uefau17.com

Bukan Pakai Asam Jawa, Begini Trik Bikin Buntil Daun Pepaya Agar Tidak Pahit - Citizen6

, Jakarta Daun pepaya merupakan salah satu jenis daun yang sering dikonsumsi sebagai pelengkap makanan oleh masyarakat. Sama seperti jenis daun lain, daun pepaya harus direbus terlebih dahulu agar empuk, matang dan tidak terasa pahit.

Agar rasa pahit bisa benar-benar hilang, biasanya orang-orang menambahkan asam jawa saat merebus daun pepaya. Namun jika tidak ada stok asam jawa di rumah, jangan khawatir karena masih ada cara alternatif lain.

Cara ini dibagikan oleh seorang YouTuber dengan kanal bernama Gilbams Kitchen. Ia membuat buntil daun pepaya yang lezat dan tidak pahit sama sekali, yang caranya dirangkum pada Senin (24/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Rebus dengan Campuran Garam dan Perasan Lemon

Pertama-tama, siapkan daun pepaya yang sudah dicuci bersih. Panaskan air dalam panci hingga mendidih, lalu tambahkan satu sdt garam dan perasan setengah buah lemon ke dalam rebusan tersebut. Tunggu sampai mendidih, lalu baru masukkan daun pepaya ke dalam rebusan.

3 dari 11 halaman

Cuci dan Peras Daun Pepaya Sebanyak 3 Kali

Rebus daun pepaya selama tiga menit saja, setelah itu angkat daun pepaya untuk direndam  di dalam mangkuk besar berisi air bersih. Aduk-aduk rendaman dengan tangan, lalu peras setiap daun pepaya hingga bersih.

Hal ini bertujuan agar daun pepaya tidak terasa pahit. Ulangi langkah ini sebanyak tiga kali.

4 dari 11 halaman

Tumis Bumbu Sampai Harum

Pemilik kanal Gilbams Kitchen ini akan membuat buntil daun pepaya, sehingga ia menghaluskan bumbu-bumbu berikut dengan chopper agar semakin lezat:

●     4 siung bawang putih dan 5 siung bawang merah.

●     3 butir kemiri.

●     2 cm jahe dan kunyit.

●     2 cabai merah besar dan 5 buah cabai rawit.

●     2 lembar daun jeruk yang dibuang tengahnya.

●     ½ sdt gula, garam, dan kaldu bubuk.

Setelah dihaluskan, panaskan tiga sdm minyak goreng pada wajan lalu tumis bumbu tersebut sampai harum dan tanak. Jika sudah, letakkan bumbu tersebut dalam mangkuk kecil untuk dicampur dengan ikan teri goreng.

5 dari 11 halaman

Bungkus Bumbu dengan Daun Pepaya

Letakkan dua lembar daun pepaya, lalu tambahkan isian bumbu tadi di bagian bawah daun pepaya untuk dibungkus.

Lipat daun pepaya dari bawah ke atas, lalu lipat juga sisi-sisi sampingnya yang masih belum terlipat. Setelah terbungkus sempurna, tusuk dengan tusuk gigi agar buntil semakin rapat.

6 dari 11 halaman

Masak Buntil Sampai Matang

Biasanya, campuran bumbu teri tadi masih ada yang tersisa. Goreng sisa bumbu tersebut pada wajan dengan menambahkan 200 ml air dan 35 ml santan instan. Aduk bumbu tersebut sampai tercampur rata.

Masukkan buntil ke wajan untuk dimasak sampai bumbu meresap sempurna lalu tutup wajan. Jika bumbu sudah mulai pekat dan kental, maka buntil sudah matang dan siap untuk disantap

7 dari 11 halaman

Buntil Daun Pepaya Itu Apa?

Makanan tradisional yang berasal dari Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah adalah Buntil. Makanan ini terdiri dari parutan daging kelapa yang dicampur dengan teri dan bumbu-bumbu. Selanjutnya, adonan tersebut dibungkus dengan daun pepaya sebelum direbus dalam santan.

8 dari 11 halaman

Merebus Daun Pepaya Agar Tidak Pahit Pakai Apa?

Tujuan merebus daun pepaya dengan garam adalah untuk menghilangkan rasa pahitnya dengan cepat.

9 dari 11 halaman

Berapa Lama Waktu Merebus Daun Pepaya?

Setelah direndam dalam air garam, daun pepaya direbus dalam air mendidih selama sekitar 5-10 menit. Proses perebusan ini akan membantu mengurangi sisa rasa pahit yang masih tersisa.

10 dari 11 halaman

Apa Manfaat dari Air Rebusan Daun Pepaya?

Manfaat yang beragam ditawarkan oleh daun pepaya untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Mulai dari meredakan sakit tenggorokan, mengatur kadar gula darah dan tekanan darah, hingga merawat kulit agar tetap sehat.

11 dari 11 halaman

Apakah Soda Kue Bisa untuk Merebus Daun Pepaya?

Untuk menjaga warna hijau, gunakan setengah sendok teh soda kue saat merebus 300 gram daun pepaya. Campur daun pepaya dengan daun singkong atau daun mengkudu untuk mengurangi rasa pahit. Setelah direbus, angkat dan tiriskan daun pepaya.2

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat