uefau17.com

4 Jenis Makanan Penambah Berat Badan, Bikin Tubuh Sehat Berisi - Citizen6

, Jakarta - Individu bisa menambah berat badan dengan berbagai cara. Metode paling sederhana adalah meningkatkan asupan kalori secara keseluruhan sambil berfokus pada kelompok makanan yang dikonsumsi.

Individu yang secara khusus ingin menambah otot dapat menggabungkan asupan kalori yang lebih tinggi dengan protein dan olahraga yang cukup.

Individu yang ingin menambah berat badan dengan cepat harus terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter. Dalam beberapa kasus, kesulitan menambah berat badan atau penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dapat menandakan kondisi kesehatan mendasar yang serius yang membutuhkan perawatan medis.

Melansir dari Medical New Today, Selasa (6/12/2022), berikut jenis makanan untuk penambah berat badan.

1. Protein

Asupan protein yang memadai penting bagi setiap individu, karena membantu pertumbuhan dan pemeliharaan otot. Beberapa protein yang baik dikonsumsi di antaranya:

  • Salmon

Salmon adalah sumber protein dan lemak sehat, termasuk asam lemak omega-3, yang membantu mendukung kesehatan otak dan mata.

  • Telur

Telur mengandung protein dan lemak sehat yang tinggi. Mereka juga kaya akan kolin, nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan otak dan memainkan peran penting dalam perkembangan janin.

  • Protein shake

Protein shake bisa menjadi cara yang nyaman untuk meningkatkan asupan protein tanpa makan lebih banyak makanan utuh. Protein shake juga dapat berguna bagi orang-orang yang vegetarian atau vegan dan mereka yang perlu menambah berat badan tetapi tidak memiliki nafsu makan yang besar.

  • Suplemen protein

Individu dapat menambahkan banyak makanan yang diperkaya protein ke dalam pola makan mereka sebagai cara untuk mendapatkan protein ekstra. Contohnya termasuk protein bar dan minuman.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Karbohidrat

Karbohidrat adalah nutrisi yang digunakan tubuh untuk energi, sehingga sangat penting untuk menetukan asupan karbohidrat dalam tubuh seperti:

  • Nasi

Beras mengandung karbohidrat tinggi. Misalnya, beras merah menyediakan 76,2 gram dalam porsi 100 g. Jenis beras ini lebih tinggi protein daripada beberapa jenis beras lainnya. Porsi 100 g juga mengandung 357 kalori.

  • Roti Gandum Utuh

Roti gandum utuh mengandung karbohidrat kompleks dan lebih tinggi protein daripada roti biasa. Kalian dapat meningkatkan nilai kalori roti dengan menaburkannya dengan makanan kaya protein, seperti selai kacang atau alpukat. 

  • Buah-buahan Kering

Buah-buahan kering mengandung fruktosa, yang merupakan gula dalam buah. Mereka berguna sebagai pemanis alami dan cara meningkatkan kandungan kalori makanan.

  • Cokelat Hitam

Cokelat berasal dari biji kakao, yang tinggi karbohidrat. Dibandingkan dengan cokelat susu, cokelat hitam mengandung lebih sedikit gula dan kandungan kakao yang lebih tinggi.

Kalian juga bisa menambahkan banyak sumber karbohidrat lain ke dalam makanan mangkuk, termasuk:

  • Kentang
  • Pasta
  • Labu
  • Jagung
  • Polong-polongan, seperti kacang-kacangan dan buncis
3 dari 4 halaman

3. Produk Susu

Banyak produk susu yang padat kalori, dan mungkin juga mengandung nutrisi yang bermanfaat, seperti protein dan kalsium.

  • Susu

Susu adalah makanan padat kalori yang kaya akan kalsium, karbohidrat, dan protein. Secangkir susu menyediakan sekitar 122 kalori. Kandungan protein susu menjadikannya pilihan yang baik bagi orang yang mencoba membangun otot, sedangkan kalsium membuatnya berguna bagi orang yang peduli dengan kepadatan tulang atau osteoporosis.

  • Keju

Keju adalah produk susu lain yang tinggi kalori. Keju juga mengandung protein dan kalsium. Kandungan nutrisi yang tepat akan tergantung pada jenis keju.

  • Yogurt

Yogurt penuh lemak adalah sumber kalori dan protein yang baik. Yang terbaik adalah memilih yogurt plain daripada yogurt berasa, karena ini bisa tinggi gula.

4 dari 4 halaman

4. Lemak tak Jenuh

Dalam jumlah sedang, lemak tak jenuh bermanfaat bagi kesehatan, membantu meningkatkan kolesterol sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Lemak ini juga sangat tinggi kalori, membuatnya menjadi tambahan yang baik untuk diet apa pun untuk menambah berat badan.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun padat kalori dan tinggi lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan jenis lemak tak jenuh. Satu porsi minyak zaitun 15 mililiter atau sekitar satu sendok makan mengandung sekitar 120 kalori, jadi hanya sedikit per hari dapat meningkatkan asupan kalori, serta menambah rasa pada salad, pasta, dan hidangan lainnya.

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Banyak kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik, dan mereka juga menyediakan banyak kalori. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga bisa mengandung lemak jenuh, jadi yang terbaik adalah mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

  • Alpukat

Alpukat dan minyak alpukat adalah sumber alami lemak tak jenuh. Alpukat utuh juga kaya vitamin dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat