uefau17.com

Mengenal Katak Kutu Brazil, Calon Vertebrata Terkecil di Dunia - Citizen6

, Jakarta Katak kutu Brazil, yang memiliki nama ilmiah Brachycephalus pulex, termasuk dalam kelompok hewan amfibi dan juga vertebrata. Ukuran katak kutu Brazil hanya sekitar 7 hingga 8 mm. Penemuan katak kutu Brazil dengan ukuran yang sangat kecil telah menjadi sorotan utama dalam komunitas ilmiah. Bahkan lebih kecil dari kutu manusia, ukuran yang sangat kecil ini menjadikannya vertebrata terkecil di bumi.

Berikut ini fakta lengkap tentang katak kutu Brazil yang merupakan vertebrata terkecil di dunia, dikutip dari odditycentral.com (26/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Penemuan Katak Kutu Brazil

Pada tahun 2011, Mirco Solé, seorang peneliti di Universitas Negeri Santa Cruz di Brazil, menemukan katak kutu Brazil, sebuah amfibi dan vertebrata yang sangat kecil. Penemuan ini menjadi sorotan utama dalam komunitas ilmiah. Namun, karena sampel yang terbatas, tidak ada informasi yang cukup untuk membuat kesimpulan pasti tentang ukuran katak tersebut.

Sekarang, lebih dari satu dekade telah berlalu, sebuah tim yang dipimpin oleh Mirco Solé telah menerbitkan penelitian ekstensif tentang spesies katak ini. Spesies ini sulit ditangkap dan hanya ditemukan di dua lereng bukit berhutan di Bahia, Brazil Selatan. Temuan ini menunjukkan bahwa katak kutu Brazil kemungkinan akan dinobatkan sebagai "vertebrata terkecil di dunia".

3 dari 9 halaman

Ukuran Katak Kutu Brazil

Dalam penelitian terbaru, para peneliti kembali menjelajahi habitat katak kutu Brazil untuk mengumpulkan lebih banyak sampel. Mereka melakukan pengukuran, memeriksa gonad untuk menilai kematangan seksual, dan juga memeriksa apakah terdapat celah suara yang hanya dimiliki oleh katak jantan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa katak jantan memiliki panjang lebih dari 7 mm, sementara katak betina sedikit lebih besar dengan panjang sedikit di atas 8 mm. Sampel dewasa terkecil yang diukur selama penelitian memiliki panjang 6,45 mm, yang menunjukkan penurunan sebesar 30 persen dari ukuran terkecil yang pernah tercatat sebelumnya.

 

4 dari 9 halaman

Keunikan Katak Kutu Brazil

Salah satu keunikan dari katak kutu Brazil adalah kesulitannya dalam melakukan hal yang biasanya dikuasai dengan baik oleh jenis katak lainnya, yaitu melompat. Karena ukurannya yang sangat kecil, katak kutu Brazil tidak mampu mengendalikan sistem vestibularnya yang bertanggung jawab atas keseimbangan, sehingga mereka sering kali kehilangan keseimbangan saat meninggalkan permukaan tanah.

5 dari 9 halaman

Apa 10 Contoh Hewan Vertebrata?

Contoh hewan vertebrata adalah mamalia (kucing, gajah, sapi, singa), ikan (hiu, pari, gurami), amfibi (katak, salamander, caecilian), reptil (kura-kura, ular), burung (merpati, elang).

 

 

 

6 dari 9 halaman

Hewan Pisces Apa Saja?

Kelompok hewan pisces termasuk berdarah dingin (poikiloterm), yaitu hewan dengan suhu tubuh yang menyesuaikan kondisi lingkungan. Selain itu hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar). Contoh hewan pisces adalah ikan hiu, ikan pari, ikan tuna, ikan gurami, dan ikan lele.

7 dari 9 halaman

Apa Saja Kelas Vertebrata?

Hewan bertulang belakang (vertebrata) ini terdiri atas kelas yaitu: 1. Kelas Pisces (Ikan) 2. Kelas Amphibia (Latin amphi = dua, bia = hidup) 3. Kelas Reptilia (Bahasa latin repare = merangkak/ merayap) 4. Kelas Aves (Burung) 5. Kelas mamalia (Bahasa latin mamae artinya kelenjar buah dada, mamalia artinya hewan menyusui.

8 dari 9 halaman

Hewan Vertebrata Ada Berapa?

Kira-kira ada 65,000 jenis hewan vertebrata di dunia.

 

 

9 dari 9 halaman

Apa Saja Nama Hewan Invertebrata?

Contoh hewan invertebrata adalah semut, lebah, bintang laut, ubur-ubur, laba-laba, siput, cumi-cumi, cacing, lintah, dan kupu-kupu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat