uefau17.com

Militer Rusia Serang Bangunan di Kharkiv, 3 Warga Ukraina Tewas - Global

, Kharkiv - Rusia mengebom sebuah bangunan tempat tinggal di kota Kharkiv, Ukraina, pada Sabtu (22/6/2024). Insiden ini menewaskan tiga orang dan melukai lebih dari 50 orang.

Para pejabat mengatakan, empat bom berpemandu menghantam kota terbesar kedua Ukraina, yang terletak di dekat perbatasan Rusia, dan Presiden Volodymyr Zelenskyy mengunggah rekaman fasad blok apartemen yang hancur tersebut.

"Rusia kembali menyerang Kharkiv dengan bom berpemandu," tulisnya di Telegram, mengumumkan tiga orang tewas saat tim penyelamat mencari reruntuhan.

52 orang terluka dalam serangan itu, termasuk tiga remaja, kata kantor kejaksaan daerah, dikutip dari laman Japan Today, Minggu (23/6).

Gubernur daerah Oleg Synegubov sebelumnya mengatakan bahwa "Para dokter berjuang untuk menyelamatkan nyawa empat pasien -- dua wanita dan dua pria, yang berada dalam kondisi serius".

Ia mengunggah foto-foto jendela dan mobil yang pecah serta sebuah minibus yang rusak akibat ledakan itu, yang merobek dinding-dinding flat, meninggalkan puing-puing dan reruntuhan.

Tim penyelamat bekerja dengan anjing, menjebol pintu dan memadamkan api di flat dekat stasiun bus pusat kota.

Jenazah dalam kantong-kantong diletakkan di tanah di luar, lapor seorang wartawan AFP melihat. Seorang wanita yang sudah meninggal tergeletak di halte bus, mengenakan sandal berwarna cerah dan tas di sampingnya.

Seorang wanita tua dengan darah mengalir di wajah dan kakinya dibantu naik ke atas tandu saat dia memprotes bahwa dia tidak ingin pergi ke rumah sakit.

Synegubov mengatakan, "hanya infrastruktur sipil yang rusak".

"Sejak awal Juni ini saja, Rusia telah menggunakan lebih dari 2.400 bom udara berpemandu terhadap Ukraina, sekitar 700 di antaranya ditujukan ke wilayah Kharkiv," kata Zelenskyy dalam pernyataan selanjutnya.

"Ini adalah teror yang diperhitungkan."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Serangan di Kharkiv

Rusia melancarkan serangan baru di wilayah tersebut pada Mei 2024, mengambil alih wilayah yang signifikan, dan semakin menargetkan Kharkiv.

Pada Mei, serangan bom berpemandu di sebuah toko perangkat keras menewaskan 16 orang dan melukai puluhan lainnya.

Menteri Pertahanan Rustem Umerov mengatakan, bulan lalu Rusia telah menjatuhkan hampir 10.000 bom berpemandu di Ukraina tahun ini.

Jaksa penuntut mengatakan, Rusia menggunakan bom berpemandu UMPB D-30 SN barunya untuk serangan terbaru di Kharkiv, yang diluncurkan dari wilayah Belgorod yang berbatasan dengan Ukraina.

Surat kabar Rossiiskaya Gazeta Rusia menulis bulan ini bahwa senjata tersebut sekarang digunakan dalam perang Ukraina.

Senjata tersebut dapat ditembakkan dari darat pada jarak jauh maupun dari pesawat, tulisnya, yang berarti "hampir mustahil untuk mengantisipasi" serangan.

"Teror Rusia dengan bom berpemandu ini harus dihentikan dan dapat dihentikan. Kami membutuhkan keputusan yang kuat dari mitra kami sehingga kami dapat menghancurkan teroris Rusia dan pesawat tempur Rusia di mana pun mereka berada," kata Zelenskyy.

 

3 dari 3 halaman

Serangan Rudal

Rusia juga meluncurkan 16 rudal jelajah dan 13 pesawat nirawak serang ke infrastruktur energi di beberapa wilayah dalam semalam, kata militer Ukraina.

Ini adalah "serangan gabungan besar kedelapan Rusia terhadap fasilitas infrastruktur energi" dalam tiga bulan, kata kementerian energi.

Lebih dari dua tahun setelah invasi Rusia, serangan rudal dan pesawat nirawak telah melumpuhkan kapasitas pembangkit listrik Ukraina dan memaksa Kyiv untuk memberlakukan pemadaman listrik dan mengimpor pasokan dari Uni Eropa.

Rusia mengatakan pasukannya "melaksanakan serangan kelompok dengan persenjataan presisi tinggi jarak jauh dari udara dan laut dan juga pesawat nirawak terhadap fasilitas energi Ukraina yang menggerakkan produksi senjata".

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat