uefau17.com

5 Kandidat Kuat Peraih Ballon d'Or 2024: Bukan Lagi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo - Bola

, Jakarta - Era kejayaan megabintang sepak bola Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo nampaknya hampir berakhir. Meski keduanya masih memainkan peran untuk negara masing-masing dengan berpartisipasi dalam Copa America serta Euro 2024, sinar mereka perlahan mulai meredup di klub.

La Pulga saat ini menikmati era senja kariernya dengan memperkuat Inter Miami yang di MLS. Sementara itu rival terbesarnya CR7 betah bersama klub Arab Saudi, sejak terakhir kali meninggalkan panggung Eropa dengan berpisah dari Manchester United pada akhir tahun 2022.

Situasi tersebut membuat Messi dan Ronaldo saat ini sudah tidak difavoritkan lagi untuk menyabet penghargaan individu bergengsi, Ballon d'Or 2024.

Lionel Messi yang sudah mengumpulkan total delapan trofi Ballon d'Or dan menyandang status sebagai kolektor terbanyak sepanjang sejarah berpeluang harus merelakan panggungnya diisi oleh pemain-pemain lebih muda.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo yang memiliki torehan lima trofi Ballon d'Or terancam tak bisa menyusul rival sengitnya lantaran. Eks bintang Real Madrid juga sudah hampir tiba pada pengujung karier dengan usia yang menginjak 39 pada tahun ini.

Dengan potensi berakhirnya era Messi dan Ronaldo, ada setidaknya lima bintang muda yang difavoritkan menyabet Ballon d'Or 2024, seperti dilaporkan Football Transfers.

Masing-masing tercatat punya statistik penampilan gemilang, baik di panggung klub maupun internasional. Simak ulasan lengkapnya di halaman berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jude Bellingham

Superstar Inggris Jude Bellingham jadi nama pertama yang difavoritkan menyabet trofi Ballon d'Or 2024. Pemuda berusia 21 tahun itu memang mulai menikmati peningkatan popularitas menyusul performanya yang spektakuler bersama Real Madrid.

Situs Transfermarkt mencatat Bellingham sanggup mengoleksi 23 gol dan 13 assists dalam 42 pertandingan lintas ajang untuk Los Blancos sejak bergabung dengan kubu Spanyol dari Borussia Dortmund pada musim panas 2023. Dia juga memainkan peran penting yang membantu timnya memenangkan gelar LaLiga sekaligus merengkuh trofi Liga Champions 2023/2024.

Sementara itu di panggung internasional, Bellingham jadi sosok kunci Timnas Inggris besutan Gareth Southgate dalam Euro 2024. Pemain kelahiran 2003 selalu tampil di 4 pertandingan Inggris sepanjang kompetisi dan telah menyumbang 2 gol yang membantu timnya melesat ke perempat final usai menaklukkan Slovakia pada Minggu (30/6/2024) malam WIB.

3 dari 6 halaman

2. Phil Foden

Phil Foden merupakan salah satu penggawa paling menonjol di Liga Inggris 2023/2024. Pemuda berusia 24 tahun itu memainkan peran penting dalam membantu Manchester City memecahkan rekor dengan meraih gelar liga keempat berturut-turut mereka musim lalu.

Foden bahkan dinobatkan sebagai pemain terbaik Premier League 2023/2024. Dia juga begitu produktif dengan tampil dalam 53 pertandingan lintas ajang sekaligus menyumbangkan 27 gol dan 12 assists untuk The Citizens di kampanye lalu.

Seperti halnya Bellingham, Foden saat ini juga tengah memperkuat Timnas Inggris di Euro 2024. Meski tergolong sulit menyaingi rekan senegaranya dalam perburuan Ballon d'Or, penampilannya yang gemilang di panggung Eropa empat tahunan memberi asa buat Foden meraih prestasi itu.

4 dari 6 halaman

3. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe merupakan nama yang nyaris tak mungkin luput dari persaingan Ballon d'Or 2024. Pemuda Prancis itu merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Paris Saint-Germain menyusul keberhasilan dia membukukan 256 gol dari 308 perandingan di semua kompetisi.

Mbappe sebelumnya juga berhasil membawa Les Parisiens keluar sebagai kampiun Ligue 1 2023/2024 setelah mengoleksi total 27 gol ditambah 7 assists dari 29 pertandingan liga musim lalu.

Adapun Mbappe saat ini tengah bersiap menatap era baru bersama Real Madrid. Dia pun berkesempatan lebih dulu membuktikan diri sebelum masuk skuad bertabur bintang milik Los Blancos lewat penampilannya bersama Timnas Prancis di Euro 2024.

5 dari 6 halaman

4. Florian Wirtz

Florian Wirtz tampil sensasional bersama Bayer Leverkusen musim lalu. Mereka menghentikan dominasi Bayern Munchen usai keluar sebagai kampiun Bundesliga serta menambah daftar prestasi lewat trofi DFB Pokal.

Tercatat, Wirtz yang menempati pos gelandang serang mampu mengoleksi 18 gol dan 20 assists dari total 49 pertandingan di berbagai kompetisi untuk Bayer Leverkusen sepanjang kampanye 2023/2024.

Pemuda Jerman berusia 21 tahun kini juga tampil menjanjikan bersama negaranya di kandang sendiri dalam gelaran Euro 2024, sehingga namanya layak diperhitungkan sebagai salah satu kandidat peraih Ballon d'Or 2024.

6 dari 6 halaman

5. Vinicius Junior

Tak cuma Jude Bellingham, Vinicius Junior juga jadi nama penting yang berkontribusi di balik kejayaan Real Madrid dalam panggung LaLiga serta Liga Champions musim lalu.

Winger Brasil berusia 23 tahun tercatat mengoleksi 24 gol dan 11 assists dari total 39 pertandingan lintas ajang untuk Los Blancos sepanjang kampanye 2023/2024. Salah satu kontribusi paling krusialnya terjadi saat leg pertama semifinal serta babak final Champions League musim lalu.

Vini Jr menyumbangkan brace dalam duel pertama babak 4 besar melawan Bayern Munchen yang mencegah kekalahan timnya dari kubu Jerman. Dia lantas kembali menyumbang satu gol guna mempertegas kemenangan Real Madrid atas Borussia Dortmund dalam final Liga Champions 2023/2024.

Adapun Vinicius Junior saat ini tengah memperkuat Timnas Brasil dalam gelara Copa America 2024. Meski persaingan dengan rekan setimnya Jude Bellingham bakal berat, Vini Jr juga layak dipandang sebagai salah satu kandidat potensial dalam perebutan Ballon d'Or 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat