uefau17.com

Rambut Rontok, Coba Atasi dengan 4 Jus Kaya Nutrisi Ini - Citizen6

, Jakarta - Apakah kamu sedang berjuang melawan rambut rontok? Taktik pemasaran modern membuat orang percaya bahwa mereka perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli berbagai produk untuk mengatasi kerontokan rambut. 

Penyebab kerontokan rambut bersifat multifaktorial. Namun, pondasi pertumbuhan rambut sangat berkaitan dengan apa yang dikonsumsi seseorang. Para ahli kulit atau dermatolog percaya bahwa salah satu penyebab utama kerontokan atau kerontokan rambut adalah kekurangan nutrisi.

Mengutip Health Shots, Rabu (2/11/2022), menurut dokter kulit, Dr Apratim Goel, makanan yang seimbang dengan asupan suplemen nutrisi yang seimbang adalah kunci pertumbuhan rambut yang sehat.

Suplementasi zat besi akan meningkatkan pertumbuhan rambut. Jika kadar zat besi Anda rendah, silakan hubungi dokter untuk memeriksa apakah Anda memerlukan obat juga.

Anda juga dapat mengonsultasikan perihal kerontokan rambut dengan dokter untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lain seperti kondisi medis. Misalnya terkait masalah tiroid, ketidakseimbangan hormon, dan lain-lain.

Terdapat beberapa cara alami untuk pertumbuhan rambut yang telah dijelaskan oleh Dr Goel, yaitu dengan mengonsumsi beberapa jus. Anda dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan memasukkan beberapa nutrisi terbaik yang dikemas ke dalam jus.

Berikut adalah beberapa nutrisi dan jus terbaik yang dapat Anda konsumsi yang akan membuat Anda keluar dari kesengsaraan dan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Jus Kaya Zat Besi

Dr Goel mengatakan bahwa salah satu alasan utama wanita mengalami kerontokan rambut adalah karena kekurangan zat besi atau anemia. Berikut beberapa sayuran dan buah-buahan kaya zat besi yang bisa Anda konsumsi dalam bentuk jus.

Bayam

Bayam tinggi zat besi. Bayam dapat ditambahkan ke diet perawatan rambut Anda. “Bayam juga mengandung nutrisi lain seperti potasium, magnesium, vitamin C, karotenoid, dan tembaga yang bisa membantu," katanya. 

Campurkan beberapa daun bayam menjadi jus dan dapatkan nutrisi kaya zat besi. Jika rasa bayam saja tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda bisa memadukan bayam dengan buah pilihan Anda, sarannya.

Prunes atau buah plum yang dikeringkan

Untuk yang belum berpengalaman, prunes adalah buah plum yang telah dikeringkan secara alami. Mereka lezat dan dikemas dengan banyak nutrisi. Menurut ahli, segelas jus prunes mengandung sekitar 3mg zat besi dan juga mengandung magnesium, vitamin B6 dan vitamin C.

Beetrot atau buah bit

Tambahan lain yang bagus untuk diet Anda adalah beetroot atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama umbi bit merah atau buah bit.

Beetroot mengandung berbagai nutrisi penting, di antaranya adalah tinggi akan serat, folate (vitamin B9), manganese, potassium, besi, dan vitamin C. “Beetroot dapat memompa kadar zat besi dan menghentikan kerontokan rambut,” kata Dr Goel.

3 dari 5 halaman

2. Jus Kaya Antioksidan

Studi telah menemukan bahwa antioksidan membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh Anda. Berikut beberapa jus kaya antioksidan yang bisa Anda konsumsi:

Jus amla

Buah amla memang belum banyak dikenal, tapi buah amla memililki banyak manfaat. Salah satu antioksidan terbaik untuk ditambahkan ke dalam diet Anda adalah vitamin C.

"Jus amla sarat dengan vitamin C, yang merupakan antioksidan yang melawan radikal bebas. Jus Ini akan mengurangi kerusakan sel, sehingga mendorong pertumbuhan rambut baru dan secara efektif mengendalikan kerontokan rambut,” kata Dr Goel, memberikan penjelasan. 

Jus timun

“Jus mentimun juga kaya antioksidan dan memberi nutrisi pada folikel rambut. Pada dasarnya, itu membuat rambut Anda terasa enak dari permukaan," katanya. 

Yang harus Anda lakukan adalah mencampurkan beberapa potong mentimun dengan air, daun mint dan jus lemon untuk mendapatkan jus yang kaya antioksidan untuk pertumbuhan rambut.

4 dari 5 halaman

3. Jus Kaya Vitamin A

Tahukah Anda bahwa vitamin A penting untuk pertumbuhan sel-sel yang membantu pertumbuhan rambut. Tambahkan jus yang kaya vitamin A ini ke dalam diet Anda:

Jus wortel

Kerenyahan, penuh nutrisi dan camilan manis ini sangat cocok untuk meningkatkan kesehatan rambut. Sesuai kata ahli, "Jus wortel mengandung vitamin A dan vitamin E. Vitamin ini membantu memberikan nutrisi pada folikel dan merangsang pertumbuhan rambut."

4. Jus kaya vitamin B12 dan B9

Kedua vitamin ini cukup vital untuk pertumbuhan rambut. Dr Goel mengatakan bahwa B12 lebih sering ditemukan pada sumber hewani daripada sumber nabati. Namun, B9 (folat) hadir dalam banyak sayuran, yang akan membantu tubuh memproses B12. Folat dapat ditemukan di banyak sayuran berdaun hijau, tetapi jus berikut ini juga dapat membantu.

Jus jeruk

Jus jeruk kaya akan vitamin C dan folat (B9), jus jeruk mengandung banyak nutrisi luar biasa yang dapat membantu pertumbuhan rambut.

Jus stroberi

Sumber folat lainnya adalah stroberi. Tidak hanya kaya akan vitamin B9, tetapi juga kaya akan vitamin C, mangan, biotin, omega-3, dan potasium.

 

 

5 dari 5 halaman

5. Protein

Terakhir, protein adalah nutrisi penting lainnya untuk rambut Anda. Dr Goel menjelaskan, “Folikel rambut sebagian besar terdiri dari protein. Asupan protein yang cukup tidak hanya meningkatkan pertumbuhan rambut tetapi juga tekstur dan kualitas rambut."

Dia mengatakan, protein shake buatan sendiri adalah tambahan yang menarik untuk protein. Berikut adalah beberapa ide untuk protein shake yang lezat:

Geek Yogurt 

Greek yoghurt memiliki lebih banyak kandungan protein dari pada yoghurt biasa. Greek yoghurt dapat menjadi dasar untuk protein shake Anda, tambahkan makanan kaya protein seperti raspberry, kacang mete, pisang, dan lainnya untuk membuat protein shake.

Banana Shake

Satu porsi pisang memiliki kandungan protein sekitar 1,6 gram. Selain itu, pisang juga kaya akan serat dan karbohidrat kompleks, vitamin B6, vitamin C, dan potasium.

Pisang dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, salah satunya dengan membuat Banana Shake. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan 3/4 cangkir susu almond, 1/4 cangkir kacang mete mentah, 1 pisang ukuran sedang, 2 sendok makan gandum utuh, 1 sendok makan biji rami, 1 buah kurma kering cincang kemudian proses hingga halus.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat