uefau17.com

Australia Rayakan 75 Tahun Hubungan Diplomatik dengan Indonesia Lewat Acara Kuliner Bertajuk Taste of Australia - Global

, Jakarta - Dalam rangka merayakan hubungan diplomatik ke-75 Indonesia dan Australia, Kedutaan Besar (Kedubes) Australia mengadakan acara bertajuk Taste of Australia. Ini merupakan Festival BBQ yang bertujuan untuk memperkenalkan keragaman budaya kuliner Australia dengan kombinasi cita rasa khas Indonesia.

Hubungan diplomatik Indonesia dan Australia sudah berjalan cukup lama, salah satu faktor yang memengaruhi hubungan baik kedua negara adalah kecintaan terhadap makanan dan kuliner yang beragam.

“Saya pikir, hubungan kuliner lah yang yang menunjukan hubungan baik antara kedua negara kita ,yang seperti kita tahu, hubungan diplomatik kita sudah berjalan selama 75 tahun,” jelas Adrian Lochrin, Minister-Konselor Komunikasi Strategis Politik Kedutaan Besar Australia pada acara Taste of Australia - Festival BBQ di Hotel Double Tree, Jakarta Pusat Sabtu, (22/6/2024),

Selain itu, Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams, mengungkapkan kecintaannya terhadap ragam kuliner Indonesia dalam keterangan tertulis yang dirilis oleh Kedutaan Besar Australia di Jakarta.

"Saya penggemar berat makanan Indonesia, dengan kekayaan rempah dan berbagai macam variasi makanan di seluruh nusantara."

Menurutnya perpaduan budaya makanan kedua negara itu memukau.

"Memadukan budaya makanan Australia dengan Indonesia sangatlah menarik," tambahnya.

Acara Taste of Australia kali ini mengundang chef Brent Draper, pemenang MasterChef Australia 2023 yang menampilkan demo memasak pada acara tersebut.

“Saya sangat bangga bisa mengundang Brent Rapper, pemenang MasterChef Australia yang dikenal dengan kecintaannya kepada panggangan,” ucap Lochrin.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Australia Menyediakan Berbagai Jenis Makanan Berkualitas dan Daging Halal

Chef Brent Rapper memperkenalkan hidangan yang ia buat dalam demo masakan yaitu Cowboy Butter Steak dengan penuh semangat, dan ia memberikan tips agar hidangan tersebut dapat dinikmati dengan cita rasa yang lebih enak dan segar.

"Kunci dari sebuah hidangan yang lezat adalah menggunakan bahan makanan berkualitas tinggi. Di Australia, kami bangga dengan standar produksi makanan yang tinggi," ungkap Chef Brent dengan antusias.

Selain itu, Lochrin, menyoroti keragaman makanan yang ditawarkan oleh Australia, termasuk daging halal yang dapat dinikmati oleh mayoritas masyarakat Muslim di Indonesia.

"Australia dikenal sebagai salah satu produsen makanan terbaik di dunia. Kami menyajikan beragam buah-buahan, sayuran segar, serta daging sapi dan domba yang lezat dan tentunya halal," ucap Lochrin.

Dengan berkembangnya jenis makanan Indonesia dan Australia, semakin banyak restoran-restoran Indonesia yang ada di Australia dan “Tidak jarang pula makanan khas Indonesia ada di meja makan orang Australia, kami sangat menikmati itu,” ungkap Lochrin.

3 dari 4 halaman

Hubungan Diplomatik Indonesia dan Australia

Dalam 75 tahun ini, kemitraan Indonesia dan Australia telah terjalin erat melalui jaringan hubungan diplomatik yang kuat dan beragam. Salah satu aspek yang memperkuat kedekatan kedua negara ini terletak pada kolaborasi di bidang pendidikan.

"Tahun lalu, kami merayakan peringatan 70 tahun beasiswa Australia untuk orang Indonesia, dan jumlahnya terus bertambah. Lebih dari 200.000 orang Indonesia telah memperoleh kesempatan belajar di institusi pendidikan di Australia," jelas Lochrin.

Tidak hanya pada sektor pendidikan, namun kerja sama antara Indonesia dan Australia meluas hingga ke bidang teknologi. Lochrin menambahkan, "Kerja sama dengan pemerintah Indonesia terus berkembang di berbagai bidang krusial seperti teknologi. Jadi ini benar-benar hubungan yang luas,” tambahnya

Kedepannya, Lochrin menyampaikan harapannya agar hubungan antara Indonesia dan Australia dapat meluas tidak hanya dalam hal pendidikan dan teknologi, tetapi juga dalam hal ekonomi, khususnya terkait hasil bumi Australia.

“Saya harap, selain dapat memamerkan hasil bumi Australia di sini, juga akan semakin banyak masuk ke dalam dapur-dapur di Indonesia”

4 dari 4 halaman

Profil Brent Draper

Brent Rapper, seorang peserta kompetisi kuliner yang berbakat, memiliki perjalanan yang menginspirasi dalam karirnya. Setelah mengikuti Seri 13 MasterChef Australia pada tahun 2021, Brent mencapai posisi 13 Besar sebelum memutuskan untuk mundur dari kompetisi karena masalah kesehatan mental yang ia hadapi. 

Namun, setelah mendapatkan bantuan dan dukungan yang tepat, Brent kembali ke panggung kompetisi dalam musim ke-15 dan berhasil meraih gelar juara.

Kini, Brent Rapper dikenal sebagai seorang influencer makanan digital dan merangkap sebagai duta makanan untuk Coles (Supermarket).

Ia terkenal dengan gaya memasaknya yang beragam, sering kali menyelipkan sentuhan Indonesia ke dalam kreasi masakannya.

Selain itu, di luar dapur, Brent menemukan ketenangan dengan memancing dan berselancar, menyempurnakan keseimbangan antara bekerja dan waktu untuk dirinya sendiri. Brent terus menginspirasi banyak orang dengan kisah suksesnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat