uefau17.com

Axioo Bersama Intel akan Buka 3 Lab AI Berstandar Internasional untuk Sekolah SMK di Indonesia - Tekno

, Kuningan - PT Tera Data Indonusa melalui Axioo Class Program akan membuka tiga lab khusus kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) berstandar internasional untuk dunia pendidikan di sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia.

Vice President Business Development & Strategic Partnership PT Tera Data Indonusa, Timmy Theopelus, mengatakan tiga lab AI itu akan disumbangkan ke sejumlah sekolah--salah satunya untuk SMK Pertiwi di Kuningan, Jawa Barat.

"Program ini bernama AI For Youth, di mana kurikulumnya dari Intel. Akan ada tiga lab AI yang akan kami sumbangkan ke sejumlah sekolah, salah satunya untuk SMK Pertiwi," kata Timmy, Rabu (5/6/2024) di SMK Pertiwi, Kuningan, Jawa Barat.

Ia menambahkan, AI For Youth akan berjalan mulai Augustus 2024, yang mana akan fokus ke bidang robotika dan bertujuan untuk mendorong Industri 5.0 di Indonesia.

"Bidang AI-nya fokus ke robotika untuk mendorong Industri 5.0, di mana robot bisa kerja bareng dan berkomunikasi dengan manusia. Ada juga kurikulum tentang machine learning, deep learning, computer vision, dan large language model (LLM)," ujar Timmy menjelaskan.

<p>Vice President Business Development & Strategic Partnership PT Tera Data Indonusa, Timmy Theopelus, menjelaskan tentang Axioo Class Program di SMK Pertiwi, Kuningan, Jawa Barat. /Iskandar</p>

Untuk diketahui, Axioo Class Program bertujuan untuk memberikan sumbangsih dalam mencerdaskan bangsa. Saat ini Axioo Class Program telah bekerja sama dengan lebih dari puluhan perusahaan dan juga melatih puluhan ribu siswa SMK, perguruan tinggi, lembaga pendidikan non vokasional per tahunnya.

Program pendidikan ini memiliki target menyiapkan tenaga terampil yang sesuai dengan kebutuhan industri lewat program sinkronisasi kurikulum, workshop berkelanjutan bagi guru, pembelajaran berbasis IT serta validasi sertifikasi bertaraf industri internasional.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perjalanan 33 Tahun Tera Data Indonusa Membangun Produk SSD Visipro hingga Laptop Lokal Axioo

Bagi para pecinta perangkat teknologi, terutama PC desktop dan laptop, kamu tentu tidak asing dengan merek memori atau SSD bermerek Visipro dan laptop Axioo. 

Kedua brand lokal tersebut berdiri sejak 33 tahun lalu atau pada 1991, di bawah payung PT Tera Data Indonusa Tbk.

President Commissioner PT Tera Data Indonusa Tbk, Sugiyanto Sutikno, menceritakan perusahaan didirikan oleh para founder yang memiliki latar belakang programmer. 

"33 tahun lalu, sebelumnya kami berdiri sebagai perusahaan software. Jadi founder kami semuanya berlatar belakang programmer. Apapun yang kami bangun semuanya mengandung layanan teknologi, termasuk operasional. Semua kami kembangkan sendiri," kata Sugiyanto di kantor pusat perusahaan, Cakung Barat, Jakarta Timur, Selasa (4/6/2024). 

Ia melanjutkan, pada tahun 1993, Tera Data Indonusa mulai mendistribusikan hardware, lalu mulai berkembang pada 1997 dengan meluncurkan produk pertamanya yaitu memori dan SSD dengan brand Visipro. 

"Lalu pada 1998, kami ditunjuk menjadi salah satu distributor Intel. Selanjutnya pada 2004, kami mendirikan brand Axioo dengan produk PC dan laptop. Masuk tahun 2018, kami pindah ke gedung baru di Cakung, Jakarta Timur," papar Sugiyanto.

"Sebelumnya, gudang kami dengan sales beserta manajemen lokasinya berbeda-beda. Nah, mulai 2018, semuanya dijadikan satu di sini (gedung Cakung), termasuk pabrik dan RnD," ia menjabarkan.   

Karena kecepatan perkembangan perusahaan, Sugiyanto melanjutkan, pada 2022 dibentuk PT Tera Data Indonusa Tbk. 

"Mimpi kami pada tahun 2024 ini adalah ingin menjadi brand nomor 1 di Indonesia," ungkapnya menegaskan.

Selain terkenal dengan produk memori dan laptop, Tera Data Indonesia sebenarnya memiliki sejumlah produk lain yang cukup diperhitungkan

"Deretan produk dari Tera Data Indonusa antara lain solusi robotika untuk pendidikan, PC desktop, notebook komersial, drone, hingga server kelas low-end dan high-end. Ada juga Axioo Ecosystem yang mengintegrasikan solusi dari partner-partner kami," ujar Sugiyanto, menutup pembicaraan. 

3 dari 5 halaman

Laptop Axioo dan Pongo

Saat ini Tera Data Indonusa memiliki dua merek laptop yaitu Axioo dan Pongo yang bersaing di jajaran laptop global. 

Pada awal 2024, perusahaan meluncurkan Axioo Hype Series yang mengusung tema desain Hype Up Your Life dan tersedia dalam 6 varian sekaligus dengan kelebihan masing-masing. 

Tidak ketinggalan seri laptop Pongo. Pada tahun ini beberapa seri laptop Pongo telah  diluncurkan untuk menjawab kebutuhan para gamer, konten kreatif, dan pekerja kreatif. 

Pongo hadir dengan desain laptop yang kekinian, performa  terbaik di kelasnya, dan ditawarkan dengan harga kompetitif di pasaran.

"Kami optimistis dengan beberapa seri Axioo dan Pongo karena didukung dengan inovasi terbaru, harga terjangkau, dan layanan purna jual yang optimal,” kata Vice President Business Development & Strategic Partnerships PT Tera Data Indonusa Tbk, Timmy Theopelus. 

4 dari 5 halaman

177 Titik Point

Axioo juga berkomitmen memberikan pelayanan purna jual terbaik untuk seluruh produknya. 

Saat ini Axioo telah memiliki 177 titik service point yang tersebar di seluruh Indonesia, dan ini menjadikan Axioo sebagai salah satu brand laptop yang memiliki jaringan service point terluas di Tanah Air. 

Axioo akan terus menambah jaringan service point di seluruh pelosok Indonesia agar dapat lebih banyak menjangkau pelanggan.

“Melihat antusiasme masyarakat terhadap produk Axioo, maka kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik melalui Axioo Care Platinum Service Center," kata Service Manager PT Tera Data Indonusa Tbk, Bambang Sugiarto.

Salah satu kelebihan yang  disediakan Axioo Care Platinum Service Center adalah layanan Same Day Service, yaitu pelanggan dapat memperbaiki notebook dalam rentang waktu kurang dari 6 jam.

5 dari 5 halaman

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (/Gotri/Abdillah)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat