uefau17.com

Cara Agar Nasi Tidak Mudah Kering, Ternyata Simpel dan Mudah - Citizen6

, Jakarta Karena mudah diolah dan disimpan dalam jumlah banyak, maka tak wajar nasi menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia.

Biasanya, orang-orang menanak nasi di rice cooker, walaupun nasi juga bisa dikukus atau dipresto.

Namun, nasi yang ditanak di rice cooker berisiko cepat kering dan mengkerak sehingga tidak enak lagi untuk dimakan. Selain itu, nasi yang mengkerak juga susah untuk diserok.

Meski demikian, seorang TikToker dengan akun TikTok/@sehati.homeappliances memiliki cara agar nasi tidak cepat kering dan mengkerak, sehingga mudah diserok. Bahkan, ia tidak menambah bahan apapun.

Lantas, metode seperti apa yang digunakan? Ditulis pada Minggu (21/04/2024), berikut caranya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Tanak Nasi Terlebih Dahulu

Pertama-tama, tanak nasi terlebih dahulu sampai matang di rice cooker. Agar tidak mudah kering, disarankan untuk menggunakan beras pulen karena bertekstur lebih lembut.

3 dari 10 halaman

Aduk Nasi

Setelah nasi matang, jangan langsung ambil untuk dimakan. Aduk nasi terlebih dahulu dengan centong agar nanti nasi tidak mudah basi. Setelah mengambil nasi, maka bisa lakukan langkah yang selanjutnya.

4 dari 10 halaman

Tutup dengan Kertas

Tutup nasi pada rice cooker dengan kertas coklat yang biasa digunakan untuk membungkus nasi uduk. Jika tidak ada kertas tersebut, bisa gunakan daun pisang. Hal ini bertujuan agar nasi bisa awet lebih lama.

5 dari 10 halaman

Nasi Tidak Mengering dan Mengkerak Selama 24 Jam Penuh

Karena sudah diaduk dan ditutupi kertas atau daun pisang, maka nasi dijamin tidak akan basi, mengering dan mengkerak selama semalaman. Dengan begitu, nasi akan tetap lezat dan mudah untuk diserok dari rice cooker.

6 dari 10 halaman

Bagaimana Caranya Biar Nasi Tidak Cepat Basi?

Beras direndam, biarkan endapan mengapung di atas air. Bersihkan endapan tersebut sepenuhnya untuk mencegah nasi menjadi basi dan berbau tak sedap. Setelah endapan dihilangkan, cucilah beras sebanyak 2 hingga 3 kali sampai air cucian tidak terlalu keruh.

7 dari 10 halaman

Apa yang Membuat Nasi Cepat Basi?

Nasi menjadi cepat basi karena kurangnya penutupan yang rapat pada rice cooker. Ketika rice cooker tidak tertutup rapat, udara dapat dengan mudah masuk ke dalamnya. Hal ini berpotensi merusak kualitas beras, membuatnya menjadi lembab dan basi.

8 dari 10 halaman

Kenapa Nasi di Magicom Cepat Bau dan Basah?

Nasi menjadi cepat bau, kuning, dan basi dalam rice cooker karena beberapa faktor. Salah satunya adalah ketika sisa nasi atau makanan tidak dibersihkan dengan baik dari rice cooker. Selain itu, panci yang digunakan untuk menanak nasi masih dalam keadaan basah. Lalu, cara membersihkan beras yang tidak benar juga bisa menjadi penyebabnya.

9 dari 10 halaman

Berapa Lama Daya Tahan Nasi?

Berapa lama nasi dapat bertahan dalam rice cooker? Biasanya, sebaiknya nasi tidak disimpan dalam rice cooker selama lebih dari 12 jam. Jika melewati durasi tersebut, nasi bisa mengalami penurunan kualitasnya, mulai dari kekeringan, perubahan warna menjadi kuning, hingga kemungkinan menjadi basi.

10 dari 10 halaman

Apakah Boleh Rice Cooker Menyala Terus?

Menurut laporan yang disebutkan di Kitchens Nitches, tidak perlu khawatir untuk meninggalkan rice cooker menyala tanpa pengawasan karena alat tersebut secara otomatis dapat mematikan atau mengatur suhu menjadi hangat setelah proses memasak nasi selesai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat