uefau17.com

Bawa Putra Lajangnya ke Psikiater Setiap Imlek, Ibu di China Didiagnosis Gangguan Mental - Lifestyle

, Jakarta - Seorang ibu di China mengkhawatirkan putranya yang berusia 38 tahun yang tak kunjung menikah. Karena hal tersebut, ibu itu membawa putranya ke psikiater setiap Tahun Baru Imlek.

Dikutip dari India Times, Minggu (19/2/2023), baru-baru ini, seorang pria dari provinsi Henan di China dengan cepat menjadi viral di negara itu karena memicu perdebatan. Dengan videonya, ia mengedepankan isu tekanan untuk menikah dari orangtua.

Dalam video tersebut, pria itu memberi tahu penonton bahwa dia tidak pernah membawa pacar ke rumah untuk Tahun Baru Imlek. Hal tersebut membuat ibunya mempertanyakan apakah dia memiliki sesuatu yang salah di kepalanya.

Pria itu mengatakan ibunya percaya dia "memiliki sesuatu yang salah di kepala." "Diagnosis" muncul ketika orangtuanya mulai membangun ketergantungan yang aneh untuk membawanya ke pemeriksaan kejiwaan setiap Tahun Baru Imlek.

Pada 4 Februari 2023, pria bermarga Wang dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Provinsi Henan. Setelah beberapa kali kunjungan, dokter akhirnya memberi tahu sang ibu bahwa tidak ada yang salah dengan putranya dan dia tidak sakit, tetapi ibu itulah yang harus diperiksa karena dia mengalami gangguan mental "memaksa putranya untuk menikah".

Dalam percakapan dengan Beijing News, Wand mengungkapkan bahwa dia sebelumnya bekerja sebagai aktor. Kini, ia berprofesi sebagai pelatih tenis saat dia tinggal di Beijing selama lebih dari satu dekade.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tekanan Menikah

Wang menjelaskan mengapa dia mengikuti obsesi aneh ibunya. "Saya seharusnya tidak diidentifikasi sebagai orang yang belum menikah. Saya hanya sangat sibuk dan belum bertemu orang yang tepat. Ibu saya tidak bisa tidur karena saya belum menikah, jadi saya merasa sangat sedih," katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa di kampung halamannya, dia dikenal sebagai "pria lajang super tua". Perjuangan Wang menyentuh banyak hati saat orang-orang di Negeri Tirai Bambu bersatu sambil berbicara tentang tekanan yang mereka hadapi dari keluarga mereka sendiri untuk segera menikah.

Tekanan untuk menikah mencapai puncaknya biasanya ketika Tahun Baru Imlek tiba. Para pemuda kembali ke kampung halaman untuk mengunjungi keluarga mereka.

Semua percakapan berubah menjadi ceramah tentang bagaimana seseorang harus menikah. Sementara generasi yang lebih tua di China percaya bahwa seseorang harus segera menikah dan memiliki anak, kaum muda di negara tersebut lebih berhati-hati dan skeptis terhadap pernikahan.

3 dari 4 halaman

Tekanan Menikah

Dikutip dari Financial Times, Minggu (19/2/2023), para lajang China melawan tekanan keluarga untuk menikah. Kaum muda berbagi kiat untuk menangkis pertanyaan orang tua yang memaksa tentang memiliki anak selama tahun baru Imlek.

Channel media sosial dipenuhi dengan panduan cara viral untuk melatih orang tentang cara melawan orangtua yang memaksa untuk menikah. "Setiap orang memiliki teknik mereka sendiri," kata seorang guru di Beijing berusia akhir 20-an, yang telah merahasiakan pacarnya dari keluarganya selama bertahun-tahun untuk mencegah dituntut menikah.

Anak-anak muda China selama puluhan tahun telah menciptakan taktik kreatif untuk menghilangkan tuntutan orangtua akan pernikahan dan cucu, ditambah biaya mengasuh anak yang sangat tinggi. Lalu, pekerjaan yang membebani dan harga properti yang setinggi langit di kota-kota besar juga menjadi faktor lain untuk tidak menikah.

Pertarungan untuk membuat anak-anak China menikah dan memiliki anak bergerak dari rumah keluarga ke arena politik karena negara terpadat di dunia memasuki penurunan populasi jangka panjang dan tidak dapat diubah. Pada Januari 2023 lalu, pihak berwenang China mengumumkan bahwa titik balik yang telah lama dinantikan akhirnya tercapai, yakni populasi secara resmi menyusut pada 2022 untuk pertama kalinya dalam 60 tahun, kehilangan 850.000 orang karena kematian melebihi kelahiran.

4 dari 4 halaman

Populasi Menurun

Prospek demografis China akan semakin gelap, karena populasi yang menua dengan cepat didukung oleh semakin sedikit pekerja pembayar pajak yang mendanai kesejahteraan sosial dan sistem rumah sakit yang genting, terungkap sudah berada di sebuah keadaan rapuh. Sebagai tanggapan, pemerintah daerah telah mulai memberikan subsidi kepada keluarga dengan lebih dari satu anak.

Yang lain juga mengadopsi taktik yang lebih kreatif. Kabupaten Ningling, di provinsi tengah Henan, mengambil peran sebagai makcomblang pada akhir Desember, mensponsori acara kencan kilat di mana para lajang bertopeng berkumpul dalam cuaca dingin dengan nomor disematkan di mantel musim dingin mereka. Namun para ahli pesimis upaya pemerintah untuk menaikkan angka kelahiran akan lebih efektif dibandingkan upaya orang tua.

"Sejauh ini, sepertinya tidak ada yang terjebak," kata Wang Feng, sosiolog dan pakar demografi di University of California, Irvine. "Mudah bagi pemerintah untuk menulis slogan-slogan baru, tetapi mengubah pekerjaan dan lingkungan hidup kaum muda adalah hal yang berbeda."

Pada 2016, Beijing menghapus batas satu anak selama hampir empat dekade, kebijakan populasi paling parah di dunia. Pada 2021 melangkah lebih jauh dengan mendorong pasangan untuk memiliki hingga tiga anak. Tetapi ledakan bayi yang diharapkan tidak pernah terwujud, setelah awalnya meningkat pada tahun pertama, jumlah bayi di China menurun setiap tahun sesudahnya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat