uefau17.com

5 Bahan Alami yang Ampuh Menurunkan Kolesterol, Mudah Ditemukan di Rumah - Citizen6

, Jakarta - Beberapa makanan dan suplemen dapat membantu menurunkan kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau jahat Anda selain olahraga dan perubahan pola makan.

Membawa kadar kolesterol LDL yang tinggi dalam darah Anda meningkatkan kemungkinan serangan jantung dan stroke.

Anda mungkin berisiko terkena kolesterol LDL tinggi jika Anda kelebihan berat badan atau kurang berolahraga. Anda juga bisa mewarisi kecenderungan kolesterol tinggi.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya dari makanan tertentu yang mengandung lemak jenuh, namun tidak sebanyak dari makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Jenis lemak ini menyebabkan hati Anda memproduksi kolesterol ekstra.

Namun ada makanan – dan suplemen yang berasal dari makanan – yang juga dapat menurunkan kolesterol Anda. Berikut beberapa makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol, seperti melansir dari Healthline, Jumat (28/6/2024). 

1. Bawang putih

Efek bawang putih dalam menurunkan kolesterol belum diketahui secara pasti. Ini dapat membantu mencegah penyakit jantung, tetapi meta-analisis studi medis tahun 2009 menyimpulkan bahwa ini tidak mengurangi kolesterol secara spesifik.

Bawang putih dianggap memiliki manfaat kesehatan lain, termasuk menurunkan tekanan darah. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dari makanan atau suplemen.

2. Beras ragi merah

Beras ragi merah merupakan nasi putih yang telah difermentasi dengan ragi. Itu dimakan dan digunakan sebagai obat di China. 

Beberapa suplemen beras ragi merah telah terbukti menurunkan kolesterol karena mengandung monacolin K. Suplemen ini memiliki susunan kimia yang sama dengan lovastatin, obat penurun kolesterol.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jahe

Sebuah penelitian pada tahun 2014 menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida, sementara sebuah penelitian pada tahun 2008 menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. 

Anda bisa menambahkan jahe mentah ke dalam makanan, atau menjadikannya sebagai suplemen atau bubuk.

4. Biji remu

Flax adalah bunga biru yang tumbuh di daerah beriklim sedang. Baik bijinya maupun minyaknya merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Untuk mendapatkan peningkatan kesehatan terbesar dari biji rami, gunakan minyaknya atau makan biji rami yang digiling, bukan utuh. Tubuh kita tidak dapat memecah kulit luar biji yang mengkilat.

 

3 dari 3 halaman

5. Protein kedelai

Kacang kedelai dan makanan yang dibuat darinya dapat menurunkan sedikit kolesterol LDL.

Tahu, susu kedelai, dan kacang kedelai kukus merupakan sumber protein tanpa lemak yang baik, yang berarti mengonsumsinya sebagai pengganti makanan berlemak seperti daging sapi dapat mengurangi keseluruhan kolesterol dalam makanan Anda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat