uefau17.com

Mengalami Insomnia? 6 Cara Ini Bisa Membantu Anda Tidur Seketika - Citizen6

, Jakarta - Hanya sedikit dari kita yang berhasil tertidur begitu kita naik ke tempat tidur. Banyak yang bahkan mengalami insomnia dan butuh waktu cukup lama untuk bisa benar-benar terlelap di atas tempat tidur. 

Mungkin tak sedikit yang akhirnya mengakali masalah ini dengan meminum obat tidur. Padahal hal tersebut sebenarnya tak baik bagi tubuh. Namun tahukah Anda bahwa ada latihan yang akan membantu Anda menenangkan sistem saraf, menghilangkan stres, dan rileks dalam hitungan detik. Itu dapat membantu Anda dengan mudah terlelap. Dilansir dari Brightside, Senin (6/11/2023), berikut ulasannya. 

1. Kaki ke atas tembok

Pose pertama yang bisa dilakukan untuk membantu membuat Anda terlelap ialah dengan mengangkat kaki ke atas tembok. Cara melakukannya ialah dengan berbaring menghadap dinding, dan letakkan bantal di bawah pinggang. 

Angkat kaki Anda sehingga tumit dan lutut berada pada garis yang sama, dan tangan Anda terletak di sepanjang tubuh, telapak tangan menghadap ke atas. Tetap dalam posisi ini selama 2 menit. Kemudian tekuk lutut Anda dengan lembut, dan geser ke kedua sisi. Rilekskan tubuh dan tunggu beberapa saat hingga Anda terlelap. 

2. Tengkurap

Pose berikutnya ialah dengan tengkurap sambil menarik kedua tangan ke belakang. Cara melakukannya yaitu berbaringlah di atas bantal dengan tengkurap, dan kunci jari Anda di belakang punggung. Tarik napas dalam-dalam, tekuk punggung dan jari kaki, dan coba raih tumit dengan tangan. Lalu perlahan turun, dan buang napas. Ulangi latihan ini 5-10 kali.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Membuka kaki lebar-lebar

Pose berikutnya ialah membuka kaki lebar-lebar sambil merebahkan badan di atas bantal. Cara melakukannya yaitu duduklah dengan kaki terbuka lebar, lalu letakkan bantal di depan Anda. Luruskan punggung Anda, dan tarik napas sedalam mungkin. Kemudian, perlahan-lahan buang napas dan rentangkan tangan ke depan, berbaringlah di atas bantal. Berbaring dalam posisi ini, tarik napas dan buang napas 10 kali. 

3 dari 4 halaman

4. Kaki menyatu sambil berbaring

Pose selanjutnya yaitu menyatukan kaki sambil berbaring. Cara melakukannya, berbaringlah telentang di atas bantal, sambungkan kedua kaki, dan rentangkan lutut ke samping. Tangan Anda rileks dan direntangkan di sepanjang tubuh, telapak tangan menghadap ke atas. Bernapaslah dalam-dalam dan merata. Tetap dalam posisi ini selama 3 menit.

4 dari 4 halaman

5. Berbaring sambil memiringkan kaki

Cara melakukan posisi ini dengan berbaring telentang, tekuk lutut dan satukan. Perlahan miringkan kaki Anda ke samping, pegang dengan tangan Anda. Tetap seperti ini selama 1 menit, lalu ganti ke sisi lainnnya. Ulangi 2 kali untuk setiap sisi.

6. Berbaring dengan rileks

Pose terakhir ialah yang paling mudah untuk dilakukan. Cara melakukannya, berbaringlah dengan nyaman dengan punggung di atas bantal. Rentangkan sedikit kaki Anda, dan letakkan tangan Anda ke samping, telapak tangan menghadap ke atas. 

Pastikan tulang belakang dan kepala Anda berada dalam satu garis lurus. Tarik napas dalam-dalam sebanyak 3 kali, lalu hembuskan melalui hidung. Pada titik ini, Anda akan merasa mengantuk dan segera tertidur lelap.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat