uefau17.com

Simak, Tips agar Nasi Tidak Mudah Kering dan Berkerak - Regional

, Bandung - Nasi merupakan makanan pokok yang biasanya dikonsumsi bersama lauk sebagai pelengkapnya. Di beberapa negara Asia khususnya Indonesia mengonsumsi nasi menjadi makanan utama yang wajib hadir ketika makan.

Bahkan, beberapa masyarakat Indonesia sering menyebutkan bahwa nasi adalah makanan wajib yang mengisi banyak energi pada tubuh. Meskipun menjadi hidangan yang selalu ada dalam makanan orang Indonesia sering kali memasak nasi dinilai sulit dilakukan.

Sejumlah orang sering kali mengalami masalah pada nasinya baik itu mudah kering atau cepat basi. Biasanya nasi yang kering tidak hanya membuat rasa jadi kurang enak tetapi bagi sebagian orang nasi tersebut jadi sulit untuk dinikmati.

Terlebih lagi beberapa orang yang memasak nasi menggunakan rice cooker sering mengalami masalah nasi berkerak. Sehingga, membuat nasi justru jadi tidak enak dan kesulitan untuk mencucinya.

Melalui artikel ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah nasi mudah kering dan berkerak. Tentunya cara ini bisa dilakukan bagi pengguna rice cooker agar nasinya tetap bertekstur aman dan nikmat.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Memasak Nasi Agar Tidak Mudah Kering

1. Menggunakan perbandingan air yang tepat

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memasak nasi agar tidak mudah kering adalah memperhatikan perbandingan air yang digunakan. Pasanya perbandingan air bisa mempengaruhi tekstur nasi agar lembut dan pas.

Pastikan ketika memasak nasi menggunakan perbandingan air dan nasi yang sesuai dengan jenis nasi yang digunakan. Umumnya perbandingan air dan nasi putih adalah sekitar 1 1/2 hingga 2 bagian air untuk setiap bagian nasi.

2. Menggunakan teknik memasak yang benar

Tips kedua ketika memasak nasi perhatikan teknik memasak yang dilakukan apakah sudah tepat atau belum. Misalnya memasak menggunakan panci pastikan proses memasak nasi tersebut selalu tertutup dengan rapat agar uap tetap terperangkap.

Sama halnya dengan memasak menggunakan rice cooker harus dimasak sesuai dengan kapasitas dan jenis nasi yang akan dimasak.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Jangan membuka tutup panci terlalu sering

Ketika memasak nasi menggunakan panci kita harus menghindari membuka tutup panci terlalu sering. Pasalnya membuka tutupnya saat proses memasak bisa menyebabkan panas dan uap keluar.

Ketika panas dan uap keluar hal tersebut bisa menyebabkan nasi menjadi cepat mengering sehingga coba untuk tidak membuka tutup panci terlalu sering terutama di proses awal memasak ketika nasi dengan mengukus.

4. Biarkan nasi setelah dimasak

Ketika nasi sudah matang jangan langsung mengambil nasi tersebut untuk dikonsumsi namun coba biarkan nasi istirahat selama beberapa menit sebelum disajikan. Mengistirahatkan nasi membantu nasi yang sudah matang menyerap kembali kelembaban.

Ketika nasi menyerap kembali kelembaban tersebut bisa menghasilkan tekstur nasi yang jauh lebih lembut dan konsisten.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Memasak nasi untuk satu kali makan

Ada baiknya ketika memasak nasi dibuat untuk satu kali makan atau satu hari makan sehingga nasi tidak tertinggal hingga keesokan harinya. Terutama bagi yang memasak menggunakan rice cooker jika nasi bersisa ada baiknya nasi dipindahkan ke wadah lain.

6. Jaga kebersihan rice cooker

Bagi Anda yang memasak nasi menggunakan rice cooker penting untuk memperhatikan kebersihannya. Pastikan untuk tidak menyimpan nasi dalam waktu yang lama dalam rice cooker agar nasi tidak mudah kering.

Anda juga harus bisa menjaga kebersihan dari rice cooker terutama pada bagian dalamnya agar tidak ada sisa nasi yang tertinggal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat