uefau17.com

Keajaiban Liur Semut, Kekuatan Penyembuhan yang Menakjubkan Mengatasi Kematian - Citizen6

, Jakarta Dilaporkan oleh Sci.news, semut Matabele (Megaponera analis), yang dikenal sebagai predator tangguh, sering menghadapi risiko besar karena luka yang diperoleh saat menyerang mangsa yang agresif. Penelitian terkini mengungkapkan kecanggihan alami semut ini dalam mengatasi risiko kematian akibat infeksi luka.

Para peneliti menemukan bahwa semut Matabele memiliki kemampuan unik untuk mengidentifikasi luka yang mungkin terinfeksi dan segera mengobatinya dengan selektif. Pekerja semut Matabele aktif menggunakan senyawa antimikroba dan protein yang dihasilkan dari kelenjar metapleural mereka untuk merawat luka yang terinfeksi.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa langkah ini mengurangi angka kematian individu yang terinfeksi sebesar 90%. Kemampuan semut ini dalam mengatasi risiko kematian akibat infeksi memberikan pemahaman baru tentang potensi pengembangan terapeutik yang bisa diterapkan dari mekanisme alami ini untuk mengobati luka yang terinfeksi pada berbagai makhluk hidup, termasuk manusia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Resiko Kematian

Infeksi menjadi ancaman besar terhadap kematian pada hewan, khususnya pada mereka yang hidup dalam kelompok di mana risiko penularan patogen dapat mengancam jiwa. Dampaknya menciptakan perubahan kompleks dalam interaksi sosial yang dipicu oleh patogen, termasuk pembatasan sosial, isyarat penyakit, dan upaya perawatan medis.

Pada individu yang terluka, penghalang utama terhadap infeksi, yaitu kutikula atau epidermis, mengalami kerusakan, menjadikannya titik masuk yang rentan bagi infeksi berpotensi fatal. Belakangan ini, beberapa mamalia telah terbukti menjilat luka untuk menerapkan air liur antiseptik. Meskipun demikian, keefektifan perilaku ini masih belum jelas dan dapat terjadi tanpa memperhatikan kondisi luka yang sebenarnya.

Upaya untuk melawan patogen melibatkan berbagai tindakan mulai dari langkah pencegahan seperti membersihkan sarang dan merawat hewan, hingga individu yang hampir mati dikeluarkan dari sarang untuk mati secara terisolasi atau melakukan desinfeksi destruktif pada induk yang terinfeksi.

3 dari 9 halaman

2. Cara Kerja Air Liur Semut

Walaupun telah terbukti bahwa pekerja semut Matabele predator merawat luka rekan satu sarangnya, mekanisme dan rincian prosesnya masih menjadi misteri. Spesifiknya, semut ini memakan spesies rayap yang agresif, dan sekitar 22% penjelajah yang terlibat dalam serangan terhadap rayap kehilangan satu atau dua kaki sebagai hasilnya.

Ketika pekerja yang terluka dibawa kembali ke sarang, sesama pekerja dengan aktif menjilati dan merawat luka selama tiga jam pertama setelah cedera. Signifikansi intervensi sesama terbukti dengan kenyataan bahwa jika luka pekerja yang terluka tidak ditangani oleh sesama sarangnya, 90% dari mereka akan meninggal dalam waktu 24 jam setelah cedera. Meski perawatan ini krusial, mekanisme dasarnya masih menjadi tanda besar.

Penelitian lanjutan diperlukan untuk mengungkap rahasia di balik cara semut Matabele menerapkan perawatan luka dan mengapa hal ini menjadi kunci untuk kelangsungan hidup individu yang terluka. Temuan ini tidak hanya memberikan wawasan tentang perilaku sosial serangga, tetapi juga dapat membuka peluang untuk pemahaman lebih lanjut tentang perawatan luka dalam konteks evolusi dan pengembangan strategi perawatan medis yang inovatif.

4 dari 9 halaman

3. Tujuan Penelitian

“Tujuan penelitian kami adalah untuk mengidentifikasi penyebab kematian pada individu yang terluka dan mekanisme potensial yang terlibat dalam deteksi dan pengobatan cedera,” kata penulis utama Dr. Erik Frank, peneliti di Universitas Lausanne dan Universitas Würzburg. , dan rekan-rekannya. 

Penelitian mengungkap bahwa bakteri Gram-negatif Pseudomonas aeruginosa dapat menyebabkan infeksi fatal pada pekerja semut Matabele yang terluka. Mereka menyoroti bahwa infeksi luka terkait dengan perubahan khusus pada profil hidrokarbon kutikula, memungkinkan teman satu sarang untuk mendiagnosis infeksi pada individu yang terluka dan menerapkan pengobatan antimikroba yang sesuai. Selain itu, 112 senyawa kimia dan 41 protein dalam sekresi kelenjar metapleural semut diidentifikasi, dengan setengahnya memiliki sifat antimikroba atau penyembuhan luka.

Dr. Frank menyatakan bahwa analisis kimia menunjukkan perubahan pada profil hidrokarbon kutikula semut akibat infeksi luka, yang memungkinkan semut mengenali dan mendiagnosis infeksi rekan sesarang yang terluka. Mereka menerapkan senyawa antimikroba dan protein dari kelenjar metapleural untuk mengobati luka yang terinfeksi. Hasilnya, angka kematian individu yang terinfeksi menurun hingga 90%.

Menurut Dr. Laurent Keller dari Universitas Lausanne, penemuan ini memiliki dampak medis signifikan karena Pseudomonas aeruginosa, patogen utama pada luka semut, juga menjadi penyebab utama infeksi pada manusia. Beberapa strain bakteri ini bahkan telah menunjukkan resistensi terhadap antibiotik. Implikasi kesehatan global menjadi fokus utama, menggarisbawahi urgensi untuk memahami dan menerapkan temuan pada semut dalam pengembangan strategi baru dalam mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri resisten antibiotik pada manusia.

5 dari 9 halaman

Question and Answer

1. Siapa nenek moyang semut? 

Asal usul semut dapat ditelusuri hingga pada nenek moyang tawon vespoid pada zaman Cretaceous, dan perkembangan mereka terjadi setelah munculnya tanaman berbunga.

6 dari 9 halaman

2. Berapa jumlah mata semut?

Sebagian besar semut memiliki dua mata majemuk yang besar dan satu pasang mata sederhana dengan banyak omatidia (segi mata) ocelli yang berfungsi untuk mendeteksi cahaya dan bayangan. Selain itu, semut juga dilengkapi dengan dua antena yang mereka gunakan untuk mengenali pasangan sarang dan mendeteksi keberadaan musuh.

7 dari 9 halaman

3. 1 koloni semut ada berapa?

Rata-rata, satu koloni semut mengandung antara 100.000 hingga 500.000 pekerja dan ratu bersayap. Ratu semut memiliki umur hingga 7 tahun atau lebih, sementara semut pekerja biasanya hidup sekitar 5 minggu.

8 dari 9 halaman

4. Berapa usia semut paling lama?

Salah satu fakta unik tentang semut adalah sebagian besar semut yang terlihat berbaris adalah betina, dan ratu semut dapat hidup hingga 30 tahun. Semut pekerja, yang juga didominasi oleh betina, memiliki masa hidup sekitar satu tahun, sedangkan semut jantan hanya bertahan selama satu minggu.

9 dari 9 halaman

5. Pertanda apa jika banyak semut di rumah?

Apabila banyak semut berkumpul di dalam rumah, dapat diartikan sebagai pertanda bahwa rezeki sedang datang. Semut biasanya mendatangi tempat-tempat yang kaya akan makanan, sehingga keberadaan mereka dapat dianggap sebagai isyarat adanya berkah rezeki dalam rumah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat