uefau17.com

Kaesang Pangarep Ungkap PSI-PKS Jalin Kerja Sama di Pilkada untuk 3 Wilayah Ini - Pemilu

, Jakarta Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengaku punya alasan khusus, mengapa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi yang kali pertama untuk di tingkat pusat sebagai partai yang disambanginya dalam momentum Pilkada 2024. 

Menurut dia, belum banyak diketahui bahwa partainya dan PKS sudah bersepakat untuk berkolaborasi untuk mengusung dan mendukung calon kepala daerah di Banten, Lebak dan Bekasi untuk Pilkada 2024.

“Saya rasa kan kita sudah ada kerja sama tadi seperti yang saya bilang ada di Banten, dan Kabupaten Lebak. Ada kemungkinan Bekasi juga. Nanti wali kotanya dari PKS, wakil walikotanya nanti dari PSI,” kata Kaesang saat menyambangi Markas Pusat dari PKS di Jakarta, Senin (8/7/2024).

Kaesang memastikan, kerja sama partainya dan PKS menjadi hal yang serius. Tujuannya, semata demi kebaikan bangsa dengan memilih kepala daerah yang akan disepakati bersama.

“Tapi ya itu yang kita sedang jajaki semua, kita saling berkolaborasi untuk kebaikan bangsa ini dan saya pribadi juga akan berkomunikasi dengan partai-partai yang lain terkait Pilkada,” jelas dia.

Senada dengan itu, Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan partainya terus melakukan pemetaan kursi-kursi di seluruh daerah mulai dari tingkat provinsi, kota hingga kabupaten untuk melakukan kerja sama mencalonkan sosok kepala daerah. Salah satunya, dengan PSI. 

“Untuk kerja sama di daerah-daerah yang lain (dengan PSI), kita akan inventarisir, nanti daerah mana yang kita juga ada kursinya bagus dan juga di daerah itu ada juga kursi PKS juga bagus, kita akan coba pertemukan,” ujar Syaikhu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disambut Baik PKS

 

Namun demikian, jika kursi PKS dan PSI tidak memungkinkan untuk menyodorkan calon kepala daerah sendiri sebagai kepala dan wakil, Syaikhu tidak menutup kemungkinan untuk tetap bersama PSI dalam mengusung bersama sosok kepala daerah tersebut.

“Jadi jika memang kursi kita tidak memungkinkan karena kecil, ya kita mungkin dalam mengusung bersama kepala daerah atau wakil kepala daerah,” dia menandasi. 

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyambangi markas DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jakarta Selatan. Kaesang tiba sekira pukul 16.00 WIB dengan menggunakan mobil Fortuner hitam.

"Assalamualaikum," kata Kaesang yang disambut jawaban Walaikumsalam oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu di lokasi, Senin (8/7/2024).

Keduanya kemudian langsung menuju ruang rapat internal bersama jajaran DPP masing-masing partai. Rapat langsung berjalan tertutup. Awak media dipersilakan menunggu hingga sesi jumpa pers usai rapat berakhir.

3 dari 3 halaman

Silahturahmi Politik

Dikonfirmasi terpisah, Juru Bicara PSI Sigit Widodo mengatakan pertemuan hanya sebatas silaturahmi antarpartai politik.

Saat disinggung apakah akan membahas persoalan Pilkada 2024, Sigit mengaku hal itu mungkin saja terjadi.

"Agendanya silaturahmi dengan jajaran DPP PKS, tapi tentu tidak menutup kemungkinan ada pembahasan tentang Pilkada," ucap Sigit.

Terkait usulan nama bakal calon gubernur Jakarta yang disuarakan internal PSI, Sigit mengatakan hal itu akan menjadi pertimbangan PSI di tingkat pusat.

"Usulan dari DPD-DPD se-Jakarta yang disampaikan ke DPW akan disampaikan ke DPP dan tentunya jadi akan jadi bahan pertimbangan saat menentukan dukungan di Pilkada Jakarta," jelas Sigit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat