uefau17.com

Tidak Usah Pakai Presto, Ini Cara Rebus Kacang Tanah Biar Cepat Empuk dalam 12 Menit - Citizen6

, Jakarta Melansir dari WebMD, kacang tanah sarat akan protein, lemak baik, dan serat. Lemak baik yang terkandung pada kacang tanah diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

Untuk mendapatkan manfaat kacang tanah secara maksimal adalah dengan direbus. Diketahui kacang tanah rebus mengandung lebih banyak antioksidan dan aman dikonsumsi bagi yang alergi kacang.

Walau demikian, merebus kacang tanah memakan waktu yang sangat lama dan boros gas, yakni sekitar 2-3 jam.

Namun, ada tips dari kanal YouTube Dapur Leony agar rebusan kacang tanah bisa empuk dalam 12 menit tanpa alat presto sekalipun.

Dirangkum pada Minggu (9/6/2024), berikut caranya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Cuci Kacang Tanah Hingga Bersih

Pertama-tama cuci kacang tanah dengan direndam dalam baskom lalu dibasuh. Cuci sebanyak 2 kali, dan buang setiap air cuciannya.

Pada rendaman kedua, biarkan dulu kacang tanah direndam selama 15 menit sebelum dibasuh kembali.

3 dari 10 halaman

Rebus dan Tambahkan Garam

Setelah dicuci bersih, maka kacang tanah bisa langsung direbus dalam air mendidih. Jika semua kacang sudah dimasukkan, tambahkan sekitar 2 sendok teh garam. Tutup rebusan dan celah uap lalu biarkan kacang direbus selama 5 menit.

4 dari 10 halaman

Diamkan, lalu Rebus Lagi Selama 7 Menit

Jika sudah direbus selama 5 menit, matikan kompor lalu diamkan selama 30 menit. Setelah didiamkan, rebusan kacang akan berwarna agak gelap.

Rebus lagi kacang tanah selama 7 menit. Sesudah direbus, diamkan kacang tanah dalam keadaan tertutup selama 1 jam agar kacang bisa benar-benar empuk.

5 dari 10 halaman

Kacang Tanah Jadi Benar-benar Empuk

Setelah didiamkan selama 1 jam, angkat dan tiriskan kacang tanah ke dalam mangkok. Bisa dilihat, kacang tanah yang sudah direbus tadi tidak hanya empuk, bahkan juga lumer saat ditekan.

Waktu merebus yang dihabiskan pada proses ini hanya sekitar 12 menit saja sehingga sangat hemat gas.

6 dari 10 halaman

Berapa Lama Merebus Kacang Tanah Agar Cepat Empuk?

Menurut informasi yang dipublikasikan di laman Simply Recipes, kacang tanah sebanyak 500 gram dapat direbus dalam waktu 2-3 jam. Namun, bagi beberapa individu, mungkin lebih menginginkan kacang tanah dengan kulit yang lebih lunak, sehingga perlu direbus lebih lama.

7 dari 10 halaman

Apakah Kacang Tanah Harus Dicuci Sebelum Digoreng?

Untuk mengupas kacang tanah, lakukan langkah dengan menggosokkan biji kacang hingga kulitnya terkelupas sepenuhnya. Setelah itu, bilas dan tiriskan sampai bersih. Metode ini membantu dalam menghasilkan kacang tanah yang empuk dan renyah saat digoreng.

8 dari 10 halaman

Berapa Lama Merendam Kacang Tanah?

Sebelum melakukan proses selanjutnya, perlu direndam kacang tanah dalam air bersih selama satu jam pertama. Pastikan pencucian menyeluruh hingga tidak ada sisa tanah pada kacang setelah itu. Setelah itu, lakukan penirisan.

9 dari 10 halaman

Apa Manfaat dari Kacang Tanah Rebus?

Manfaat kacang tanah antara lain Menurunkan kemungkinan terkena kanker, mencegah pembentukan batu empedu, memperbaiki kesehatan jantung, mengatur tingkat gula dalam darah, membantu dalam penurunan berat badan, mengurangi risiko peradangan, meningkatkan massa otot, serta meningkatkan kinerja otak.

10 dari 10 halaman

Berapa Lama Kacang Tanah Kupas Bertahan?

Kacang tanah, entah sudah dikupas atau tidak, dapat disimpan dalam lemari es selama enam bulan. Jangan lupa untuk memberi label tanggal ketika pertama kali kantong kacang dimasukkan ke dalam lemari es.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat