uefau17.com

HUT ke-78 TNI AU Digelar Secara Meriah di Tengah Kesederhanaan - Regional

, Jakarta TNI AU menggelar peringatan hari ulang tahun yang ke-78 di Kompleks Akademi Angkatan Udara Adisutjipto, Sleman, Yogyakarta, Senin, 22 April 2024. Peringatan HUT TNI AU di Yogyakarta itu dimeriahkan oleh atraksi pesawat tempur, salah satunya F-16. Pesawat-pesawat tempur tersebut menampilkan sejumlah formasi.

Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono, mengatakan peringatan ulang tahun kali ini dilakukan dengan sederhana. "Pesawat yang kita tampilkan tidak banyak, tetapi mengakomodir semua kekuatan AU, merepresentasikan TNI AU," kata Tonny seperti ditayangkan program enamplus.. 

Dia menjelaskan alasan HUT TNI AU pada tahun ini dilaksanakan di Jogja. Menurut dia, cikal bakal TNI AU ada di kota tersebut. "Karena cikal bakal AU berasal dari Jogja. Di sini ada akademi AU, di sinilah sejarah AU bermula," jelas Tonny.

Dia mengatakan perayaan HUT ke-78 TNI AU seharusnya dilakukan pada 9 April lalu. Sebab, TNI AU lahir pada tanggal tersebut. Namun, hari itu bertepatan dengan malam takbiran Idulfitri 2024. "Seharusnya juga dilaksanakan 9 April lalu. Jadi ultah angkatan udara jatuh pada 9 April, tahun ini ke-78. Kenapa tidak dilaksanakan 9 April? Karena kurang 1 hari Idulfitri," ujar Tonny.

Selain pertunjukan formasi pesawat tempur, peringatan HUT ke-78 TNI AU dimeriahkan oleh atraksi drum band. Peringatan HUT itu diikuti oleh 1025 personel TNI AU dan mengangkat tema "Adaptif, Modern, Profesional, Unggul, Humanis, serta Dicintai Rakyat dalam Menjaga Kedaulatan Nasional."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat