uefau17.com

Serangan Gereja dan Sinagoga di Rusia, 15 Orang Dilaporkan Tewas - Global

, Moskow - Serangan terhadap petugas polisi, gereja dan sinagoga terjadi di Dagestan, Republik Kaukasus Utara, Rusia, menyebabkan sejumlah orang tewas.

Sekelompok orang bersenjata menargetkan Kota Derbent dan Makhachkala pada Festival Pentakosta Ortodoks.

Dua gereja dan dua sinagoga menjadi sasaran serangan pada Minggu (23/6/2024). Seorang pendeta Gereja Ortodoks terbunuh di Makhachkala, kota terbesar di Dagestan.

Dilansir BBC, Senin (24/6), rekaman yang diunggah di media sosial menunjukkan orang-orang yang mengenakan pakaian gelap menembaki mobil polisi, sebelum konvoi kendaraan layanan darurat tiba di lokasi kejadian.

Di Derbent – ​​rumah bagi komunitas Yahudi kuno – orang-orang bersenjata menyerang sebuah sinagoga dan sebuah gereja, yang kemudian dibakar.

Sebuah kendaraan polisi diserang di desa Sergokal. Polisi menahan Magomed Omarov, kepala distrik Sergokalinsky dekat Makhachkala, menyusul laporan bahwa dua putranya termasuk di antara mereka yang melakukan serangan pada hari Minggu.

Serangan tersebut menewaskan sedikitnya 15 petugas polisi, pendeta dan seorang penjaga keamanan. Enam pelaku serangan tewas, sementara polisi memburu sejumlah orang lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelompok Penyerang Belum Teridentifikasi

Dagestan, salah satu wilayah termiskin di Rusia, adalah republik yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Kelompok penyerang tersebut masih belum teridentifikasi, namun Dagestan sebelumnya pernah menjadi sasaran serangan kelompok Islam. Antara tahun 2007 dan 2017, sebuah organisasi jihad bernama Imarah Kaukasus, dan kemudian Imarah Islam Kaukasus, melancarkan serangan di Dagestan dan republik tetangga Rusia yaitu Chechnya, Ingushetia, dan Kabardino-Balkaria.

Menyusul serangan di gedung Balai Kota Crocus dekat Moskow pada bulan Maret, pihak berwenang menyalahkan Ukraina dan negara-negara Barat, meskipun kelompok ISIS mengklaim serangan tersebut.

Saat itu Presiden Vladimir Putin menegaskan bahwa "Rusia tidak bisa menjadi sasaran serangan teroris oleh kelompok fundamentalis Islam" karena Rusia "menunjukkan contoh unik dari keharmonisan antaragama dan persatuan antaragama dan antaretnis".

Namun tiga bulan lalu, dinas keamanan dalam negeri Rusia, FSB, melaporkan bahwa mereka telah menggagalkan rencana ISIS untuk menyerang sebuah sinagoga di Moskow.

3 dari 3 halaman

Doktrin Terhadap Warga Rusia

Sejak invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina, masyarakat Rusia dibuat percaya bahwa musuh utama mereka adalah Ukraina dan "kolektif Barat".

Ini adalah pesan yang enggan diubah oleh pihak berwenang Rusia, untuk menghindari keraguan publik terhadap narasi resmi tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat