uefau17.com

Longsor di Toraja Utara: 10 Warga Tertimbun, 2 Masih Dicari - Regional

, Toraja Utara - Longsor terjadi di Lingkungan Salu Tembamba, Kelurahan Tallang Sura, Kecamatan Buntao', Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan pada Jumat (26/4/2024) pagi. 10 pengguna jalan dilaporkan menjadi korban dalam bencana alam tersebut.

Kapolres Toraja Utara, AKBP Zulanda menjelaskan dari 10 korban dalam peristiwa tersebut, 8 di antaranya telah berhasil ditemukan. Sementara 2 lainnya masih dalam proses pencarian. 

"Diperkirakan masih ada 2 korban lagi yang masih dalam proses pencarian. Bisa saja lebih," kata Zulanda, Jumat (26/4/2024). 

8 korban bencana alam itu kini tengah menjalani perawatan di dua puskesmas berbeda. Belakangan, Zulanda menyebut bahwa 2 di antaranya harus dirujuk ke rumah sakit karena mengalami luka serius. 

"Ada 2 korban membutuhkan perawatan Intensif dan di Rujuk Ke Rumah Sakit Palopo dan Rumah Sakit Elim Rantepao untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut," jelasnya. 

Zulanda merinci, longsor di wilayah tersebut terjadi sebanyak dua kali. Longsor pertama terjadi pada subuh hari, longsor susulan kemudian terjadi sekitar pukul 10.00 WITA hingga material longsor menimbun warga yang melintas di jalan. 

"Longsor susulan ini menyebabkan korban berupa orang terbawa longsor dan satu unit rumah tertimbun longsor," imbuhnya. 

Akibat longsor itu, akses penghubung antara Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Luwu pun lumpuh total. Akses itu menjadi akses utama bagi warga Kecamatan Rantebua dan Kecamatan Buntao' untuk menuju Kabupaten Luwu. 

"Semoga segera bisa diakses kembali," jelasnya. 

 

Simaklah video pilihan berikut ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat