uefau17.com

Euro 2024: Presiden Volodymyr Zelensky Jadi Motivator Ulung Ukraina Saat Bungkam Slovakia - Bola

, Jakarta Ukraina membuka peluang untuk lolos ke babak 16 besar usai menang 2-1 atas Slovakia pada laga grup E Euro 2024 di stadion Dusseldorf Arena, Jumat (21/6/2024). Dua gol Ukraina dicetak Mykola Shaparenko di menit ke-54 dan Roman Yaremchuk (80).

Padahal bayang-bayang kekalahan kedua seperti terjadi lagi saat Ivan Schranz mencetak gol untuk Slovakia di menit ke-17. Untunglah semangat pantang menyerah Ukraina tetap menyala di lapangan.

Berawal dari umpan Oleksander Zinchenko, Shaparenko sukses melepas tembakan kaki kiri yang menusuk ke sisi kanan gawang Slovakia yang dikawal Dubravka. Shaparenko menjadi man of the match di pertandingan ini usai memberi assist untuk gol kedua yang dicetak Yaremchuk.

Sebelum pertandingan ini, Ukraina sepertinya sudah tenggelam usai kalah telak 0-3 dari Rumania di laga pertama. Namun ternyata pemain Ukraina tak larut dengan kekalahan.

Bahkan, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberi motivasi langsung kepada skuad yang dilatih Serhiy Rebrov. Ini terbukti menjadi lecutan khusus bagi pemain Ukraina yang ingin menghibur warga yang sedang dilanda perang.

"Kunci kemenangan kami yaitu semangat tim. Kami bicara dengan Presiden Ukraina hari ini. Dia memberi kami motivasi luar biasa. Anda tahu betapa sulitnya situasi di negara kami, jadi kami harus memberi hiburan kepada warga kami," kata striker Ukraina Roman Yaremchuk seperti dikutip UEFA.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Pelatih Ukraina soal Kemenangan Krusial

 

Serhiy Rebrov juga mengaku senang dengan keberhasilan Ukraina petik kemenangan lawan Slovakia. Semangat seperti ini dibutuhkan dan pemain tunjukkan bisa bangkit usai kakalahan buruk lawan Rumania.

"Kami tampil buruk saat lawan Rumania. Namun pemain tunjukkan semangat berbeda kali ini dan pantas meraih kemenangan," ujarnya.

"Kami harus fokus ke laga berikutnya, tapi yang pasti ini kemenangan penting but tim dan negara kami."

 

3 dari 4 halaman

Mykola Shaparenko Menjadi Man of The Match

 

Permainan Ukraina juga didukung oleh kecerdikan Mykola Shaparenko. Penempatan posisi yang tepat membuat dia berhasil cetak gol sekaligus assist.

Shaparenko terpilih menjadi pemain terbaik karena peran ini. Toh, dia tak terlalu memikirkan torehan pribadinya itu.

"Saya hanya bisa bilang kalua kami belajar banyak dari kekalahan lawan Rumania. Itu membuat kami lebih siap di laga ini. Anda bisa melihat kekuatan mental kami, kami ikuti instruksi pelatih dan saya bangga soal itu."

 

4 dari 4 halaman

Slovakia Belum Menyerah Kejar Tiket 16 besar

 

Dengan kekalahan ini, Slovakia turun ke posisi 3 di klasemen grup E Euro 2024. Toh pelatih Slovakia, Francesco Calzona mengaku tak menyerah kejar 16 besar.

Slovakia bakal habis-habisan kejar tiket itu saat melawan Rumania di laga terakhir. Hasil imbang setidaknya bisa bawa Slowakia lolos ke-16 besar.

"Ini duel sulit. Ada momen yang membuat saya puas, ada juga yang tidak," katanya.

"Saya senang dengan tim ini. Saya tak bisa salahkan ereka. Kami main bagus di babak pertama. Lawan kami punya kualitas hebat," dia menambahkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat