uefau17.com

MSG Bikin Makanan Lebih Sedap, Aman untuk Kesehatan? - Health

, Jakarta - Kandungan monosodium glutamat (MSG) dalam makanan kerap menjadi perdebatan. Bagaimana pandangan ilmu pengetahuan terhadap MSG, amankah?

Biasanya MSG ditambahkan ke makanan untuk menambah kelezatannya dan negara-negara Asia banyak yang menggunakannya. Namun, di negara Barat MSG diterima dengan sedikit skeptisisme pada paruh kedua abad ke-20.

MSG merupakan bentuk garam dari asam amino glutamat. Ahli Nutrisi Amber Charles MSPH RDN menjelaskan bahwa MSG memang digunakan sebagai bahan tambahan makanan dan penambah rasa, baik dalam bentuk garam monosodium murni maupun dari produk protein terhidrolisis, seperti protein nabati.

"MSG juga terdapat secara alami pada berbagai makanan, seperti wortel, bawang merah, kubis, kentang, kuning telur, keju, kecap, teri, dan udang," kata Charles dikutip dari Medical News Today.

Selain itu, lanjut Charles, MSG juga diproduksi melalui fermentasi makanan hewani atau nabati, termasuk tetes tebu, tebu, bit gula, kacang-kacangan, jamur, dan rumput laut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Risiko Konsumsi MSG Terhadap Kesehatan

Baru-baru ini, MSG telah melengkapi makanan olahan, seperti makanan beku, tuna kaleng, suplemen makanan, saus salad, dan susu formula. Apakah ada risiko kesehatan yang terkait dengan MSG?

Charles, mengatakan, meskipun Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengklarifikasi bahwa MSG aman atau GRAS (Generally Recognized as Safe), beberapa penelitian telah mengeksplorasi hubungan potensial dengan sejumlah kondisi kesehatan, terutama setelah laporan gejala ringan dan kepekaan setelah dikonsumsi.

Menurut tinjauan pada 2019, ada hubungan antara konsumsi MSG dosis tinggi dan peningkatan denyut jantung, risiko serangan jantung, dan dampak negatif pada kesehatan hati, kesuburan, dan pembentukan tumor dalam konteks obesitas yang diinduksi MSG di tikus.

Namun, penulis tinjauan menunjukkan bahwa jumlah MSG yang digunakan dalam penelitian pada hewan ini tidak mencerminkan kenyataan dalam hal konsumsi MSG pada manusia.

Peninjauan menyimpulkan,"Berdasarkan analisis kritis dari literatur yang ada, kami berpendapat bahwa banyak dari efek kesehatan negatif MSG yang dilaporkan memiliki sedikit relevansi untuk paparan kronis manusia terhadap dosis rendah. Agar studi praklinis menjadi signifikan untuk asupan makanan manusia, mereka harus meniru konteks nyata dari paparan penambah rasa (spesies yang memadai, dosis, rute pemberian).".

Hubungan antara penggunaan MSG pada manusia dan timbulnya kondisi seperti obesitas, penyakit jantung, infertilitas, atau penyakit hati masih belum jelas dan belum terbukti.

 

3 dari 4 halaman

Mitos dan Fakta MSG

Beberapa mitos ini mungkin pernah Anda dengar, tapi seperti apa faktanya?

1. Mitos: MSG tinggi garam, atau natrium

Faktanya, natrium itu merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil untuk menjaga volume darah dan tekanan darah. Namun, para ahli mengaitkan kelebihan asupan natrium dengan tekanan darah tinggi dan peningkatan risiko penyakit jantung.

MSG ini tidak seperti garam meja biasa, yaitu 40 persen natrium. MSG hanya mengandung 12 persen natrium, sepertiga dari jumlah garam meja.

Para peneliti juga telah mengeksplorasi MSG sebagai alternatif pengganti garam untuk mengurangi asupan natrium dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui penurunan risiko hipertensi.

2. Mitos: Makanan yang mengandung MSG juga mengandung gluten

Faktanya, gluten adalah protein yang ada dalam makanan berbasis gandum yang menjadi masalah kesehatan bagi penderita penyakit Celiac atau sensitivitas gluten. Sekitar 35 persen dari protein gluten terdiri dari asam amino glutamin, yang memainkan peran kunci dalam kesehatan kekebalan tubuh dan yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang lebih besar selama masa sakit.

Namun, glutamat---asam amino utama dalam MSG---ditemukan terutama dalam makanan kaya protein dan merupakan neurotransmitter penting yang mengisi sel-sel di usus. Tubuh menggunakannya untuk membuat asam amino lain dan tidak membutuhkannya dalam jumlah yang lebih besar selama masa stres atau sakit.

3. Mitos: Label kemasan makanan tidak memiliki 'MSG', artinya bebas MSG

Faktanya, FDA mewajibkan produsen makanan untuk mencantumkan tambahan MSG sebagai 'monosodium glutamat' di panel bahan mereka. Makanan tanpa ekstrak MSG tambahan tidak harus mencantumkan bahan ini. Namun, bukan berarti makanan tersebut bebas MSG.

MSG terjadi secara alami di banyak makanan nabati dan hewani. Jika produk kemasan mengandung salah satu bahan yang mengandung MSG ini, produk tersebut mungkin mengandung MSG.

FDA memastikan, bagaimanapun, produk dengan bahan makanan yang mengandung MSG tidak dapat mengklaim bebas MSG.

4. Mitos: Tubuh tidak dapat memproses MSG secara efektif

Faktanya, banyak reseptor glutamat di seluruh usus dan sistem saraf. Selain itu, tubuh memetabolisme glutamat yang dikonsumsi dari makanan alami dengan cara yang sama seperti memetabolisme glutamat dari bahan tambahan makanan.

Sebuah penelitian pada hewan tahun 2013 menunjukkan bahwa konsumsi MSG bermanfaat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap glutamat dan meningkatkan jumlah reseptor di usus.

4 dari 4 halaman

Infografis Waspada Mutasi Covid-19 Kombinasi Varian Inggris-India

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat