uefau17.com

10 Aplikasi Jogging Populer, Cocok untuk Pelari Pemula Maupun Profesional - Hot

, Jakarta Olahraga menjadi bagian penting gaya hidup sehat untuk menjaga kebugaran tubuh. Anjuran tentang olahraga pun dapat ditemui di berbagai media, akan tetapi rasa kurang termotivasi untuk berolahraga masih sering menghinggapi masyarakat modern. Padahal, sekadar jogging keliling komplek secara rutin sudah sangat ampuh untuk menjaga tubuh tetap bugar. 

Lari merupakan olahraga yang sederhana dan tidak membutuhkan peralatan khusus. Selain itu, lari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki mood, dan membantu menjaga berat badan ideal. Meskipun terlihat mudah, penting untuk melakukannya dengan benar dan aman agar mendapatkan manfaat maksimal. Salah satu cara untuk memastikan apakah olahraga lari yang dilakukan sudah benar adalah dengan menggunakan aplikasi jogging. 

Aplikasi jogging dapat membantu melacak jarak, kecepatan, waktu, serta memantau progres dari waktu ke waktu. Record yang terekam pada aplikasi jogging juga dapat membantu untuk menjaga semangat berolahraga.  Berikut adalah daftar aplikasi jogging populer yang bisa layak untuk dicoba, diragkum dari berbagai sumber, Jumat (5/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Strava

Strava menawarkan pengalaman jogging yang seru dengan fitur pelacakan GPS yang memungkinkan penggunanya melihat aktivitas teman layaknya di media sosial. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa merasa seperti sedang bermain game bersama teman.

Pengguna juga dapat menantang teman-teman saat sedang jogging dengan menetapkan waktu tempuh, melihat peringkat, dan menyelesaikan tantangan setiap bulannya. Selain itu, hasil jogging bisa dibagikan melalui Facebook, Twitter, dan Instagram, sehingga bisa memotivasi lebih banyak orang untuk bergabung dalam aktivitas sehat ini.

2. Runtastic

Runtastic adalah aplikasi yang sangat direkomendasikan oleh banyak dokter karena mendorong pengguna untuk berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Aplikasi ini membuat aktivitas olahraga menjadi lebih menyenangkan dengan menyediakan audiobook atau podcast saat berolahraga. 

Fitur Story Running memungkinkan penggunanya mendownload berbagai audiobook yang durasinya sekitar 40 menit, cocok untuk menemani sesi olahraga. Aplikasi ini juga dioptimalkan untuk Android Wear dan Apple Watch, sehingga memudahkan pengguna dalam memantau aktivitas lari mereka.

3. Runkeeper

Runkeeper adalah aplikasi jogging populer yang sudah digunakan oleh lebih dari 50 juta pelari. Fitur sosial di Runkeeper sangat membantu untuk tetap termotivasi dan terinspirasi dalam berolahraga. Aplikasi ini memberikan penghargaan dan berbagai fitur berbagi yang membuat penggunanya tetap semangat berlari. Runkeeper bisa terhubung dengan Apple Watch, iTunes, dan Spotify, serta aplikasi kesehatan lainnya seperti Fitbit atau MyFitnessPal.

3 dari 5 halaman

4. MapMyRun

MapMyRun adalah aplikasi yang membangun komunitas dengan lebih dari 40 juta anggota. Aplikasi ini memiliki beragam fitur canggih, termasuk kemampuan untuk menampilkan rute tertentu yang memungkinkan penggunanya menemukan tempat terdekat untuk dilewati saat jogging. 

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi rute dengan teman-teman. MapMyRun juga dapat melacak aktivitas secara otomatis, memberikan kemudahan dalam memantau jarak, kecepatan, dan waktu lari.

5. Nike+ Run Club

Nike+ Run Club adalah aplikasi cerdas yang menggunakan pendekatan adaptif terhadap jenis latihan fisik yang sedang dilakukan. Berdasarkan target dan tingkat kebugaran, aplikasi ini menyesuaikan latihan agar lebih sesuai dengan progress penggunanya. 

Selain membantu tetap termotivasi melalui fitur sharing di Facebook, Nike+ Run Club juga memungkinkanmu untuk mengirim semacam status sosial media ke teman-teman untuk membantu mereka tetap termotivasi. Aplikasi ini sangat berguna bagi mereka yang ingin mencapai target kebugaran dengan dukungan dan dorongan dari komunitas.

6. RunGo

RunGo adalah aplikasi terbaik jika ingin menemukan tempat baru untuk jogging. Dengan navigasi suara belokan demi belokan, pengguna bisa memilih lebih dari 100.000 rute di seluruh dunia atau membuat sendiri rute favoritmu. Aplikasi ini memberi tahu kemana harus berbelok secara jelas, bahkan jika pengguna sudah terlanjur berlari ke jalur yang salah. Keunggulan lainnya, aplikasi ini dapat digunakan secara offline dan kompatibel dengan Apple Watch, membuatnya sangat praktis untuk digunakan di berbagai kondisi.

4 dari 5 halaman

7. WeavRun

Bagi orang-orang yang menyukai musik, WeavRun adalah aplikasi jogging yang cocok. Aplikasi inovatif ini menyinkronkan musik favorit sesuai dengan langkah kaki yang kita ambil. Nada akan meningkat saat pengguna mempercepat lari, dan menurun saat pengguna melambat. 

Selain melacak irama dan melakukan penyesuaian tempo otomatis, pengguna dapat memilih langkah-langkah yang diinginkan per menit dan menantang diri untuk tetap selaras dengan musik. Aplikasi ini juga mencakup pelacakan lari GPS, pembagian tanpa batas, dan terintegrasi sepenuhnya dengan aplikasi Strava dan aplikasi lainnya yang sedang berjalan. Kualitas musik yang tidak pernah terdistorsi atau melampaui komposisi aslinya penjadi keunggulan lain dari aplikasi ini.

8. Charity Miles

Ingin menggabungkan hobi berlari dengan kegiatan mulia? Coba aplikasi Charity Miles: Walking & Running. Aplikasi ini merupakan platform yang dapat meningkatkan kesehatan serta kebugaran sambil membantu orang lain. Cukup unduh aplikasi, pilih badan amal yang ingin didukung, dan mulailah berlari. 

Semakin jauh jaraknya, semakin banyak donasi yang terkumpul untuk badan amal yang dipulih. Charity Miles bekerja sama dengan sponsor yang akan mendonasikan sejumlah uang berdasarkan jarak yang pengguna tempuh.

5 dari 5 halaman

9. Running App

Running App dari Leap Fitness Group hadir sebagai solusi tepat untuk orang-orang yang ingin mencapai berat badan ideal. Aplikasi ini dirancang khusus untuk membantumu mencapai target penurunan berat badan dengan program latihan yang bersumber dari praktisi kebugaran. Running App dilengkapi berbagai fitur untuk mendukung latihanmu, seperti mengetahui berapa lama waktu yang ditempuh, seberapa jauh jaraknya, berapa kecepatan larinya, dan lain-lain.

10. JETE Connect

Terakhir, ada JETE Connect yang membantu memantau aktivitas dan kondisi kesehatan secara menyeluruh serta terhubung dengan smartwatch JETE. Berfokus pada aktivitas olahraga, aplikasi jogging ini menyediakan data rinci tentang kegiatan olahraga. 

Fitur unggulannya yaitu dapat menampilkan video tutorial latihan yang bisa meningkatkan kualitas aktivitas fisik. Selain itu, JETE Connect juga memungkinkan pengguna terhubung dengan pengguna lain untuk melihat pencapaian mereka. Aplikasi ini menyediakan berbagai mode olahraga seperti badminton, sepeda, yoga, hingga lebih dari 100 mode.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat