uefau17.com

Pengguna iPhone 15 Kecewa, Ini Alasan iPhone 15 Pro Bisa Pakai Apple Intelligence - Tekno

, Jakarta - Apple membuat kejutan dengan mengumumkan Apple Intelligence di iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia dalam ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2024.

Dalam ajang tahunan Apple tersebut, perusahaan sekaligus membeberkan hanya iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang bisa pakai Apple Intelligence.

Sementara itu, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus ke bawah sama sekali tidak bisa menggunakan teknologi AI hasil kolaborasi Apple dan OpenAI ini.

Kabar ini pastinya menjadi pukulan keras bagi para pemilik iPhone 15 bukan Pro. Namun, hal ini ternyata ada alasannya.

Hal ini diungkap oleh analis Apple kenamaan, yakni Ming-Chi Kuo. Mengutip laporan Kuo, Jumat (14/6/2024), Apple Intelligence tidak mendukung iPhone 15 dan iPhone 15 Plus yang dilengkapi dengan prosesor aplikasi AP) 4nm A16.

Disebutkan, kekuatan komputasi AI dengan chipset M1 dapat menjalankan 11 triliun operasi per detik (TOPS). Sementara itu, A16 hanya bisa melakukan komputasi hingga 17 TOPS.

Ini berarti masalahnya bukan di chipset. Kuo mengatakan, memori DRAM adalah pembedanya. DRAM iPhone 15 dan iPhone 15 Plus hanya 6GB, lebih rendah dibandingkan M1 dengan DRAM 8GB.

Lebih penting, sejumlah perangkat dengan baru Apple saat ini sudah menggunakan RAM 8GB dan juga dilengkapi dengan chipset A17 Pro--seperti di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Dukung Apple Intelligence

<p>iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Credit: Apple</p>

Akibatnya, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus tidak mendapatkan Apple Intelligence sedangkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max mendapatkannya.

Dengan data ini, Kuo mengatakan AI LLM (Large Language Model) pada perangkat Apple Intelligence memerlukan DRAM sekitar 2 GB atau kurang.

LLM digunakan oleh platform AI untuk mengenali dan menghasilkan teks. Dia menyebutkan, Apple Intelligence menggunakan parameter LLM 3 miliar.

"Setelah kompresi (menggunakan konfigurasi campuran 2-bit dan 4-bit), sekitar 0,7-1,5 GB DRAM perlu dicadangkan kapan saja untuk menjalankan Apple Kecerdasan pada perangkat LLM," jelasnya.

Berhubung fitur AI ini baru bisa dinikmati lewat iOS 18, masih belum diketahui secara pasti apakah pengalaman Apple Intelligence sesuai dengan yang perusahaan klaim atau tidak.

3 dari 4 halaman

Apple dan OpenAI Kolaborasi Gratis untuk Apple Intelligence, Kok Bisa?

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max (Apple)

Apple sudah memperkenalkan iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia dalam ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2024 pada Selasa, 11 Juni 2024.

Apple mengungkap, mereka berkolaborasi dengan OpenAI untuk membawa teknologi kecerdasan buatan Apple Intelligence ini ke iPhone dan perangkat lainnya.

Dengan kolaborasi Apple dan OpenAI, pasti banyak pihak yang bertanya-tanya tentang berapa besar biaya yang Apple keluarkan untuk kerja sama ini?

Jawabannya bakal membuat banyak pihak geleng-geleng kepala, karena hasil kolaborasi kedua perusahaan di Apple Intelligence ini tidak melibatkan sepeser pun.

Dilansir Bloomberg, Kamis (13/6/202), tidak ada perusahaan yang bayar atau dibayar dalam kemitraan ini. Apple dilaporkan tidak membayar OpenAI.

4 dari 4 halaman

Apple Masih Ingin Kolaborasi dengan Google Gemini

<p>iPhone 15 Pro. Credit: Apple</p>

Kabarnya, raksasa teknologi tersebut percaya menampilkan teknologinya kepada ratusan juta pengguna sama dengan atau lebih baik daripada dibayar pakai uang.

Padahal, pengguna umum harus login atau membayar sejumlah uang untuk menikmati fitur ChatGPT tanpa batas.

Sedangkan pengguna perangkat Apple dapat menikmati seluruh fitur di ChatGPT OpenAI tanpa harus login, dan membayar sepeser pun.

Apple belum mengungkap lebih lanjut tentang kemitraan AI ini di masa mendatang, namun dilaporkan mereka sedang melakukan pembicaraan dengan Google.

Kabarnya, perusahaan berbasis di Cupertino tersebut juga ingin mengintegrasikan Gemini kepada pengguna iOS secepatnya pada akhir tahun ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat