uefau17.com

Tips Berjualan Online dengan Mudah, Promosi hingga Pilih Ekspedisi Tepercaya - Regional

, Yogyakarta - Perkembangan dunia digital mengubah kehidupan masyarakat, terutama kehidupan ekonomi. Kemajuan teknologi turut membuat para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mengubah cara berjualan mereka, dari offline menjadi online.

Namun demikian, masih banyak UMKM yang belum berani memulai bisnis online dan tetap memilih berjualan secara konvensional, karena minimnya pengetahuan terkait teknologi. Padahal sebenarnya, tidak sulit untuk memulai bisnis online, asalkan dengan persiapan yang tepat.

Dikutip dari laman Kementrian Perindustrian, berikut tips berjualan online dengan mudah.

1. Promosi

Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat memulai bisnis online. Adaptasi dalam berjualan online membutuhkan waktu bagi pelaku UMKM.

Saat berjualan online, pelaku usaha mempromosikan produknya melalui foto. Karena itu, penting untuk membuat foto yang menarik dengan kualitas baik, agar yang terlihat di foto sama seperti produk aslinya.

Dalam bisnis online, para pelaku usaha bisa menghemat biaya, karena tak perlu mengeluarkan uang sewa toko. Terpenting, jangkauan pasar bisnis online jauh lebih luas ketimbang berjualan offline.

Bukan hanya di wilayah Indonesia, melainkan hingga ke luar negeri.

2. Respon Cepat

Dalam bisnis online, calon pembeli tidak bisa melihat dan memegang langsung produk yang ingin dibeli. Sebelum membeli, calon pembeli biasanya akan bertanya kepada seller terkait produk yang akan dibeli.

Biasakan untuk merespons setiap pertanyaan pembeli dengan cepat dan berikan jawaban yang jelas. Begitu juga jika ada pembeli yang mengajukan komplain, segeralah memberikan respons.

Hal ini akan meningkatkan kepercayaan pembeli, sehingga pembeli akan merasa nyaman untuk kembali berbelanja di toko online kamu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengemasan dan Pengiriman

3. Pengemasan dan Pengiriman

Hal lain yang diperhatikan saat berjualan online yakni soal packing atau pengemasan. Dibutuhkan pengemasan khusus, agar produk yang dikirim dapat terjaga dari berbagai kerusakan selama proses pengiriman.

Penjual dapat melakukan percobaan lebih dulu. Apalagi, jika produk kamu makanan basah atau minuman.

Penting bagi penjual untuk memilih ekspedisi yang terpercaya. Jangan sampai barang yang dijual rusak saat pengiriman, atau bahkan hilang.

Selaras akan kebutuhkan para penjual online, Lincah.id, sebuah platfrom aggregator, merilis website yang dirancang untuk mempermudah proses penjualan dan pengiriman bagi para pelaku bisnis online. Platfrom ini menyediakan beragam solusi seperti dashboard pengiriman, formulir pemesanan, dan notifikasi melalui WhatsApp.

Lincah.id mengintegrasikan lebih dari 7 layanan ekspedisi terkemuka di Indonesia, dengan rencana kerjasama yang terus berkembang dengan pihak-pihak ekspedisi lainnya. Sebagai hasilnya, Lincah.id menawarkan layanan pengiriman yang andal dan luas jangkauannya di seluruh wilayah Indonesia.

Tak hanya itu, Lincah.id berasal dari komunitas underazero yang memberikan pendidikan kepada para pemula di bidang pemasaran internet. Lincah.id membantu para UMKM dan penjual online tumbuh menjadi profesional pemasaran internet yang handal.

Dengan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan industri ini, Lincah.id didirikan oleh dua orang praktisi pemasaran internet untuk mendukung para profesional di industri tersebut. Dalam hal ini, Lincah.id menawarkan layanan pengiriman yang dapat diandalkan, akurat, dan efisien.

"Lincah.id akan terus mengakomodir orang yang ingin belajar bisnis online bahkan yang sudah paham bisnis online untuk terus berkembang agar kita tidak dikuasai oleh predator-predator asing yang akan menghambat Indonesia Maju," kata Yudha Krisna selaku CEO Lincah.id di Yogyakarta pada Selasa (23/4/2024).

Selanjutnya, Lincah.id akan mendorong para pelaku UMKM untuk merambah pasar internasional, seperti Malaysia dan Singapura.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat