uefau17.com

Mmabatho, Stadion Sepak Bola Terunik di Dunia yang Disebut Punya Desain Kursi Tribun Menyusahkan - Citizen6

, Jakarta Stadion Mmabatho di Afrika Selatan adalah salah satu stadion sepak bola yang paling unik dan aneh di dunia. Tribunnya tidak seperti kebanyakan stadion lainnya, karena desainnya yang melawan arus. Meskipun cukup tinggi, tribun ini sebenarnya tidak menghadap ke lapangan, melainkan ke tribun sebelahnya. Meski pengalaman menonton di sana mungkin tidak selalu nyaman karena kursi tribun yang aneh, stadion Mmabatho tetap menarik minat banyak orang yang penasaran dengan keunikan dan keanehannya.

Berikut ini fakta lengkap tentang Stadion Mmabatho di Afrika Selatan, dikutip dari odditycentral.com (25/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Sejarah Stadion Mmabatho

Stadion Mmabatho, yang dibangun pada tahun 1981 di masa apartheid, menjadi sorotan sebagai salah satu stadion sepak bola paling unik dan aneh di dunia. Meskipun disebut sebagai contoh desain arsitektur yang tidak praktis, stadion ini tetap menarik perhatian. Pembangunan stadion ini merupakan inisiatif dari pemerintahan Lucas Mangope yang memimpin Bophuthatswana Bantusan. Dirancang oleh arsitek Israel Goodovitch dan insinyur Ben Abraham, stadion ini mencuat dengan konsep yang tidak konvensional, bertentangan dengan prinsip dasar desain stadion pada umumnya. Meski begitu, pemerintah tampaknya mendukung gagasan tersebut dan membiarkan pembangunan berlanjut.

Namun, setelah diresmikan, keanehan desainnya segera terungkap. Tribun penonton yang ditinggikan secara aneh justru menghambat pandangan penonton terhadap aksi di lapangan. Sebaliknya, penonton harus menoleh ke samping untuk menikmati pertandingan. Meskipun demikian, stadion ini tetap menjadi bagian dari sejarah dan warisan arsitektur yang menarik perhatian dunia.

3 dari 9 halaman

Fakta Stadion Mmabatho

Stadion Mmabatho, yang terletak sekitar 300 km dari Johannesburg dan berdekatan dengan perbatasan Afrika Selatan dan Botswana, menduduki peringkat kelima sebagai stadion terbesar di Afrika. Meskipun memiliki kapasitas sekitar 59.000 tempat duduk, stadion ini jarang digunakan karena desainnya dianggap kurang praktis. Dulunya menjadi markas bagi Mmabatho Kicks dalam Liga Sepak Bola Profesional Bophuthatswana yang kini sudah tidak beroperasi.

Struktur stadion Mmabatho sering dianggap "aneh" oleh beberapa pihak. Namun, ada yang melihatnya sebagai sebuah karya seni dan bahkan membandingkannya dengan bunga tulip yang sedang mekar.

4 dari 9 halaman

Pengalaman Menonton yang Buruk di Mmabatho

Desain yang tidak konvensional dan pengalaman menonton yang kurang memuaskan menjadi alasan utama mengapa Stadion Mmabatho mendapat kritik selama Piala Dunia FIFA 2010, baik dalam pertandingan resmi maupun sebagai tempat latihan. Saat ini, stadion tersebut hanya digunakan untuk pertandingan amal sporadis dan pertandingan netral antara klub sepak bola Afrika Selatan. Sudut yang terlalu tajam, geometri yang aneh, dan jarak yang jauh antara tribun penonton dan lapangan menjadi faktor yang membuat Mmabatho dianggap sebagai stadion yang kurang memadai, terutama bagi para penggemar.

5 dari 9 halaman

Apa Stadion Pertama di Dunia?

Stadion tertua yang kita kenal adalah sebuah stadion di Olympia, Peloponnesos, Yunani yang telah menyelenggarakan Olimpiade Kuno sejak tahun 776 SM. Stadion umumnya digunakan untuk merujuk kepada bangunan yang menyelenggarakan kegiatan luar ruangan, sementara bagi kegiatan dalam ruangan bangunannya disebut gelanggang.

 

 

 

6 dari 9 halaman

Stadion Gunanya Untuk Apa?

Stadium atau Stadion adalah sebuah bangunan yang umumnya digunakan untuk menyelenggarakan acara olahraga dan konser, di mana di dalamnya terdapat lapangan atau pentas yang dikelilingi tempat berdiri atau duduk bagi penonton.

7 dari 9 halaman

Apa Stadion Terbesar di Eropa?

Bagi pecinta sepak bola tentunya sudah tidak asing dengan Stadion Santiago Bernabeu. Santiago Bernabeu merupakan markas bagi klub raksasa, Real Madrid.

8 dari 9 halaman

Stadion Manakah yang Paling Besar di Indonesia?

Jakarta International Stadium (JIS), pembangunannya sudah direncanakan sejak akhir tahun 2000-an hingga awal 2010-an, diawali dengan rencana pembangunan stadion baru Persija Jakarta pada lahan 26,5 hektar di Tanjung Priok Jakarta Utara, dekat Taman Bersih, Manusiawi, dan Wibawa (BMW).

 

 

9 dari 9 halaman

Stadion Terbesar di Dunia Ada di Mana?

Rungrado 1st of May Stadium (Korea Utara) atau yang juga dikenal sebagai Rungrado May Day Stadium merupakan stadion terbesar di dunia yang terletak di Kota Pyongyang, Korea Utara. Secara resmi, stadion ini mampu menampung sekitar 150 ribu penonton.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat