uefau17.com

Sambut Imlek, Intip 6 Rekomendasi Wisata Pecinan di Indonesia - Citizen6

, Jakarta - Tahun Baru Imlek 2574 tinggal menghitung hari. Di Indonesia sendiri, serba-serbi Imlek pun sudah banyak terpampang baik di jalan raya, pusat perelanjaan, restoran, hingga perkantoran.

Selain itu, hari libur Imlek juga dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berwisata bersama keluarga. Nah, salah satu destinasi wisata yang cocok untuk menikmati libur Imlek adalah pecinan atau China Town.

Kawasan pecinan merupakan kawasan yang lekat dengan tradisi China. Biasanya, pecinan akan ramai di momen hari raya Imlek karena ada banyak hal menarik yang dapat disaksikan di sana.

Mulai dari pertunjukan barongsai, pesta lampion, hingga pameran kuliner khas Tionghoa. Di momen ini, kawasan pecinan juga menjadi terang benderang karena lampion dan hiasan yang begitu cantik.

Tak perlu bingung, kawasan pecinan sudah tersebar di sejumlah daerah di Indonesia, lho! Mulai dari Jakarta hingga Surabaya, Jawa Timur bisa Anda pilih sebagai destinasi wisata menyambut Tahun Baru Imlek yang sayang untuk dilewatkan.

Berikut ini rekomendasi destinasi wisata pecinan di Indonesia yang rangkum dari berbagai sumber. Selain menyenangkan untuk merayakan Imlek, Anda juga bisa berfoto di spot-spot Instagramable:

1. Petak Enam

Pecinan yang satu ini merupakan destinasi wisata kuliner yang terletak di Gedung Chandra, Jalan Pancoran Nomor 43, Glodok, Jakarta Barat. Petak Enam mengusung konsep food court dengan beragam menu khas Tiongkok, Barat, dan Nusantara.

Yang menarik, bangunan Petak Ena memiliki desain dan arsitektur bernuansa China lengkap dengan hiasan lampion serta ornamen khas negeri Tirai Bambu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pantjoran PIK

Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) saat ini memang sedang viral. Salah satu yang ramai dikunjungi adalah Pantjoran PIK. Pantjoran PIK merupakan pusat kuliner yang juga menghadrikan spot foto unik dan menarik.

Tempat ini berlokasi di Golf Island, Pantai Indah Kapuk 2 yang resmi dibuka pada Jumat 20 Novermber 2020. Di sini, Anda akan menemukan gapura ikonik dengan desain khas negeri China dan berbagai mural artistik yang bercerita tentang aktivitas warga China.

Selain itu, Pantjoran PIK juga menyediakan sekitar 80 tenant makanan. Anda dijamin puas berwisata kuliner bersama keluarga.

3. Gang Gloria, Glodok

Pada masa jayanya, sejumlah restoran di Gang Gloria menjadi tempat jajanan favorit masyarakat setempat. Nama Kopi Es Tak Kie, Bakmi Amoy, barber shop ko Tang, Gado-Gado Direktur, hingga Soto Betawi Afung adalah bagian dari substreet ini.

Lokasi gang ini memanjang di bekas pertokoan Gloria yang kini menjadi Pancoran China Town Point. Panjangnya dari tepi Jalan Pancoran menuju Pintu Besar mencapai 120 meter. Untuk jenis makanannya, kamu dapat menemukan beragam hidangan halal untuk Muslim dan makanan non-halal khas Negeri Tirai Bambu.

3 dari 4 halaman

4. Suryakencana, Bogor

Jika Anda ingin melipir sedikit dari Jakarta, Anda bisa memilih wisata pecinan yang satu ini. Ya, kawasan Jalan Suryakencana merupakan China Town-nya Bogor yang sangat populer sejak lama.

Di Suryakencana, ada banyak street food yang enak-enak. Mulai dari Chinese food hingga masakan nusantara. Salah satu kuliner yang wajib Anda coba adalah soto kuning Bogor.

5. Kya-Kya, Surabaya

Wisata Pecinan Kya-Kya terletak di Jalan Kembang Jepun, Surabaya, Jawa Timur. Kawasan yang sempat ditutup beberapa waktu lalu ini resmi dibuka kembali pada 10 September 2022 lalu.

Di kawasan ini, Anda bisa berwisata kuliner dan menikmati jajanan khas Tionghoa dan street food nusantara lainnya. Bahkan, artis sekaligus istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Arumi Bachsin sengaja mengajak anak-anaknya berwisata kuliner di Kya-Kya beberapa waktu lalu. Momen itu ia abadikan dengan penuh suka cita di kanal Youtube pribadinya.

4 dari 4 halaman

6. Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang

Tak hanya di Surabaya, Kota Semarang juga memiliki destinasi wisata pecinan yang tak kalah menarik. Kelenteng Sam Poo Kong terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya kota Semarang, Jawa Tengah.

Di kawasan ini, Anda bisa menikmati banyak hal bersama keluarga. Pertunjukan budaya sampai dengan beragam makanan bisa Anda nikmati.

Tak hanya itu, bangunan-bangunan yang ada di dalam kawasan ini memiliki arsitektur yang unik dan sayang untuk dilewatkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat