uefau17.com

5 Dampak Buruk Bagi Tubuh Jika Terlalu Lama Bermain Ponsel - Citizen6

, Jakarta - Sebagian besar dari kita menghabiskan waktu dengan bermain ponsel. Saat dunia semakin bergantung pada teknologi, hidup kita juga mulai berputar di sekitar ponselmu.

Meskipun ada banyak cara di mana ponsel telah membuat hidup kita jauh lebih mudah, tapi ada banyak efek negatif yang bisa ditimbulkan saat bermain ponsel secara berlebihan pada tubuh dan pikiranmu.

Oleh karena itu, ketahui apa yang akan terjadi pada tubuh jika terlalu banyak bermain ponsel, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (17/1/2023).

1. Mengalami masalah pencernaan

Salah satu efek paling umum dari terlalu lama bermain ponsel adalah masalah pencernaan. Menurut penelitian, saluran GI dan otak kita berkomunikasi satu sama lain melalui "sumbu otak-usus."

Sumbu ini difasilitasi oleh sel-sel dalam tubuh kita, itulah sebabnya setiap kali kita mengalami lebih sedikit aktivitas fisik dan tetap duduk sambil bermain ponsel, koneksi otak usus ini akan terpengaruh.

Hasilnya adalah kram, sembelit, sakit perut dan buang air besar.

2. Gigi kurang sehat

Semakin banyak waktu yang kita habiskan untuk ponsel, semakin tidak sehat gigi kita. Ini karena terpaku pada layar sebagian besar waktu menghasilkan peningkatan ngemil, dan mengunyah makanan yang tidak sehat, seperti soda, camilan manis dan keripik, yang bisa berdampak negatif bagi kesehatan mulutmu.

Lagi pula, jika tangan kita tidak sibuk, secara tidak sadar kita mulai ngemil dan merusak gigi kita tanpa berpikir.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menyebabkan obesitas

Ketika kita menghabiskan begitu banyak waktu menonton televisi atau bermain ponsel, kita berisiko lebih besar mengalami obesitas.

Tidak hanya lebih mudah makan makanan tidak sehat sambil menonton TV, tapi banyak iklan makanan tidak sehat menargetkan anak-anak yang rentan.

Banyak penelitian telah menunjukkan hubungan langsung antara waktu bermain ponsel yang lama dan peningkatan obesitas.

Anak-anak bisa berisiko mengalami obesitas pada masa kanak-kanak karena kurangnya aktivitas fisik dan lebih banyak ngemil bisa berdampak pada kesehatan mereka.

4. Penilaian emosional bisa melemah

Lebih banyak waktu bermain ponsel tidak hanya membuat kita kurang bersosialisasi, karena kita tidak berinteraksi langsung dengan orang lain. Tapi, keterasingan dari orang lain ini juga bisa mengganggu penilaian emosional kita.

Ini terutama terjadi pada anak-anak yang kehilangan interaksi kehidupan nyata, dan mereka bisa mengembangkan kecenderungan anti-sosial.

Satu kekhawatiran besar adalah bagaimana hal ini bisa mengekspos mereka ke media kekerasan dan membuat mereka tidak peka.

Penilaian emosional kita diubah secara permanen dari lebih banyak waktu bermain ponsel.

3 dari 3 halaman

5. Menyebabkan sakit punggung dan leher yang parah

Postur tubuh yang buruk bisa menjadi salah satu efek terburuk dari terlalu banyak bermain ponsel, karena kita tetap membungkuk untuk waktu yang lama tanpa menyadarinya.

Hal ini bisa menyebabkan sakit leher dan punggung yang parah karena terus-menerus membungkuk saat bermain ponsel.

Alasan mengapa hal ini terjadi adalah ketika kita melihat ke bawah, tekanan yang tidak wajar diletakkan di leher kita, dan tulang belakang kita ditempatkan pada posisi yang tidak wajar.

Ini juga bisa menyebabkan cedera stres yang disebut sindrom text neck.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat