonghen Antar Prancis ke Perempat Final - Bola

, Jakarta Timnas Prancis akhirnya memastikan diri lolos ke perempat final usai meanng 1-0 atas Belgia pada laga 16 besar Euro 2024 yang berlangsung di Dusseldorf Arena, Senin (1/7/2024). Gol bunuh diri dari Jan Vertonghen pastikan Les Bleus lolos.

Dengan kemenangan ini, Prancis tinggal menunggu lawan di perempat final Euro 2024. Prancis bisa jumpa Portugal atau Slovenia yang belum main.

Jalannya Pertandingan Prancis vs Belgia

Prancis membuka serangan lewat tendangan Adrien Rabiot di menit ke-2. Tendangannya masih melebar di sisi kanan gawang Belgia.

Menit ke-10, giliran Griezmann yang mencoba buka peluang lewat tembakan di kotak penalti. Tembakan menyusur tanahnya masih terlalu lemah sehingga mudah dikuasai Casteels.

Jules Kounde seharusnya bisa mencetak assist di menit ke-12. Namun umpan tariknya tak disambut satu pemain Prancis pun di kotak penalti.

Kylian Mbappe juga coba lepas tembakan di menit ke-14, tapi tendangannya melambung. Dia merasa tembakannya mengenai bek Belgia tapi wasit tak menggubris. Skor pun bertahan 0-0.

Sampai menit ke-15, pertandingan antara Prancis melawan Belgia berjalan berimbang. Kalau Prancis sudah melepas 3 tembakan, Belgia belum sekalipun. Tusukan dari Jeremy Doku atau umpan "emas" Kevin de Bruyne belum nampak sejauh ini.

Belgia masih kesulitan untuk mendapatkan peluang lewat tembakan. Terbukti sampai menit ke-27, Belgia baru mmelepas satu tembakan dari Yannic Carrasco yang itupun diblok Upamecano.

Jules Kounde mengirim umpan silang yang terukur ke arah kotak penalti Belgia di menit ke-34. Bola berhasil disundul Marcus Thuram tapi arahnya masih melebar.

Aurelien Tchouameni dapatkan peluang super emas di injury time babak pertama. Naun tendangannya masih melebar tipis di atas gawang Belgia.

Hingga babak pertama berakhir, Prancis melawan Belgia masih setia dengan skor 0-0. Apakah ada yang cetak gol di babak kedua?

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Dua Prancis vs Belgia

Tchouameni kembali getarkan pertahanan Belgia di babak kedua. Di menit ke-49, dia melepas tendangan keras dari luar kotak penalti yang sayangnya masih bisa ditepis kiper Belgia.

Marcus Thuram juga buka peluang Prancis di menit ke-50. Manfaatkan umpan Jules Kounde, sundulannya lagi-lagi meleset tipis ke atas gawang. Skor 0-0 masih bertahan.

Prancis seperti harus menajamkan lagi serangan mereka. Sampai menit ke-54, setiap tembakan yang dilepaskan termasuk dari Kylian Mbappe masih melenceng.

Setelah sekian lama, Belgia buka lagi peluang lewat Yannick Carrasco. Manfaatkan umpan terobosan Kevin de Bruyne di menit ke-61, tembakan Carrasco lagi-lagi berhasil diblok.

Romelu Lukaku belum bisa memecahkan kebuntuannya di depan gawang. Kali ini tembakannya di menit ke-70 masih bisa ditepis Mike Maignan, padahal sudah satu lawan satu.

Sampai menit ke-74, Prancis sudah melepas 17 tembakan termasuk yang terakhir dari Wiliam Saliba. Belgia di sisi lain baru melepas 3 tembakan saja. Apakah bakal lanjut perpanjangan waktu?

Belgia mendapatkan peluang emas saat Kevin de Bruyne melepas tembakan di menit ke-83. Sudah mendapatkan ruang tembak, lagi-lagi tendangannya ditepis Maignan.

Randal Kolo Mouani akhirnya mengakhiri kebuntuan Prancis di menit ke-86 . Usai manfaatkan umpan William Saliba, Randal melepas tembakan yang mengecoh kiper Belgia karena mengenai badan Jan Vertonghen sehingga membuat skor jadi 1-0.

Prancis menjadi pemenang yang pantas di laga ini dilihat dari jumlah tembakan yang mencapai 19. Hingga pertandingan berakhir, Prancis berhasil jaga keunggulan 1-0 atas Belgia.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Prancis vs Belgia

Prancis (4-1-2-1-2): Maignan; Kounde, Upamecane, Saliba, Hernandez; Tchouameni; Kante, Rabiot; Griezmann; Thuram, Mbappe

Belgia (4-4-2): Casteels; Castagne, Faes, Vertonghen, Theate; Doku, De Bruyne, Onana, Carrasco; Openda, Lukaku

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat