uefau17.com

Jokowi Segera Tunjuk KSAU Pengganti Fadjar Prasetyo - News

, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi segera menunjuk Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) pengganti Marsekal Fadjar Prasetyo yang akan memasuki masa pensiun pada 9 April 2024. KSAU baru dipastikan sudah ada sebelum Fadjar memasuki masa pensiun.

"Ya pastilah (dipilih sebelum pensiun)," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kantor Staf Presiden Jakarta, Senin (1/4/2024).

Namun, dia enggan membeberkan siapa KSAU pengganti Fadjar Prasetyo yang dipilih Jokowi. Moeldoko meminta semua pihak untuk menunggu.

"Tunggu saja kenapa sih, kok enggak sabar?," ujarnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin menyampaikan bahwa calon KSAU baru merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dia meyakini kandidat KSAU pengganti Fadjar merupakan prajurit hebat di Angkatan Udara.

"Kewenangan presiden. Ada beberapa (nama), tapi okelah jangan dulu (disampaikan)," ucapnya.

Ngabalin memastikan Jokowi sudah mengantongi nama KSAU baru sebelum Fadjar pensiun pada 9 April 2024.

"Ya sesuai batas waktu periode KSAU yang sekarang kapan selesai pasti. Tidak mungkin terjadi kekosongan," tutur Ngabalin.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo Serahkan Pesawat Keempat C-130J Super Hercules ke TNI AU

Sementara itu, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan serah terima pesawat keempat C-130J Super Hercules A-1344 secara simbolis kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo untuk selanjutnya dapat dioperasikan oleh TNI Angkatan Udara (TNI AU).

Serah terima pesawat itu disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (24/1) pagi.

Jokowi dan Prabowo, didampingi Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, dan tiga kepala staf angkatan juga berkesempatan untuk meninjau langsung alutsista lainnya seperti pesawat C-130J Super Hercules buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat (AS).

"Pesawat C-130J Super Hercules merupakan pesawat terbaru dan tercanggih di kelasnya," tulis siaran pers dari Kementerian Pertahanan, Rabu (24/1/2024).

Kementerian Pertahanan (Kemhan) menjelaskan, pesawat Pesawat C-130J Super Hercules sangat efektif untuk negara kepulauan seperti Indonesia dengan wilayah yang sangat luas dan runway yang pende

3 dari 3 halaman

5 Unit C-130J Super Hercules

Secara keseluruhan, Kemhan telah memesan lima unit C-130J Super Hercules, di mana tiga pesawat sebelumnya telah diserahkan kepada TNI AU yakni pada Maret, Juni, dan Agustus 2023.

“Kelima pesawat tersebut nantinya akan ditempatkan di Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, untuk melaksanakan tugas-tugas TNI AU dalam mendukung angkutan udara baik dalam misi operasi militer perang (OMP) maupun opersi militer selain perang (OMSP),” jelas Kemhan.

Pada kesempatan yang sama, Menhan Prabowo juga secara simbolis menyerahkan hasil modernisasi atau refurbishment helikopter AS550 Fennec serta helikopter AS565 MBE Panther yang keseluruhan prosesnya melibatkan industri pertahanan dalam negeri.

“Helikopter AS550 Fennec diserahkan Prabowo kepada KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dan helikopter AS565 MBE Panther kepada KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali,” tukas Kemhan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat