uefau17.com

Kematian Secara Alami, Ini yang Seharusnya Dialami Manusia - Citizen6

, Jakarta Kematian manusia dapat berasal dari berbagai penyebab yang beragam. Kematian yang disebabkan oleh tindakan bunuh diri, kecelakaan, atau bahkan pembunuhan sering kali disebut sebagai kematian yang tidak wajar. Di sisi lain, ada juga yang dikenal sebagai kematian karena sebab alami atau kematian secara alami. Kematian yang terjadi karena sebab-sebab alami inilah yang seharusnya menjadi bagian dari pengalaman manusia. Ada banyak faktor yang dapat diidentifikasi sebagai penyebab alami dari kematian manusia.

Berikut ini penjelasan lengkap tentang kematian secara alami yang harusnya dialami manusia, dikutip dari health.com (24/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Apa yang Dimaksud Kematian Alami?

Kematian karena penyebab alami adalah kejadian yang sering terjadi. Penyebab alami tersebut merujuk pada segala sesuatu yang tidak disebabkan oleh kecelakaan atau faktor luar lainnya seperti pembunuhan. Beberapa masalah kesehatan seperti serangan jantung, kanker, dan infeksi dianggap sebagai penyebab kematian alami karena timbul tanpa pengaruh faktor eksternal. Selain itu, kematian alami juga terjadi saat seseorang meninggal karena penuaan dan penurunan kesehatan seiring bertambahnya usia, di mana tubuh kehilangan kekuatan, energi, dan nafsu makan seiring waktu. Proses kematian alami terjadi karena lambatnya fungsi tubuh manusia dan pada akhirnya berhentinya kerja organ-organ vital di dalamnya.

3 dari 9 halaman

Penyebab Kematian yang Paling Umum

Penyebab kematian alami yang paling umum di dunia adalah penyakit jantung iskemik atau penyakit arteri koroner (CAD). Ini terjadi ketika arteri yang membawa darah ke jantung mengeras dan menyempit karena penumpukan plak dan kolesterol. Penyakit arteri koroner, juga dikenal sebagai jantung koroner, menyumbang sekitar 16% dari total kematian di dunia.

Selain itu, stroke dan penyakit obstruktif paru kronis (COPD) adalah penyebab kematian alami kedua dan ketiga yang paling umum. Stroke disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak, sementara COPD adalah kumpulan penyakit paru-paru seperti bronkitis kronis dan emfisema yang menyebabkan kesulitan dalam bernapas.

4 dari 9 halaman

Penyebab Kematian

Penyebab kematian merujuk pada faktor langsung yang menyebabkan seseorang meninggal, seperti penyakit jantung koroner, stroke, atau COPD. Di sisi lain, cara kematian mengacu pada kondisi atau kejadian yang menyebabkan seseorang meninggal, seperti bunuh diri, kecelakaan, atau ketidakpastian penyebabnya. Sertifikat kematian yang dikeluarkan oleh dokter mencatat baik penyebab langsung maupun akhir dari kematian, disertai dengan informasi tentang penyakit atau riwayat kesehatan yang menjadi pemicunya.

5 dari 9 halaman

Apa Itu Kematian Alami?

Kematian disebut dengan kematian alami bila kematian tersebut terjadi karena penyebab yang natural, misalnya karena usia tua, proses penyakit yang menyebabkan kematian (misalnya kanker, serangan jantung, stroke, ataupun penyakit-penyakit natural lainnya).

 

 

 

 

 

 

 

6 dari 9 halaman

Apa Penyakit Pembunuh Nomor Satu di Dunia?

Menurut data Organisasi kesehatan Dunia (WHO), penyakit jantung koroner dan stroke masih menyumbang 16 persen dari penyebab kematian. Pada 2020 terdapat sekitar 20 juta orang di dunia meninggal karena jantung dan stroke.

7 dari 9 halaman

Apa Penyakit Penyebab Kematian?

Penyakit merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Berdasarkan data yang dirilis oleh WHO (World Health Organization) untuk tahun 2019, 5 penyakit yang menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia adalah stroke, penyakit jantung iskemik, diabetes melitus, tuberkulosis, dan sirosis hati.

8 dari 9 halaman

Apa Penyebab Kematian Tertinggi di Dunia?

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 85% kematian di dunia disebabkan oleh stroke dan serangan jantung yang rentan terjadi pada laki-laki usia > 45 tahun dan wanita > 50 tahun.

 

 

9 dari 9 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Sebab Kematian?

Sebab dasar kematian/underlying cause of death adalah urutan sebab mati seseorang karena suatu penyakit, cedera, kecelakaan atau kekerasan yang dialami seseorang sehingga menyebabkan kematian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat