uefau17.com

Tanpa Obat, Ini Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi - Citizen6

, Jakarta - Anda bisa mencoba berbagi cara untuk mengatasi kolesterol tinggi. Perubahan gaya hidup seperti mengikuti pola makan yang menyehatkan jantung dan berolahraga dapat membantu.

Kolesterol adalah zat lemak yang bergerak melalui tubuh Anda dalam darah. Tubuhmu membutuhkan sejumlah kolesterol untuk membangun sel-sel sehat dan membuat hormon. 

Tetapi jika Anda memiliki terlalu banyak jenis kolesterol tertentu, kolesterol tersebut akan terkumpul di dalam arteri dan menghambat aliran darah.

Kolesterol terbagi dua jenis, Kolesterol low-density lipoprotein (LDL): Ini adalah jenis kolesterol tidak sehat yang menumpuk di dalam arterimu.

Sementara itu, Kolesterol high-density lipoprotein (HDL): Ini adalah jenis kolesterol sehat yang membantu membersihkan kolesterol LDL dari darahmu.

Memiliki kolesterol LDL tinggi yang tidak diobati dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. 

Berikut beberapa tips untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi, seperti melansir dari Healthline, Sabtu (29/6/2024).

1. Ubah pola makan

Membuat sedikit perubahan pada pola makan Anda dapat membantu menurunkan jumlah kolesterol Anda ke tingkat yang sehat.

Hindari atau batasi makanan yang mengandung lemak jenis ini: Lemak jenuh: Produk hewani dapat meningkatkan kolesterol LDL. Daging merah, produk susu berlemak utuh, telur, dan minyak nabati seperti minyak sawit dan kelapa semuanya mengandung lemak jenuh yang tinggi.

Lalu lemak trans, produsen menghasilkan lemak buatan ini melalui proses kimia yang mengubah minyak nabati cair menjadi padat. 

Produsen menghasilkan lemak buatan ini melalui proses kimia yang mengubah minyak nabati cair menjadi padat. Makanan ini termasuk: gorengan, donat, kue, biskuit dan pizza.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan penurun kolesterol

Makanan tertentu bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Makanan tersebut antara lain:

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Alpukat
  • Kacang polong
  • Minyak sehat, seperti bunga matahari, safflower, alpukat, dan minyak zaitun
  • Ikan berlemak, seperti salmon, mackerel dan herring
  • Kedelai
  • Buah-buahan, seperti apel, pir, dan beri
  • Produk yang diperkaya dengan sterol dan stanol, seperti jus jeruk

 

3 dari 4 halaman

2. Menjadi lebih aktif

 

Jalan cepat atau bersepeda setiap hari dapat meningkatkan kolesterol HDL Anda, yang membantu menghilangkan kelebihan kolesterol LDL dari aliran darahmu. Usahakan melakukan latihan aerobik intensitas sedang minimal 30 menit, 5 hari seminggu.

Kelebihan lemak di sekitar bagian tengah tubuh dapat meningkatkan kolesterol LDL dan menurunkan kolesterol HDL. 

Jika ini tepat untuk Anda, menurunkan 5–10% saja dari total berat badan Anda dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung.

Nutrisi yang lebih baik dan olahraga teratur dapat membantu Anda menurunkan berat badan berlebih.

4 dari 4 halaman

3. Berhenti merokok

 

Selain meningkatkan risiko kanker dan penyakit paru obstruktif kronik (COPD), merokok dapat berdampak negatif pada kadar kolesterol Anda. Orang yang merokok cenderung mempunyai kolesterol total tinggi, LDL tinggi, dan HDL rendah.

Berhenti merokok memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, namun Anda mempunyai banyak pilihan jika Anda merokok dan ingin berhenti.

Jika Anda sudah mencoba beberapa metode namun tidak berhasil atau jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, mintalah dokter Anda untuk merekomendasikan strategi baru untuk membantu Anda berhenti merokok.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat