uefau17.com

Gajah Kabur dari Sirkus dan Mengamuk di Jalan Raya, Kejadian Ketiga Kalinya dalam 14 Tahun - Lifestyle

, Jakarta - Seekor gajah betina baru-baru ini mengejutkan orang-orang di jalan di Montana, Amerika Serikat, setelah kabur dari sirkus terdekat. Mengutip Newsweek pada Sabtu, 20 April 2024, terungkap bahwa itu adalah insiden ketiga kalinya.

Gajah bernama Viola melarikan diri dari Jordan World Circus pada Selasa, 16 April 2024. Mamalia darat terbesar itu terus berjalan melintasi beberapa jalur lalu lintas di jalan yang sibuk di Butte, menyebabkan mobil berhenti di jalurnya.

Rekaman video kejadian tersebut diambil dan diunggah ke media sosial oleh Brittany McGinnis. Dalam video, gajah tersebut terlihat berjalan melintasi jalan bersama seorang pria yang berusaha mengikutinya saat gajah tersebut meninggalkan jalan raya yang sibuk dan berjalan ke tempat parkir sebuah kasino.

"Gajah berjalan di jalan," kata McGinnis sambil tertawa dalam videonya. "Hanya di Butte."

Kepala eksekutif wilayah tersebut, J.P. Gallagher, mengatakan kepada CBS News bahwa Viola menyebabkan beberapa kerusakan pada tempat penyimpanan di Civic Center. Beruntung tidak ada yang terluka seraya menambahkan, "Meskipun ada kerusakan kecil pada fasilitas tersebut, kami berterima kasih kepada semua orang, tetap tidak terluka."

Gajah itu ditangkap kembali tak lama setelah melarikan diri. Newsweek telah menghubungi Jordan World Circus untuk memberikan komentar. Ini bukan pertama kalinya Viola, yang merupakan gajah pinjaman dari Carson & Barnes Circus yang berbasis di Oklahoma, yang memiliki total 20 ekor gajah, menjadi berita karena kabur, kata sebuah pernyataan dari Humane Society Amerika Serikat.

"Ini ketiga kalinya dia lolos dari penangkaran sirkus yang kejam dan kejam, sehingga membahayakan dirinya sendiri dan anggota masyarakat. Pelariannya terjadi di banyak negara bagian," Laura Hagen, direktur penangkaran satwa liar di Humane Society of the United kata Amerika.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Tiga Kali Kabur

Pada 2014, Viola adalah satu dari tiga gajah yang melarikan diri saat tampil di sirkus di St. Charles, Missouri, kata Hagen. Saat itu, ketiga gajah tersebut berlari melewati tempat parkir, dan Viola mengalami luka robek yang parah di tubuhnya.

Insiden lain yang melibatkan Viola terjadi pada 2010 ketika dia melarikan diri dari sirkus keliling di Lynchburg, Virginia. Dia langsung berlari ke barisan orang yang menunggu tiket. Dia kemudian tergelincir di lumpur dan jatuh dari bukit. Kejadian tersebut menyebabkan tubuh Viola luka-luka.

"Viola bersama dengan gajah-gajah Carson & Barnes lainnya dan semua gajah yang digunakan dalam industri hiburan harus segera dipensiunkan ke tempat perlindungan yang terakreditasi dan Departemen Pertanian AS harus bertindak cepat untuk menegakkan hukum federal," Laura Hagen, direktur penangkaran satwa liar di Humane Society Amerika Serikat mengatakan.

"Kekejaman dan bahaya yang melekat dalam pemaksaan gajah dan hewan liar lainnya untuk menghabiskan hidup mereka di sirkus, menjalani pelatihan kekerasan dan pengurangan yang berkepanjangan, harus diakhiri."

3 dari 4 halaman

Penggunaan Gajah Dalam Pertunjukan Sirkus Dilarang

Penggunaan gajah dalam pertunjukan sirkus telah lama menjadi kontroversi dan dilarang di beberapa daerah. California, Colorado, Hawaii, Illinois, New Jersey, dan New York semuanya telah melarang penggunaan hewan sirkus eksotik. Namun di negara bagian lain, praktik ini tetap legal.

Penggunaan gajah untuk sirkus memiliki bahaya yang nyata. Negara bagian yang masih mengizinkan praktik ini harus segera menghentikan dan melarang penggunaan hewan liar dalam pertunjukan keliling untuk selamanya.

Banyak hewan sirkus menderita kondisi yang sangat memprihatinkan, kata kelompok kesejahteraan hewan. PETA menyatakan bahwa hukuman fisik "selalu menjadi metode pelatihan standar" bagi hewan-hewan ini agar mereka tampil maksimal. Mengutip National Geographic pada Sabtu, 19 April 2024, pakar kesejahteraan hewan menemukan bahwa sangat melelahkan dan membuat stres jika hewan selalu berada di jalan, dikurung di ruang sempit, dan dipaksa tampil di hadapan penonton yang berteriak.

"Hewan liar, meskipun mereka dilahirkan di penangkaran, tetap memiliki naluri alaminya, yang akan hilang sepenuhnya jika mereka dikurung di kandang kecil dan diangkut dari kota ke kota dengan truk dan trailer," kata Presiden dan CEO dari Humane Society Amerika Serikat, Wayne Pacelle.

4 dari 4 halaman

Undang-Undang Perlindungan Hewan Eksotis untuk Selamatkan Gajah dari Sirkus

Pada akhir Maret 2017, anggota Partai Demokrat Arizona Raul Grijalva, anggota Partai Republik Pennsylvania Ryan Costello, dan 22 anggota parlemen lainnya memperkenalkan Undang-Undang Perlindungan Hewan Eksotis dan Keselamatan Publik Bepergian (TEAPSPA) di DPR. Undang-undang itu mengharuskan 19 sirkus keliling di AS yang menampilkan pertunjukan hewan diganti hanya menggunakan manusia sebagai penghibur, atau sirkus tersebut akan ditutup.

Jika RUU ini disahkan, akan mengakhiri kehidupan lebih dari 200 kucing besar, beruang, unta, dan gajah yang masih bekerja sebagai pemain sirkus. Sementara, 34 negara bagian lain telah menerapkan larangan serupa, begitu pula puluhan kota dan kabupaten di AS, termasuk Los Angeles dan San Francisco.

Investigasi Mother Jones pada 2011 mengungkap kekejaman yang meluas terhadap gajah di Ringling Bros. Sejumlah petisi dan kampanye kepentingan publik menuntut perubahan. Atas desakan tersebut, pada Maret 2015, Ringling mengumumkan bahwa mereka tidak lagi menampilkan aksi gajah. Sirkus tersebut sejak itu memensiunkan 13 gajahnya dan dipindahkan ke Pusat Konservasi Gajah yang berbasis di Ringling di Florida. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat