uefau17.com

Dokter Ungkap Minum Kopi Setelah Jam 12 Siang Tak Baik untuk Kesehatan, Ini Alasannya - Citizen6

, Jakarta Seorang dokter telah memperingatkan bahwa kebiasaan tidak sehat saat minum kopi dapat berdampak negatif terhadap kesehatan kita.

Kopi adalah salah satu minuman favorit bangsa. Namun meski diketahui memiliki beberapa manfaat kesehatan yang besar, seperti mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dan berkontribusi terhadap penurunan berat badan, seorang dokter menyatakan bahwa hal tersebut dapat merugikan salah satu aspek terpenting dari kesejahteraan kita, lapor Express .

Dokter Poonam Desai, yang menggunakan @‌doctoranddancer di TikTok, membagikan video kepada para pengikutnya yang menjelaskan mengapa orang harus berhati-hati dalam minum kopi setelah waktu tertentu dalam sehari.

Kepada lebih dari 22.000 pengikutnya, Dr Desai menjelaskan bahwa dia menghentikan asupan kopinya setelah jam 12 siang setiap hari karena satu alasan tertentu.

Dia menjelaskan: "Kafein memiliki waktu paruh lima hingga enam jam dan masih bisa bertahan di sistem Anda menjelang waktu tidur, mencegah kita tertidur atau tetap tertidur. Jadi saya benar-benar mencoba menghindari minuman berkafein di sore hari."

Meskipun tampaknya tidak terlalu mengkhawatirkan, kurang tidur telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan kronis yang serius termasuk penyakit jantung, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, obesitas, dan depresi. Menurut NHS, sepertiga orang dewasa di Inggris akan mengalami kesulitan tidur setidaknya selama satu periode hidup mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penelitian lainnya

Nasihat Dokter Desai juga didukung oleh berbagai penelitian. Secara khusus, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine pada tahun 2015 menunjukkan bahwa meminum kafein yang setara dengan kafein dalam double espresso dapat mendorong jam tubuh mundur satu jam penuh dan memiliki efek serupa pada tubuh seperti jet leg yang dialami saat bepergian antar zona waktu.

Pakar tersebut juga membagikan sejumlah aturan lain yang dia ikuti untuk menjaga kesehatannya, termasuk tidak minum alkohol lagi, dengan menyatakan: "Tidak ada jumlah alkohol yang aman untuk kesehatan kita."

Alkohol terlalu dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan, beberapa diantaranya mengancam nyawa, termasuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, penyakit hati dan masalah pencernaan, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Penyakit ini juga mempunyai kaitan erat dengan berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, mulut, tenggorokan, kerongkongan, kotak suara, hati, usus besar, dan rektum.

 

3 dari 3 halaman

Anjuran tidak menggunakan wadah plastik

Ia juga menjelaskan bahwa ia tidak menggunakan wadah plastik untuk menyimpan makanannya karena adanya risiko kontaminan kimia, atau "pengganggu endokrin", di dalamnya yang dapat meresap ke dalam makanan, terutama saat dipanaskan. Institut Nasional Layanan Kesehatan Lingkungan menggambarkan bahan kimia pengganggu endokrin (EDC), sebagai bahan kimia yang dapat meniru, memblokir, atau mengganggu hormon tubuh, yang merupakan bagian dari sistem endokrin.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, EDC telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan seperti masalah reproduksi, peningkatan risiko kanker, serta gangguan kekebalan dan sistem saraf.

Dokter juga menyarankan masyarakat untuk menghindari penerbangan pada larut malam, sekali lagi untuk mengurangi gangguan tidur, dan juga merekomendasikan agar masyarakat mengonsumsi setidaknya lima jenis makanan nabati yang berbeda setiap hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat