uefau17.com

Kasus Video Vulgar Ibu dan Anak Kandung, Polisi Buru Sosok M Diduga Palsukan Akun Icha Shakila - News

, Jakarta - Polisi memprofiling pemilik akun Facebook M, orang yang diduga memalsukan akun Icha Shakila. Sosok M terungkap dari hasil pemeriksaan S sebagai pemilik akun Icha Shakila.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus (Wadirreskrimsus) Polda Metro Jaya, AKBP Hendri Umar menerangkan, S sempat menjalani komunikasi dengan akun facebook inisial M. Karena, S ternyata juga pernah ditawari hal serupa oleh akun lainnya yang berinisial M.

"Dia (S) sempat ada komunikasi. Pertama membuat foto setengah badan dengan membawa KTP nya, ini masih diikuti oleh S. Tapi kemudian setelah itu ada lagi arahan untuk membuat video telanjangnya dengan setengah badan, kemudian juga disuruh membuat video pornografi ataupun hubungan badan dengan laki-laki tapi ini tidak disanggupi, tidak mau dilakukan oleh IS ini," ucap dia kepada wartawan, Senin (10/6/2024).

Hendri mengatakan, pihaknya saat ini mencari sosok yang memalsukan akun Icha Shakila, termasuk M yang diduga menggunakan akun Icha Shakila palsu. Di samping itu, juga memeriksa secara laboratorium forensik dan digital terhadap ponsel R dan S yang sudah disita.

"Itu sekarang kita dalami dengan akun M (menggunakan foto profil) cewek. Tapi kemungkinan kita tidak tahu yang mengoperasikan itu cewek atau cowok. tapi akun M ini profilnya cewek," ucap dia.

Hendri mengatakan, penyidik akan maksimal dalam mengusut tuntas kasus video vulgar ini.

"Kita pastikan siap apun yang terlibat dalam rangkaian kejadian tindak pidana ini harus bertanggung jawab atas perbuatannya," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Marak Ibu Muda Buat Video Vulgar, Ini Imbauan Polisi

Kasus pembuatan video vulgar bersama anak kandung marak akhir-akhir ini. Sejauh ini, total ada dua ibu muda yang ditetapkan sebagai tersangka. Adapun, mereka adalah AK (26) dan R (22).

Kepada polisi, mereka mengaku nekat melakukan hal itu karena terpedaya iming-iming dari teman Facebook atas nama Icha Shakila.

Terkait hal ini, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengimbau kepada masyarakat untuk lebih bijak pada saat menggunakan media sosial.

"Imbauan untuk masyarakat agar tidak terjadi lagi kejadian serupa, agar berhati-hati dan waspada, serta jangan mudah percaya, tergiur dan terjebak oleh janji-janji manis ataupun iming-iming diberikan uang dalam jumlah besar, namun harus melakukan sesuatu perbuatan yang bertentangan dengan norma hukum, agama, dan sosial di masyarakat," kata Ade Safri dalam keterangannya, Minggu (9/6/2024).

 

3 dari 3 halaman

Pelaku Iming Iming Pekerjaan

Ade Safri mengatakan, hal itu karena berdasarkan hasil penyidikan modus dari para pelaku biasanya menawarkan pekerjaan dengan iming-iming gaji besar kepada calon target.

"Selanjutnya calon korbannya akan disuruh utk foto dengan memegang KTP didepan dada (modus pelaku untuk dapatkan identitas lengkap calon korbannya). selanjutnya pelaku kejahatan juga akan menyuruh calon korbannya untuk foto setengah telanjang atau telanjang dengan iming-iming diberikan uang jutaan rupiah dan selanjutnya mengirim foto tersebut ke pelaku kejahatan," ujar dia.

Ade Safri mengatakan, ketika permintaan pelaku dituruti maka si calon target akan diarahkan untuk membuat video vulgar. Pelaku akan mengancam menyebarkan video korban apabila keinginan tak dituruti oleh si calon target.

"Setelah permintaan ini dipenuhi oleh calon korbannya, maka selanjutnya pelaku kejahatan akan kembali menyuruh calon korbannya untuk melakukan hubungan intim dan direkam serta dikirimkan video tersebut ke pelaku kejahatan, jika korban menolaknya, maka pelaku kejahatan akan mengancam menyebarkan video setengah telanjang/telanjang sebelumnya untuk diketahui umum," ucap dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat