uefau17.com

Buya Yahya Ungkap Ada Ahli Ibadah tapi Ujungnya Masuk Neraka, Ini Ciri-cirinya - Islami

, Jakarta - Setiap muslim tentu ingin akhir hidupnya di dunia mendapat surga di akhirat. Salah satu cara agar meraih surga-Nya adalah dengan menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Contoh sederhananya dengan melakukan ibadah dan menjauhi maksiat.

Namun siapa sangka tidak semua ahli ibadah mendapatkan balasan surga. Ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya mengungkapkan penghuni neraka nanti akan ada dari sebagian ahli ibadah. Kok bisa?

Buya Yahya mengatakan, ahli ibadah yang akan masuk neraka karena tidak menghadirkan tafakur dalam beribadah. Jika tidak bertafakur, secara tidak sadar bisa melakukan ibadah dan maksiat dalam waktu yang bersamaan.

“Dosa iya, ibadah iya. Ternyata ibadahnya tidak bisa menghapus dosanya. Sepertinya dia beribadah, ternyata hasilnya ada dosa karena dia tidak merenungi ibadahnya,” kata Buya Yahya dikutip dari YouTube Al Bahjah TV, Kamis (25/4/2024). 

“Mungkin ada orang haji dan umrah bolak-balik tapi lupa waris belum dibagi, sehingga umrahnya dengan bagian dari rebutan waris. Mau dapat pahala dari mana? Surga mana yang didapat orang itu,” tutur Buya Yahya mencontohkan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Contoh Realita

Buya Yahya mencontohkan kasus lain, yakni melakukan sholat tapi secara tidak sadar bahwa pakaian yang digunakannya didapat dari cara-cara yang haram, atau makanan yang dikonsumsinya ternyata didapat dengan cara haram. 

“Atau mungkin ada seorang yang tampak beribadah khusyuk (sampai) menangis di masjid, ternyata di rumahnya ada ibunya yang menangis oleh dia,” imbuh Buya Yahya..

“Maka dia sebetulnya anak durhaka yang lagi sholat di masjid. Berarti dia ahli neraka yang lagi nongkrong di masjid, karena dia tidak merenungi (tafakur),” lanjut Buya Yahya.

3 dari 3 halaman

Dituntut di Akhirat Tidak Masuk Surga

Buya Yahya mengatakan, seorang ahli ibadah bisa masuk neraka karena disebabkan oleh kegagalannya dalam mendidik anak. Alih-alih anaknya menjadi saleh/salehah, tapi dia banyak melakukan maksiat. Sementara, orang tuanya sibuk dengan ibadahnya.

“Ada orang yang tampak ibadah, oh ahli puasa, ahli sholat, di saat dia berlenggang menuju surga ternyata di akhirat dituntut oleh orang-orang yang menginginkan dia agar tidak masuk surga,” kata Buya Yahya.

“Lalu ditanya, siapa kalian? Rupanya orang-orang itu berkata, aku anaknya si Fulan itu. Dia rajin ibadah, rajin tahajud, rajin puasa, rajin haji, rajin umrah, tapi aku tidak dididik dengan benar, sehingga aku tidak mengenal engkau ya Allah, sehingga aku bermaksiat gara-gara ibuku terlalu sibuk ibadah, tidak sempat ngurusi aku,” kata Buya Yahya.

Dari penjelasan Buya Yahya ini semoga dapat menjadi renungan sebagai muslim yang merindukan surga-Nya. Semoga kita termasuk ahli ibadah sekaligus ahli surga dan dijauhkan dari segala kemaksiatan yang membawa ke pintu neraka. Aamiin, wallahu a’lam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat