uefau17.com

Era Baru Komputasi Tiba! Gelombang Teknologi AI PC Hadirkan Pengalaman Personal, Aman, dan Efisien - Tekno

, Jakarta - Era kecerdasan buatan (AI) saat ini sudah hadir, dan antusiasme tentang teknologi canggih ini sudah sulit terbendung.

Hal ini terlihat dalam acara Intel Tech Tour 2024 di Taipei, Taiwan. Dalam acara tahunan Intel ini, perusahaan membuka forum diskusi tentang chipset baru buatan mereka, yaitu Lunar Lake.

Dihadiri oleh berbagai pemimpin industri dan analis teknologi, mereka sama-sama menyuarakan harapan tinggi mereka terhadap masa depan komputasi PC berbasis AI.

Lonjakan Antusiasme AI dalam 15 Tahun Terakhir

Tercatat, selama 15 tahun terakhir ini belum pernah ada tingkat antusiasme seperti terlihat saat ini terhadap PC AI.

Disebutkan, adopsi AI PC tidak hanya akan didorong oleh kebutuhan penggantian perangkat lama, tetapi juga oleh peningkatan fungsi dan performa ditawarkan oleh teknologi AI.

Potensi Besar AI PC

AI PC menawarkan potensi besar untuk mengubah cara kita berinteraksi dengan komputer. Dengan mempelajari perilaku pengguna, AI PC dapat menawarkan pengalaman yang lebih personal dan responsif.

Sebagai contoh, pengguna dapat berinteraksi dengan PC mereka secara lebih alami melalui pengenalan suara dan pemahaman konteks yang lebih baik.

Berbekal kecerdasan buatan ini, produktivitas dan keamanan akan meningkat karena data tidak perlu diunggah ke cloud, menjaga privasi dan kedaulatan data pengguna.

Penghapusan latensi komunikasi dan peningkatan efisiensi energi juga menjadi keuntungan utama dari teknologi ini.

Transformasi Besar di Depan Mata

AI PC tidak hanya merupakan transisi teknologi, tetapi sebuah transformasi besar akan mengubah paradigma industri. Disebutkan, AI PC memiliki potensi untuk mengubah cara desain dan pengembangan teknologi dilakukan.

Solusi termal cerdas dan pengelolaan baterai lebih baik adalah beberapa dari banyak inovasi dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Masa Depan AI PC Lebih Luas dari Sekadar Laptop!

<p>Michelle Johnston Holthaus, Executive Vice President & General Manager, Client Computing Group Intel saat perkenalkan Lunar Lake di Intel Tech Tour 2024. (/ Yuslianson)</p>

Para pecinta teknologi pasti sudah familiar dengan konsep AI PC (PC dengan kecerdasan buatan) yang biasanya berbentuk laptop tipis dan ringan.

Namun, jangkauan AI PC kini akan semakin luas! Hal ini diungkap oleh Intel dalam acara Intel Tech Tour di Taipei, Taiwan.

Raksasa produsen chipset ternama tersebut berjanji untuk membawa teknologi canggih ini ke berbagai segmen pasar dan rentang harga, sehingga semua orang bisa merasakan manfaatnya.

Ini termasuk peluncuran desktop khusus pengguna enthusiast, dengan codename Arrow Lake, yang akan hadir akhir tahun ini.

3 dari 5 halaman

Prosesor Canggih untuk Performa Superior

<p>Intel: Masa Depan AI PC Lebih Luas dari Sekedar Laptop!. (/ Yuslianson)</p>

Teknologi proses 18A yang dijanjikan sebelumnya tampaknya akan segera terwujud. Intel berencana untuk menggunakan teknologi ini secara penuh, baik internal maupun hasil kerjasama dengan pihak eksternal.

Hal ini bertujuan untuk menghadirkan pengalaman PC luar biasa di berbagai segmen dan bentuk perangkat, dengan kecepatan dan skalabilitas tak tertandingi. Kemampuan eksekusi dalam skala besar ini menjadi kebanggaan tersendiri.

Lunar Lake: Era Baru Arsitektur x86

Chip Lunar Lake dijadwalkan untuk memulai produksi pada kuartal ketiga tahun ini. Kehadirannya diyakini akan mengubah pandangan terhadap arsitektur x86, dan tentunya berdampak pada bagaimana pengguna merasakan pengalaman AI PC mereka.

4 dari 5 halaman

Strategi Roadmap AI di Intel

<p>Intel Meluncurkan Xeon 6, Chipset Data Center Tercanggih untuk Era AI. (/ Yuslianson)</p>

Chief Technology Officer (CTO), Rob Bruckner, memberikan penjelasan mendalam mengenai strategi roadmap produk mereka.

Ia menekankan kompleksitas dan keahlian yang diperlukan dalam mengantisipasi dan mengimplementasikan tren AI ke dalam roadmap.

"Anda tidak dapat melakukan keynote bila tidak membahas sesuatu tentang AI, jadi izinkan saya memberikan beberapa pandangan saya tentang AI. AI mendatangi kita secara bergelombang," kata Rob.

 

5 dari 5 halaman

Tiga Gelombang AI

<p>Intel resmi umumkan chipset baru Lunar Lake. (/ Yuslianson)</p>

Dalam paparannya di Intel Tech Tour 2024 Taipei, Rob menyebutkan pengembangan AI terjadi dalam tiga gelombang berbeda, yaitu:

  • Machine Learning AI:

Gelombang pertama ini membuat PC lebih imersif, seperti yang terlihat pada integrasi NPU di Meteor Lake. NPU membuat PC lebih responsif dan memahami konteks pengguna.

  • Generative AI:

Gelombang kedua menghadirkan perangkat lebih canggih seperti inference engine, co-pilot, dan asisten virtual. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan hiburan.

  • Agent-based AI:

"Terakhir adalah kehadiran agen ahli yang secara fundamental mengubah cara penggunaan PC," kata Rob. Agen ini akan terintegrasi mulus antar perangkat dan cloud, menciptakan lingkungan komputasi hybrid.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat