uefau17.com

10 Hiu Laut Dalam yang Jarang Dilihat Manusia, Monster Mengerikan Paling Ditakuti - Citizen6

, Malang Hiu adalah salah satu predator ganas yang hidup di lautan. Dari beragam jenis hiu, banyak yang menghuni laut dalam dan jarang terlihat oleh manusia. Hiu-hiu yang hidup di kedalaman ini memiliki ciri khas tersendiri! Mereka tinggal di bawah ribuan kilometer kedalaman laut, menjadikan mereka spesies yang sangat tidak lazim dan primitif.

Karena habitatnya yang terpencil di lautan dalam, jenis-jenis hiu ini jarang berinteraksi dengan manusia, bahkan mungkin ada banyak hiu yang belum pernah ditemui sama sekali. Hiu-hiu yang hidup pada kedalaman 384 kaki dianggap sebagai hiu laut dalam, meskipun ada beberapa yang hidup jauh lebih dalam. Berikut ini adalah beberapa contoh hiu laut dalam yang jarang terlihat manusia, dikumpulkan dari berbagai sumber pada Ju'mat (05/07/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

Hiu Goblin

Hiu goblin, sering disebut sebagai "fosil hidup," adalah satu-satunya anggota keluarga Mitsukurinidae yang masih ada sejak jutaan tahun lalu.

Mereka memiliki moncong panjang dan rata serta rahang yang dapat memanjang hingga ujung moncong saat makan, memberikan penampilan mirip goblin. Hiu Goblin biasanya berukuran 10-13 kaki dan hidup di lautan besar pada kedalaman 900 hingga 4.300 kaki. Mereka adalah perenang lambat dan predator penyergap yang memakan cumi-cumi dan ikan ekor tikus.

3 dari 16 halaman

Hiu Bluntnose Sixgill

Dikenal sebagai hiu sapi, hiu sixgill tumpul adalah hiu primitif yang lebih mirip hiu punah daripada hiu hidup saat ini. Moncongnya lebar dan tumpul, dengan warna cokelat atau hitam, dan panjangnya bisa mencapai 20 kaki.

Hiu ini memiliki enam pasang celah insang, bukan lima seperti kebanyakan hiu. Mereka hidup di Atlantik, Hindia, dan Pasifik dekat dasar laut, pada kedalaman antara 590 hingga 3.600 kaki, dan kadang-kadang mencapai 8.000 kaki.

4 dari 16 halaman

Hiu Greenland

Hiu Greenland mampu bertahan hidup di kedalaman yang tak terbayangkan dan memiliki umur terpanjang di antara semua hiu, diperkirakan mencapai 250-500 tahun. Hiu ini memiliki panjang sekitar 21 kaki, dengan moncong pendek dan bulat.

Hiu Greenland memiliki sirip punggung dan sirip dada yang relatif kecil untuk ukurannya. Hiu Greenland mendiami perairan Arktik dan sub-Arktik di Samudra Atlantik Utara dan Arktik, sering kali di wilayah-wilayah terdalam di lautan. Mereka terlihat hidup hingga kedalaman 7.200 kaki. Hiu ini bermigrasi setiap tahun, berpindah ke perairan dangkal selama musim dingin dan kembali ke perairan dalam selama musim panas.

5 dari 16 halaman

Hiu Cookiecutter

Hiu pemotong kue adalah hiu terkecil, berukuran 16-22 inci, berwarna coklat tua dengan photophores di bagian bawahnya yang bersinar. Mereka hidup di air hangat global hingga kedalaman 12.100 kaki, biasanya aktif di bawah 3.200 kaki.

Biasanya, hiu ini akan naik ke kedalaman dangkal pada malam hari. Hiu ini membuat lubang dalam pada mangsanya dengan gigitannya, memungkinkan mereka memangsa hewan yang lebih besar. Mereka juga terkadang merusak kapal selam dengan menggigitnya, merusak sisi dan kabel sonar.

6 dari 16 halaman

Hiu Berjumbai

Hiu berjumbai, yang dinamai demikian karena celah insangnya yang seperti pohon, memiliki tubuh berbentuk belut berwarna coklat tua dan panjang mencapai 6,6 kaki.

Mereka memakan berbagai jenis mangsa seperti hiu kecil, ikan bertulang, cumi-cumi, dan gurita dengan cara menyerang dan menelannya utuh. Hiu berjumbai biasanya ditemukan di lereng atas benua di samudra Atlantik dan Pasifik, hidup di perairan dengan kedalaman hingga 3.900 kaki. Namun, me

7 dari 16 halaman

Hiu Kucing

Hiu bengkak, atau hiu kucing, adalah spesies unik yang hidup di Samudera Pasifik, dari California hingga Meksiko bagian selatan. Mereka dapat ditemukan di kedalaman hingga 1.500 kaki, bersembunyi di celah-celah batu sepanjang hari.

Meskipun kecil dengan panjang maksimal 43 inci, hiu ini memiliki mekanisme pertahanan unik: mereka dapat memasukkan ekor mereka ke dalam mulut mereka dan menyedot air, membuat perut mereka membesar hingga dua kali lipat, yang membuat mereka lebih sulit diserang oleh predator.

8 dari 16 halaman

Hiu Megamouth

Hiu mulut besar, ditemukan pertama kali pada tahun 1976, hidup di kedalaman laut yang sangat dalam sehingga jarang terlihat manusia. Mereka, seperti hiu penjemur dan hiu paus, adalah pemakan filter yang utama memakan plankton.

Hiu ini memiliki mulut yang luas dengan gigi-gigi kecil. Berwarna hitam kecoklatan di bagian atas dan putih di bagian bawah, mereka bisa mencapai panjang hingga 18 kaki dan tersebar di seluruh dunia, hidup hingga kedalaman 3.280 kaki. Seperti hewan laut dalam lainnya, mereka menghabiskan hari di kedalaman terdalam dan naik ke permukaan pada malam hari untuk mencari makan.

9 dari 16 halaman

Hiu Dogfish Portugis

Dogfish Portugis adalah hiu laut dalam yang hidup di kedalaman 12.057 kaki, tersebar luas di seluruh dunia dan sering ditemukan di dasar laut terdalam. Mereka berukuran sekitar 3 kaki, berwarna coklat tua dengan moncong bulat dan pipih serta duri kecil di depan sirip punggungnya. Dogfish Portugis biasanya tidur dan memakan cephalopoda, ikan bertulang, serta kadang-kadang hiu lainnya.

10 dari 16 halaman

Hiu Lentera Ninja

Hiu lentera ninja, spesies baru hiu laut dalam yang ditemukan pada tahun 2010, tersebar di lereng benua di Samudra Pasifik bagian timur pada kedalaman 2.740 hingga 4.735 kaki.

Meskipun kecil dengan panjang kurang dari 20 inci, hiu ini berwarna hitam dengan tanda putih di sekitar mulutnya dan mampu bercahaya untuk kamuflase dan menarik mangsa. Di perairan dangkal, perut bercahayanya mirip sinar matahari yang disaring dari atas untuk mengelabui predator, sementara di kedalaman laut terdalam, cahayanya menarik mangsa kecil kepada mereka.

11 dari 16 halaman

Hiu Kitefin

Hiu kitefin adalah hiu bercahaya lainnya yang tersebar di perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia dekat dasar laut. Mereka biasanya hidup di kedalaman antara 660 hingga 2.000 kaki, meskipun ada yang ditemukan hingga 5.900 kaki.

Hiu kitefin memiliki moncong pendek dan bulat dengan panjang rata-rata sekitar 4 kaki. Mereka memiliki sirip layang yang mirip dengan pisau pemotong, memungkinkan mereka untuk menangkap mangsa yang jauh lebih besar, termasuk paus. Mangsa mereka meliputi hiu kecil, skate, dan ikan bertulang.

12 dari 16 halaman

Hiu Apa yang paling Menakutkan?

Hiu Mako dengan sirip pendek, hiu yang menakutkan dengan panjang rata-rata 6 hingga 7 kaki dan berat mencapai 300 pon, bergantung pada penciuman, pendengaran, dan penglihatannya untuk berburu mangsa.

13 dari 16 halaman

Ikan Hiu Hidup di Kedalaman Berapa?

Iya, ada. Hewan-hewan seperti ikan pari, kelelawar, rumah terbang, hingga ular memiliki kemampuan terbang yang sama seperti burung.

14 dari 16 halaman

Dimanakah Ikan Hiu Hidup?

Habitat hiu sangat beragam, seperti variasi spesiesnya. Secara umum, jawaban atas pertanyaan "di mana hiu tinggal?" adalah di dalam air. Beberapa jenis, seperti hiu putih besar, lebih memilih perairan dingin, sementara yang lain, seperti hiu paus, cenderung tinggal di perairan hangat.

15 dari 16 halaman

Hiu Apa yang Paling Berbahaya di Dunia?

Hampir berlawanan dengan hiu martil, hiu sirip putih samudera (Carcharhinus longimanus) cenderung agresif terhadap manusia, dan dikenal sangat berbahaya saat sedang makan. Jacques Cousteau menyebutnya sebagai "hiu paling berbahaya".

16 dari 16 halaman

Apakah Hiu Terganas Ada di Indonesia?

Deretan Hiu Paling Ganas di Perairan Indonesia, termasuk Hiu Banteng dan Hiu Koboy, seperti dilaporkan oleh National Geographic. Hiu macan, yang bisa mencapai panjang 4,5 meter dan berbobot hingga 635 kilogram, mampu memangsa sapi laut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat