uefau17.com

Menguji Performa Xiaomi Pad 6s Pro 12.4 untuk Produksi Program Live Streaming - Tekno

, Jakarta - Xiaomi menghadirkan tablet terbarunya, Xiaomi Pad 6s Pro 12.4, untuk mendukung pengguna dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari. Apakah klaim tersebut bisa dibuktikan?

Untuk melihat apakah Xiaomi Pad 6s Pro 12.4 dapat membantu produktivitas pengguna, tim Update telah menjajal tablet ini selama beberapa hari untuk membantu dalam pembuatan konten live streaming.

Menurut presenter  Update, Sheila Octarina, tablet terbaru dari Xiaomi ini banyak membantu presenter dan beberapa tim Update dalam produksi live streaming, berkat performanya yang ngebut, sehingga sanggup menjalankan aplikasi berat sekali pun.

"Selama pakai tablet ini, mau buka (aplikasi atau fitur) apapun tuh kayaknya speed-nya kenceng banget, jadi kayak enggak ada nge-lag sama sekali, meskipun menjalankan banyak aplikasi," ungkap Sheila kepada Tekno .

Tak hanya sanggup menjalankan aplikasi berat, Xiaomi Pad 6s Pro 12.4 juga mampu membuka berbagai aplikasi berat sekaligus (multitasking) tanpa kendala sedikit pun.

"Cepet banget. Eggak ada sama sekali nge-lag atau patah-patah tuh enggak ada," ucapnya.

"Misalnya kayak scroll media sosial, live TikTok gitu kan, biasanya itu butuh data yang berat gitu. Habis itu buka Instagram atau apa aja, itu nggak masalah sama sekali," Sheila menambahkan.

Kemampuan tablet Xiaomi dalam menjalankan sejumlah aplikasi secara bersamaan, semua itu berkat chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, yang terkenal memiliki kemampuan menjalankan aplikasi hingga game berat dengan lancar tanpa hambatan.

Prosesor yang ngebut itu juga didukung RAM 8GB LPDDR5X yang lebih ngebut dari RAM di kebanyakan tablet lain di pasaran, serta penyimpanan internal 256GB UFS 4.0, sehingga tablet  ini mampu menangani berbagai aplikasi berat dengan lancar.

Dengan gabungan chipset serta RAM dan sistem penyimpanan yang ngebut, performa yang dihasilkan sangat memuaskan untuk produktivitas harian.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Xiaomi Pad 6s Pro Cocok Buat Live Streaming

Untuk membantu pekerjaan live streaming, sebuah tablet profesional memerlukan kualitas layar hingga kemampuan kamera depan dan microphone yang prima.

Untuk mengakomodir kebutuhan tersebut, Xiaomi Pad 6s Pro menghadirkan layar berukuran 12.4 inch beresolusi 3K (3048 x 2032 piksel), dan kamera depan 32MP untuk memberikan pengalaman video conference yang maksimal.

Sheila pun merasakan langsung penggunaan layar dan kamera depan berkualitas yang dihadirkan tablet ini. Ia mengatakan, kedua komponen tersebut sangat membantu kebutuhannya dalam menjalankan kegiatan live streaming Update.

"Sejauh ini sih untuk layarnya, warnanya udah tajam udah cerah," ucap Sheila.

"Kamera tablet ini tuh udah jernih, terlihat di wajah gitu udah jelas dan gambarnya HD juga," Sheila menambahkan.

Ia juga mengungkapkan bahwa microphone dari Pad 6s Pro juga menghasilkan kualitas audio yang jernih, sehingga cocok untuk live streaming dan video call.

"Jelas banget, suaranya jelas dan jernih. Jadi, cocok untuk dipakai buat live streaming," imbuhnya. 

3 dari 6 halaman

Baterai Xiaomi Pad 6s Pro Sanggup Buat Kerja Seharian

Agar tablet bisa menjadi teman produktivitas, perangkat harus memiliki daya tahan baterai yang awet. Sheila mengungkapkan bahwa Xiaomi Pad 6s Pro sanggup menemani kegiatan harian tanpa perlu mengisi daya.

Bahkan, ia mengatakan selama menggunakan tablet ini untuk live streaming hingga menikmati konten hiburan seharian, baterainya tidak pernah kehabisan atau persentase dayanya masih belasan persen. 

"Awet dalam sehari tuh, apalagi kan kadang suka streaming juga, nonton gitu kan. Nah, itu awet banget ya, ngecharge-nya enggak yang harus selalu sering dalam sehari," kata Sheila.

"Paling kalau mentok ya tinggal 20 persen setelah dipakai secara terus-menerus dalam sehari," tambahnya.

Daya tahan Xiaomi Pad 6s Pro yang awet itu berkat penggunaan baterai berkapasitas 10.000 mAh, sehingga pengguna tidak perlu mengisi daya dua kali dalam sehari, meski dipakai secara intens.

4 dari 6 halaman

Makin Produktif dengan Aksesori Xiaomi Pad 6s Pro 12.4

Selama menggunakan tablet ini, Sheila merasa sangat terbantu dengan aksesori pelengkap dari Xiaomi Pad 6s Pro 12.4, yakni Xiaomi Focus Pen dan Pad 6s Pro Touchpad Keyboard Cover.

Ia mengaku kalau kedua aksesoris tersebut sangat membantu pekerjaannya, seperti mengetik hingga mengerjakan tugas selama live streaming.

"Kalau Focus Pen sendiri itu ya itu ngebantu sih, jadi tangan enggak repot lah ya pastinya gitu untuk menyentuh sesuatu, buat gambar, buat nulis skrip juga," ungkap Sheila.

"Kalau untuk keyboard-nya ya pasti ngebantu juga kalau misalnya langsung bikin report, bikin berita apa kan udah langsung tinggal ngetik aja di situ jadi cukup cocok," Sheila menambahkan.

Kedua aksesori tersebut terbukti melengkapi kemampuan Xiaomi Pad 6s Pro sebagai teman produktivitas, sehingga penggunaan tablet ini akan terasa lebih intuitif dan responsif.

5 dari 6 halaman

Bobot Bodi 590 Gram

Meski memiliki beragam kemampuan yang membantu pekerjaan, bukan berarti perangkat ini tidak memiliki kelemahan.

Sheila mengungkapkan, bobot tablet ini yang cukup berat menjadi kelemahan terbesar dari Xiaomi Pad 6s Pro 12.4.

"Tablet ini memiliki bobot yang berat. Karena kan ketika live streaming, kita harus membawa tablet tersebut di tangan ya. Itu kalau dibawa dengan satu tangan berlama-lama ya cukup banget sih," ujar Sheila.

Sebagai informasi, tablet ini memiliki berat 590 gram. Dengan bobot tersebut, penggunaan satu tangan tidak disarankan.

Sheila pun mengakui hal tersebut, ia mengatakan bahwa tablet ini cocok dipakai di meja, bebarengan dengan Touchpad Keyboard yang menopang tablet ini di meja.

"Tablet ini memang cocok untuk kalau kita taruh di meja gitu, untuk kita senderin daripada kita pegang," ia menuturkan.

6 dari 6 halaman

Xiaomi Pad 6s Pro 12.4 Cocok Buat Siapa?

Setelah memakai tablet ini selama beberapa hari, Sheila mengatakan bahwa Xiaomi Pad 6s Pro 12.4 cocok untuk berbagai profesi, seperti seorang pekerja profesional, terlebih mereka yang berkecimpung di industri media.

"Tablet ini sangat membantu bagi pekerja apalagi mereka yang bekerja di media yang selalu harus update berita, tablet ini sangat cocok sih," ucap Sheila.

Tak hanya mereka yang bekerja di media, tablet ini juga cocok buat pekerja kantoran hingga pelajar dan mahasiswa. 

"Dipakai untuk pelajar cocok banget. Ya, untuk belajar, kalau misalnya untuk Zoom sekolah, kuliah kan sekarang kayak gitu ya, itu cocok banget. Karena ada pen-nya ini, bisa nulis-nulis, bisa ngegambar, dan lainnya," klaim Sheila.

"Terus ada fasilitas keyboard-nya juga buat ngetik tugas, ngerjain PR, semua aksesori tersebut cocok dipakai oleh pelajar, anak kuliahan, hingga pekerja," Sheila memungkaskan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat