uefau17.com

14 Tahun Menunggu, iPad Kini Punya Kalkulator Berkat iPadOS 18 - Tekno

, Jakarta - iPadOS 18 memperkenalkan Home Screen yang dapat dikustomisasi untuk pengguna iPad. Kini, lewat update iPadOS 18, pengguna bisa mempersonalisasi Home Screen dan Control Center mereka dengan fleksibilitas yang lebih besar. 

Layar utama memungkinkan untuk menyesuaikan ikon aplikasi, menata ulang sesuai kebutuhan, hingga mengubah warna tema. 

Lewat update tersebut, pengguna juga bisa menempatkan ikon aplikasi di mana saja di layar, bukan pada grid yang sesuai urutan. Peningkatan fleksibilitas ini memungkinkan pengguna bisa berkreasi lebih baik dan mempersonalisasi layar iPad mereka. 

Ikon yang bisa diubah dengan opsi pengaturan ke dark mode atau ubah warna juga meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Pengguna pun dapat menyesuaikan antarmuka dengan preferensi mereka. 

Kalkulator Bawaan

Setelah 14 tahun menunggu, Apple akhirnya merilis kalkulator bawaan untuk iPad. Aplikasi kalkulator ini dirancang untuk menjadi lebih komprehensif dan user-friendly dibanding aplikasi kalkulator pihak ketiga yang kerap dibubuhi banyak iklan. 

Aplikasi kalkulator bawaan ini mendukung Apple Pencil, sehingga pengguna bisa memecahkan rumus matematika dengan menuliskannya melalui stylus.

Kalkulator bawaan pada iPad yang dinamai Math Notes ini memungkinkan pengguna mengetik atau menulis rumus matematika. Kemudian, rumus tersebut dipecahkan langsung. 

Pengguna juga bisa menetapkan nilai ke variabel saat mempelajari konsep baru di kelas, menghitung anggaran, atau melakukan tugas-tugas lainnya. 

Kalkulator juga mencakup fitur grafik, memungkinkan pengguna untuk menulis atau mengetik persamaan dan memasukkan grafik hanya dengan satu ketukan. 

Fitur ini memungkinkan pengguna menambahkan beberapa persamaan pada grafik yang sama, guna memvisualisasikan bagaimana grafik ini saling terhubung. 

Kalkulator bawaan ini terintegrasi dengan iPadOS 18. Hal ini memungkinkan pengguna menuliskan berbagai rumus dan persoalan matematika menggunakan Apple Pencil. Kalkulator juga menghadirkan fitur seperti riwayat untuk melacak perhitungan-perhitungan sebelumnya, unit konversi untuk panjang, berat, mata uang, dan lainnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Control Center yang Didesain Ulang

Control Center pada iPad juga didesain ulang pada iPadOS 18. Kini, Control Center menampilkan sejumlah panel, termasuk salah satu yang didedikasikan untuk pemutaran media dan satu lagi untuk akses cepat ke kontrol tampilan Home. 

Pengguna pun bisa beralih antarpanel ini dan mengeditnya membuat tampilan kian personal. 

Desain baru ini mempermudah pengguna mengakses berbagai fungsi yang kerap dipakai dan mengizinkan pengguna personalisasi Control Center sesuai kebutuhan masing-masing. 

Control Center juga bisa diedit secara langsung membuatnya mudah diatur dan menyesuaikan berbagai pengaturan. Fitur ini memudahkan pengguna untuk menyesuaikan fungsi spesifik yang dibutuhkan kapan saja mereka perlu. 

3 dari 4 halaman

Screen Sharing dan Kolaborasi

Fitur signifikan pada iPadOS 18 adalah peningkatan kemampuan berbagi layar. Di mana, kini pengguna bisa berbagi layar dengan orang lain, bahkan menggambar diagram pada iPad milik orang lain. 

Fitur ini dinilai berguna untuk mendukung kerja kolaboratif hingga pendidikan. Pasalnya, pengguna bisa mengontrol iPad seseorang dari jauh (untuk keperluan kerja kolaboratif atau pendidikan), guna menyediakan panduan rinci tentang suatu tugas. 

Peningkatan lain adalah tool kolaborasi dalam SharePlay. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi layar mereka dengan iPad atau iPhone lain dan memberi penjelasan tentang aliran video atau gambar. 

Pengguna juga bisa memberikan izin untuk remote control perangkat lain melalui layar bersama, sehingga membuat berbagi layar lebih menyenangkan, seperti pada konferensi video Zoom. 

 

4 dari 4 halaman

Smart Script

Sebagai tambahan untuk kalkulator bawaan, Apple juga memperkenalkan Smart Script, sebuah fitur yang meningkatkan tampilan tulisan tangan menggunakan machine learning. 

Teknologi ini bisa mereproduksi tulisan tangan seseorang, memeriksa ejaan, hingga mengubah teks yang diketik jadi gaya tulisan tangan pribadi pengguna. 

Fitur ini bisa begitu berguna bagi mereka yang lebih suka menulis tangan atau membutuhkan bantuan dengan tulisan tangan mereka. 

Sekadar informasi, iPadOS 18 Beta tersedia sehari setelah WWDC dengan beta publik yang menyusul untuk bulan Juli. Perilisan dijadwalkan pada September atau Oktober.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat