uefau17.com

8 Tanaman Hias Ini Dapat Bantu Anda Mengurangi Stres, Salah Satunya Lavender - Citizen6

, Jakarta - Kita semua tahu bagaimana stres bisa terasa menguras energi dan membuat Anda sama sekali tidak berenergi. Namun, sesuatu yang sederhana seperti memiliki tanaman di rumah Anda rupanya dapat mengurangi stres tersebut. Itu karena tanah pada tanaman mengandung “outdoorphins” yang merupakan antidepresan alami. 

Dengan cara ini, tanaman rumah biasa apa pun dapat meredakan ketegangan otot dan aktivitas jantung yang meningkat. Dilansir dari Brightside, Jumat (26/3/2023), berikut ini deretan tanaman hias yang dapat membantu meredakan stres Anda:

1. Lavender

Lavender dikenal karena aromanya yang harum dan warna ungunya yang indah. Memiliki tanaman ini di rumah Anda dapat membuat mood Anda lebih baik dan juga membantu Anda tidur lebih mudah.

Aromanya memiliki sifat penenang yang akan membantu mengurangi stres yang mungkin membuat Anda terjaga di malam hari.

2. Lidah mertua

Rumah kita dipenuhi dengan polutan beracun yang berdampak negatif pada suasana hati, tidur, dan energi kita. Di sinilah lidah mertua atau yang juga disebut snake plant berguna, karena membantu menyerap polutan ini dan membantu Anda tidur nyenyak.

Perawatannya juga tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk menjaganya tetap hidup.

3. Krisan

Selain ditemukan dalam berbagai warna dan sangat cantik, bunga ini memiliki sifat anti-stres yang luar biasa. Telah ditemukan bahwa itu mengurangi gejala kekhawatiran pada orang, terutama ketika mereka meminumnya sebagai teh, itu membuat seluruh tubuh rileks.

Tidak ada yang lebih bermanfaat daripada bangun setiap hari dan melihat serta mencium tanaman yang luar biasa ini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. English ivy

Hal paling positif tentang tanaman ini adalah menjauhkan penyakit yang ditularkan melalui udara dan karenanya membantu mengatasi alergi. Ini juga mengurangi sakit kepala dan menghilangkan stres, membuat tidur Anda jauh lebih mudah dari sebelumnya.

Selain itu, jika Anda mengalami asma, Anda mungkin melihat perubahan positif karena cenderung menenangkan suasana di sekitarnya.

5. Kemangi 

Banyak orang menyimpan tanaman kemangi sepanjang tahun di dekat dapur mereka untuk digunakan saat memasak. Namun, ini bukan satu-satunya kegunaannya, karena kemangi memiliki sifat anti-stres yang luar biasa yang akan membantu mengatasi kecemasan Anda.

Dikatakan juga bahwa, sebagai adaptogen, itu dapat meningkatkan kejernihan mental Anda yang selanjutnya meningkatkan mood Anda dan menurunkan tingkat stres Anda.

3 dari 4 halaman

6. Peppermint

Terkadang, sesuatu yang sederhana seperti wewangian alami dapat mengangkat suasana hati Anda lebih dari yang pernah Anda bayangkan. Ini adalah kasus dengan peppermint, yang mengandung mentol dan mampu menurunkan tingkat stres Anda dan memberi Anda energi.

Anda bisa memelihara tanaman ini di rumah atau di tempat kerja karena biasanya berukuran kecil dan tidak akan ada yang mengeluhkan aromanya.

7. Lidah buaya

Tanaman ini sangat mudah tumbuh di dalam dan di luar rumah Anda, dan sifat anti-peradangannya adalah alasan utama mengapa Anda harus melakukan ini. Ini juga memurnikan udara dari polutan berbahaya, yang akan membantu mengurangi stres dan kecemasan Anda.

Dan seperti halnya tanaman ular, lidah buaya tidak membutuhkan terlalu banyak perawatan dari Anda.

4 dari 4 halaman

8. Palem

Tumbuhan lain yang membersihkan udara yang kita hirup dan membantu kecemasan kita adalah pohon palem. Terlihat sangat mewah dan cantik sehingga Anda bisa menyimpannya di rumah dan di kantor.

Kemampuan pemurni udaranya akan membuat udara tetap segar untuk Anda dan karenanya membuat suasana hati Anda secara keseluruhan menjadi lebih baik.

Sekali lagi, ini adalah tanaman lain yang tidak membutuhkan banyak perhatian untuk bertahan hidup, jadi Anda bisa membiarkannya sendiri untuk beberapa waktu.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat