uefau17.com

Intel Batal Bangun Pabrik Chip Senilai Rp 407 Triliun di Israel, Ini Alasannya - Tekno

, Jakarta - Intel bakal menghentikan rencana pembangunan pabrik chip senilai USD 25 miliar atau sekitar Rp 407 triliun di Israel.

Informasi tersebut dilaporkan oleh situs berita keuangan Israel, Calcalist, namun tidak dikonfirmasi atau disangkal oleh Intel.

Ketika ditanya tentang laporan tersebut, sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (13/6/2024), Intel menjawab secara normatif dengan menyebutkan perlunya menyesuaikan proyek-proyek besar dengan perubahan jadwal--tanpa merujuk langsung pada proyek tersebut.

“Israel terus menjadi salah satu lokasi manufaktur serta penelitian dan pengembangan global utama kami dan kami tetap berkomitmen penuh terhadap kawasan ini,” kata Intel.

“Mengelola proyek berskala besar, terutama di industri kami, sering kali melibatkan adaptasi terhadap perubahan jadwal. Keputusan kami didasarkan pada kondisi bisnis, dinamika pasar, dan pengelolaan modal yang bertanggung jawab,” ucap perusahaan asal AS itu menambahkan.

Pemerintah Israel pada Desember 2023 setuju untuk memberikan Intel hibah sebesar USD 3,2 miliar guna membangun pabrik chip senilai USD 25 miliar di Israel selatan.

Intel sebelumnya mengatakan bahwa pabrik yang diusulkan untuk lokasinya di Kiryat Gat, yang merupakan lokasi pabrik chip mereka, merupakan bagian penting dari upaya Intel untuk mendorong rantai pasokan global yang lebih tangguh--bersamaan dengan investasi perusahaan di Eropa dan AS.

Intel mengoperasikan empat lokasi pengembangan dan produksi di Israel, termasuk pabrik manufakturnya di Kiryat Gat yang disebut Fab 28. Pabrik tersebut memproduksi teknologi Intel 7 atau chip 10 nanometer.

Sementara Pabrik Fab 38 direncanakan akan dibuka pada tahun 2028 dan beroperasi hingga tahun 2035. Intel tercatat mempekerjakan hampir 12.000 orang di Israel.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Intel: Chipset Lunar Lake Tandai Era Baru PC dengan AI Terintegrasi dan Hemat Daya!

Sebelumnya, chipset Lunar Lake menjadi sorotan dari ajang Intel Tech Tour 2024 di Taipei, Taiwan baru-baru ini, di mana Intel mengungkap lebih detail tentang chip barunya itu.

Intel menyebutkan, Lunar Lake akan menjadi chipset revolusioner yang siap mengubah industri PC. Peluncuran ini menghadirkan CPU, GPU, dan NPU yang terintegrasi, menawarkan fitur AI kuat dengan konsumsi daya rendah.

Pihak Quanta Computer menjelaskan, Lunar Lake adalah tonggak penting dalam evolusi teknologi PC. Dengan integrasi CPU, GPU, dan NPU yang kuat, Lunar Lake menghadirkan kemampuan AI yang sebelumnya tidak pernah ada di perangkat PC.

"Peluncuran Lunar Lake akan membuat AI menjadi fitur wajib pada PC, mirip dengan Wi-Fi 20 tahun lalu," ujar Quanta dengan penuh keyakinan.

Keunggulan dari Lunar Lake terletak pada keseimbangan sistemnya. Wisdom Corporation menambahkan, kombinasi performa CPU unggul, grafis mumpuni, dan NPU efisien menghasilkan peningkatan performa dramatis, terutama dalam aplikasi membutuhkan komputasi intensif.

Sebagai contoh, platform patologi digital Wistron yang digunakan dalam bidang medis menunjukkan peningkatan performa signifikan dan masa pakai baterai lebih lama ketika dijalankan dengan Intel Lunar Lake.

Peningkatan Performa dan Efisiensi Energi

Salah satu keunggulan utama dari Lunar Lake adalah efisiensi energi yang ditawarkannya. Chip Lunar Lake memungkinkan penggunaan baterai lebih besar, dan masa pakai lebih lama.

Hal ini sangat penting dalam era di mana mobilitas dan efisiensi energi menjadi prioritas utama bagi pengguna PC.

3 dari 5 halaman

AI sebagai Fitur Wajib

Chipset Lunar Lake bukan hanya tentang peningkatan performa dan efisiensi energi. Lebih dari itu, integrasi AI pada perangkat ini diharapkan menjadi standar baru dalam industri PC.

Dengan kemampuan NPU yang kuat, chipet baru Intel ini memungkinkan fitur AI lebih canggih, mulai dari pengenalan suara hingga pembelajaran mesin yang terintegrasi langsung pada perangkat. 

Ini berarti pengguna dapat menikmati pengalaman komputasi yang lebih cerdas dan responsif tanpa perlu mengandalkan cloud.

"Dengan Lunar Lake, AI akan menjadi fitur standar yang dicari oleh konsumen saat membeli PC baru. Ini adalah awal dari transisi besar di industri ini," kata Quanta Computer.

4 dari 5 halaman

Kontribusi Mitra Ekosistem Taiwan

Keberhasilan peluncuran Lunar Lake tidak lepas dari kontribusi mitra ekosistem di Taiwan. Banyak komponen penting dari sistem ini dirancang dan dibangun bersama mitra di Taiwan, yang telah menjadi pusat inovasi teknologi selama bertahun-tahun.

Kerjasama ini menghasilkan PC AI yang tipis dan ringan, memenuhi kebutuhan pasar akan perangkat yang lebih portabel namun tetap bertenaga.

Dengan Lunar Lake, Intel dan mitra ekosistemnya sekali lagi membuktikan bahwa mereka berada di garis depan inovasi teknologi.

Peluncuran ini tidak hanya mengubah cara kita memandang PC, tetapi juga menetapkan standar baru untuk masa depan komputasi.

5 dari 5 halaman

Infografis Perbandingan Persenjataan Iran Vs Israel. (/Gotri/Abdillah)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat