uefau17.com

Tanpa Rendaman Garam dan Cuka, Ini Cara Goreng Bawang Putih yang Krispi dan Anti Pahit - Citizen6

, Jakarta Umumnya, bawang goreng dibuat dari bawang merah. Padahal, bawang putih juga bisa dibuat jadi bawang goreng yang renyah dan lezat.

Terlebih lagi, bawang putih goreng tidak hanya menjadi pelengkap atau penyedap makanan, tapi juga menguatkan aroma dari makanan tersebut.

Walau begitu, menggoreng bawang putih juga tidak bisa dibilang mudah. Bawang putih sendiri cenderung lebih cepat matang saat digoreng. Hal itu membuat banyak orang kurang bisa mengira-ngira saat menggoreng sehingga bawang goreng jadi gosong dan pahit.

Jika sudah gosong, tentu bawang goreng jadi tidak renyah lagi dan tidak lezat untuk disantap.

Kebanyakan orang akan mengatasi hal tersebut dengan merendam bawang putih dalam campuran garam dan cuka. Padahal, ada trik lain yang jauh lebih praktis, seperti yang dipaparkan oleh warganet TikTok @kaka_cheryl.

Lantas, metode seperti apa yang digunakan? Temukan jawabannya pada ulasan yang dirangkum pada Senin (22/04/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Rendam Bawang Putih di Air Panas

Pertama-tama, siapkan sekitar 5-10 siung bawang putih yang sudah diiris-iris dalam mangkuk. Selain itu, siapkan juga air panas, tapi jangan air mendidih. Tuang air panas tersebut ke dalam mangkuk untuk merendam bawang putih selama 10 menit.

3 dari 10 halaman

Goreng Bawang Putih

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang, lalu tiriskan bawang putih dari rendaman air panas ke dalam penggorengan. Bawang putih yang direndam air panas akan lebih renyah setelah digoreng.

4 dari 10 halaman

Aduk Bawang Putih

Selagi menggoreng, jangan lupa untuk mengaduk-aduk bawang putih dengan spatula atau sodet. Hal ini bertujuan agar bawan putih tidak lengket, sehingga saat sudah matang nanti juga tidak lembek.

5 dari 10 halaman

Bawang Putih Goreng Sangat Renyah dan Lezat

Jika bawang putih yang digoreng sudah terlihat berubah warna jadi agak kekuningan, segera matikan kompor untuk mengangkat dan meniriskan bawang putih.

Sekarang bawang goreng yang renyah dan tidak pahit sudah siap untuk disantap. Tone warna dan bentuk dari bawang goreng ini juga terlihat sangat cantik.

6 dari 10 halaman

Bolehkah Makan Bawang Putih Goreng?

Sebagai bumbu dan ramuan herbal yang sudah lama dikenal, bawang putih telah menjadi salah satu komponen penting dalam masakan. Bawang putih dapat diolah dengan beragam cara, salah satunya adalah digoreng.

7 dari 10 halaman

Apa Manfaat Makan Bawang Goreng?

Allicin, senyawa yang terdapat dalam bawang, memiliki manfaat yang terbukti dalam mengurangi kolesterol jahat (LDL). Kandungan nutrisi dan senyawa dalam bawang tetap terjaga walaupun bawang tersebut dipanaskan atau digoreng. Sehingga, dengan mengonsumsi bawang goreng dalam takaran yang cukup, kolesterol dalam tubuh tetap terjaga.

8 dari 10 halaman

Apa Efek Makan Bawang Goreng Terlalu Banyak?

Ketika mengonsumsi banyak bawang merah atau bawang goreng, fruktan akan terakumulasi di tubuh, yang dapat menyebabkan kembung dan sakit perut. Efek ini tidak selalu terjadi pada semua orang, tetapi ada yang lebih rentan mengalaminya.

9 dari 10 halaman

Apakah Bawang Putih Goreng Bisa Menurunkan Berat Badan?

Keuntungan bawang putih goreng untuk diet atau penurunan berat badan serupa dengan bawang mentah. Mengonsumsi bawang putih mampu secara alami meningkatkan metabolisme di dalam tubuh kita. Dengan metabolisme yang lebih cepat, Anda mampu membakar kalori dengan kecepatan yang lebih tinggi, sehingga timbunan lemak berkurang.

10 dari 10 halaman

Bawang Goreng Mengandung Apa Saja?

Allicin dan quercetin, senyawa antioksidan, terdapat dalam bawang goreng, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Manfaat nutrisi ini dapat Anda dapatkan dengan mengonsumsi bawang goreng secara teratur dalam makanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat