uefau17.com

Tambah 1 Bahan, Ini Cara Masak Telur Pindang Batik Agar Semakin Cokelat dan Cantik - Citizen6

, Jakarta Berbeda dari jenis olahan telur lain, telur pindang cenderung memiliki warna dan aroma yang khas karena dimasak dengan berbagai tanaman herbal.

Di Indonesia sendiri ada satu kreasi telur pindang yang sangat cantik dan menggugah selera, yaitu telur pindang batik. Benar saja, telur ini memiliki motif unik seperti batik karena diolah dengan bahan dan metode khusus.

Seorang pengguna TikTok/@fajarlele memiliki cara yang cukup unik untuk membuat telur pindang batik. Bahkan, ia menambahkan satu bahan yang tidak diduga-duga saat memasak telur ini. Berikut rangkuman langkah-langkahnya pada Jumat (28/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Gunakan Kulit Bawang Merah

Jadi, bahan rahasia yang digunakan di sini adalah sisa kulit bawang merah yang nanti akan direbus bersama berbagai bahan seperti:

●     Bawang merah

●     Serai

●     Bawang putih

●     Bawang merah (lagi)

●     Daun salam

●     Daun jeruk

●     Kunci atau lengkuas

●     Bumbu kaldu ayam

●     Penyedap rasa

3 dari 11 halaman

Masukkan Telur

Usai menambahkan semua bahan di atas, sekarang masukkan beberapa butir bawang merah ke dalam panci. Agar telur pindang batik semakin berwarna kecoklatan, tambahkan dua kantong teh celup. Setelah itu, masak dengan api sedang sampai mendidih.

4 dari 11 halaman

Ketok Cangkang Telur

Jika sudah mendidih, maka bisa dipastikan telur di dalam rebusan ini sudah cukup matang. Oleh karena itu, ketok cangkang telur sampai agak retak lalu masukkan lagi ke dalam rebusan. Cangkang telur ini harus diketok untuk membuat motif batik yang indah.

5 dari 11 halaman

Rebus Lagi Selama 45 Menit

Sesudah semua telur diketok, rebus telur kembali selama kurang lebih empat puluh lima menit. Setelah itu, maka telur pindang batik yang nikmat dan cantik sudah matang sempurna sehingga siap untuk disajikan.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Telur Pindang

7 dari 11 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Telur Pindang?

Pemindangan telur adalah metode pengolahan yang menggabungkan penggunaan garam dan perebusan. Telur yang telah dipindang adalah produk telur yang sudah diolah secara tradisional dengan menggunakan bahan yang mengandung zat pengawet protein. Paparan bahan pengawet seperti tanin dapat menyebabkan denaturasi protein dalam telur.

8 dari 11 halaman

Bagaimana Rasa Telur Pindang?

Telur pindang memiliki aroma yang bervariasi tergantung pada jenis tanaman yang digunakan. Telur pindang yang dicampur dengan tanaman yang mengandung tanin memiliki citarasa yang berbeda, dari tidak sepat, agak sepat, hingga sangat sepat.

9 dari 11 halaman

Berapa Lama Telur Pindang Bertahan?

Dampak bahan penyamak selain tanin dapat terlihat dari keberlangsungan umur telur pindang yang dinilai dengan pengujian sensoris. Telur pindang dapat disimpan selama 14 hari karena direbus dengan tambahan tanin.

10 dari 11 halaman

Bagaimana Kriteria Telur Asin Pindang?

Telur asin dengan bumbu pindang ini memiliki tekstur putih telur yang lebih kering dibanding telur yang direbus hanya dengan air. Rasanya juga lebih berbumbu karena dimasak bersama dengan bumbu kuning.

11 dari 11 halaman

Kenapa Disebut Telur Pindang?

Telur pindang dikenal karena direndam dalam larutan garam selama proses pembuatannya. Selain teh, bahan pewarna yang sering digunakan meliputi kulit bawang merah, daun jati, dan daun jambu biji.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat