uefau17.com

Apple jadi Perusahaan Paling Berharga di Dunia Kalahkan Microsoft, Ini Penyebabnya - Tekno

, Jakarta - Apple menjadi perusahaan paling berharga di dunia, menggeser Microsoft dari posisi teratas, ketika perusahaan mengumumkan fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) 'Apple Intelligence' untuk perangkat besutannya.

Sahamnya melonjak hampir 4% ke rekor USD 215,04 (Rp 3,5 jutaan), memberikan penilaian pasar sebesar USD 3,29 triliun (lebih dari Rp 53 ribu triliun).

Sementara kapitalisasi pasar Microsoft mencapai USD 3,24 triliun (sekitar Rp 53 ribu triliun), tertinggal dari Apple untuk pertama kalinya dalam lima bulan terakhir. Demikian sebagaimana dikutip Reuters, Kamis (13/6/2024).

Lonjakan saham juga terjadi ketika National Association of Securities Dealers Automated Quotations Stock Market (Nasdaq) mencapai rekor tertinggi di tengah tanda-tanda penurunan inflasi.

Saham Apple bertambah lebih dari 7% di sesi sebelumnya, sehari setelah perusahaan tersebut meluncurkan serangkaian fitur berkemampuan AI dan peningkatan perangkat lunak untuk perangkatnya--sebuah langkah yang menurut beberapa analis akan mendorong penjualan iPhone.

Pada konferensi pengembang tahunan Apple (Worldwide Developer Conference/WWDC),  Senin (10/6/2024), para eksekutif, termasuk CEO Tim Cook, menggembar-gemborkan bagaimana asisten suara Siri dapat berinteraksi dengan pesan, email, kalender, serta aplikasi pihak ketiga.

“Semua pertanyaan tentang ketertinggalan Apple dari sudut pandang teknologi AI telah terjawab pada Konferensi Pengembang Sedunia,” kata Michael James, direktur pelaksana perdagangan ekuitas di Wedbush Securities di Los Angeles.

“Beberapa hal spesifik mengenai kemampuan AI yang akan diintegrasikan ke dalam iPhone mendatang memperjelas bahwa jelas akan ada permintaan untuk siklus peningkatan yang signifikan,” ujarnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kinerja Saham Apple Sempat Memburuk

Apple terus mengekor pesaingnya seperti Microsoft dan pemilik Google, Alphabet, dalam bidang AI. Namun, kinerja sahamnya sempat memburuk tahun ini dibandingkan dengan perusahaan sejenis.

Untungnya, beberapa kekhawatiran atas kinerja sahamnya yang lemah mereda setelah Apple menepis ekspektasi pasar untuk hasil dan perkiraan kuartalan pada bulan Mei, dan meluncurkan rencana pembelian kembali senilai USD 110 miliar.

Saham Apple telah meningkat sekitar 12% sejauh ini pada tahun 2024, sedangkan Microsoft telah bertambah sekitar 16% dan Alphabet hampir 28%.

Pemimpin chip AI Nvidia yang sempat menyalip nilai pasar Apple minggu lalu, naik sebesar 154% tahun ini. Nvidia terakhir memiliki nilai pasar USD 3,11 triliun.

Tesla adalah satu-satunya saham 'Magnificent Seven' yang bernasib lebih buruk daripada Apple tahun ini, dengan penurunan sekitar 30%.

3 dari 7 halaman

Apple Intelligence Rilis di iOS 18, iPadOS 18, dan MacOS Sequoia! Apa Itu dan Fiturnya?

Apple resmi meluncurkan teknologi AI mereka yang diberi nama Apple Intelligence.

Diumumkan dalam ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2024, Apple Intelligence adalah teknologi AI personal untuk iPhone, iPad, dan Mac.

Platform Apple Intelligence sendiri hadir dengan menggabungkan kekuatan model generatif dan konteks personal.

Lewat kombinasi ini, Apple mampu menghadirkan AI yang sangat membantu dan relevan bagi setiap pengguna.

"Kami sangat antusias untuk memperkenalkan babak baru dalam inovasi Apple," ujar Tim Cook, CEO Apple, dalam keterangan resminya.

"Apple Intelligence akan mengubah hal yang dapat pengguna lakukan dengan produk kami, dan hal yang dapat produk kami lakukan bagi pengguna," katanya.

Fitur Apple Intelligence ini dapat mengakses informasi dengan kerahasiaan, dan keamanan sangat dijaga untuk membantu pengguna melakukan hal paling penting bagi mereka.

"Ini adalah AI yang hanya dapat dihadirkan Apple, dan kami tidak sabar melihat pengguna mencoba apa yang dapat dilakukannya," ucap Tim Cook.

Fitur Utama Apple Intelligence:

  • Alat Penulisan:

Apple Intelligence menghadirkan berbagai cara baru bagi pengguna untuk meningkatkan kemampuan menulis dan berkomunikasi agar lebih efektif.

Alat Penulisan baru di tingkat sistem yang terintegrasi dalam iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia membantu pengguna menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks di mana pun mereka menulis, termasuk Mail, Notes, Pages, dan aplikasi pihak ketiga.

 

4 dari 7 halaman

Apa Saja Fitur Baru di Apple Intelligence?

  • Mail:

Apple Intelligence membuat pemantauan email menjadi lebih mudah dan efisien. Pesan Prioritas menampilkan email paling mendesak, dan Ringkasan Pesan membantu pengguna memindai pesan yang panjang.

Selain itu, ada juga Balasan Cerdas memberikan saran untuk respons cepat, Pemberitahuan Prioritas memastikan pengguna tidak melewatkan hal penting.

Kurangi Gangguan membantu pengguna tetap fokus, transkripsi panggilan memungkinkan pengguna meninjau percakapan, dan ringkasan audio memberikan poin-poin penting dari panggilan.

  • Image Playground:

Fitur ini memungkinkan pengguna membuat gambar menarik dalam hitungan detik dengan memilih dari tiga gaya: Animasi, Ilustrasi, atau Sketsa.

Image Playground mudah digunakan dan terintegrasi langsung ke dalam aplikasi termasuk Pesan.

  • Genmoji:

Genmoji memungkinkan pengguna membuat emoji orisinal untuk mengekspresikan diri dengan lebih baik.

Pengguna dapat membuat Genmoji teman dan keluarga berdasarkan foto mereka dengan hanya mengetikkan deskripsi.

Nantinya, Genmoji akan muncul dengan opsi tambahan. Pengguna dapat menambahkan genmosi dengan pesan, dibagikan sebagai stiker, atau reaksi di Tapback.

5 dari 7 halaman

Apple Intelligence di Aplikasi Bawaan iPhone dkk

  • Foto:

Apple meningkatkan pengalaman foto dan video dengan pencarian foto dan video yang lebih mudah via Apple Intelligence.

Perusahaan juga memperkenalkan alat Pembersih untuk menghapus objek yang mengganggu, dan Memori untuk membuat cerita secara otomatis.

  • Siri:

Asisten virtual milik Apple ini akan menjadi lebih terintegrasi ke dalam pengalaman sistem dengan kemampuan pemahaman bahasa lebih kaya, dukungan perangkat, kesadaran layar, dan ratusan tindakan baru.

Siri juga dapat memanfaatkan keahlian ChatGPT untuk membantu pengguna dengan tugas-tugas tertentu.

  • Komputasi Cloud Pribadi:

Apple Intelligence menetapkan standar baru untuk privasi dalam AI dengan memproses data di perangkat dan menggunakan cloud hanya untuk tugas yang kompleks.

  • ChatGPT:

ChatGPT terintegrasi di seluruh platform Apple untuk membantu pengguna dengan kemampuan pemahaman gambar dan dokumen.

Didukung GPT-4o, pengguna dapat mengakses generatif ini secara gratis tanpa perlu membuat akun.

Pengguna iPhone juga bisa menghubungkan akun mereka, dan mengakses fitur berbayar langsung dari pengalaman.

6 dari 7 halaman

Ketersediaan dan Persyaratan untuk Apple Intelligence?

Apple Intelligence tersedia gratis untuk pengguna dan akan tersedia dalam versi beta sebagai bagian dari iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia tahun ini dalam bahasa Inggris (AS).

Beberapa fitur, platform perangkat lunak, dan bahasa tambahan akan hadir tahun depan. Apple Intelligence membutuhkan iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, atau iPad dan Mac dengan M1 dan versi lebih baru.

7 dari 7 halaman

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (/Gotri/Abdillah)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat