uefau17.com

Memori iPhone Sudah Penuh? Ini 5 Cara Efektif Mengatasinya - Tekno

, Jakarta - Seiring berjalannya waktu, iPhone akan menyimpan banyak kenangan, termasuk foto, video, aplikasi yang terinstal, chat, dan file. iPhone sendiri hadir dengan beragam pilihan memori penyimpan. 

Saat ini, 1TB merupakan model iPhone dengan varian memori yang paling besar. Namun, jika kamu memiliki penyimpanan terbatas di HP iPhone kamu, tentunya penyimpanan akan penuh seiring penggunaan.

Apabila sudah penuh, hal yang tentu perlu dilakukan untuk mengosongkannya kembali. 

 

Jika kamu mengalami penyimpanan penuh, terdapat beberapa cara untuk mengosongkan memori iPhone agar HP kamu bisa menyimpan lebih banyak file dan menginstal lebih banyak aplikasi.

Tim Tekno pun telah menghimpun 5 cara efektif untuk membersihkan memori di iPhone yang bisa kamu praktekkan, seperti dikutip dari CNET, Sabtu (20/4/2024). Berikut caranya.

Periksa File Yang Menguras Penyimpanan iPhone

Untuk memaksimalkan penyimpanan iPhone, kamu perlu mengetahui apa yang menempati perangkat terlebih dahulu. Periksa, apakah terdapat file yang menghabiskan banyak memori, sehingga kamu tahu harus mulai dari mana.

Untuk memeriksa file yang tersimpan, buka aplikasi Settings, klik General, gulir ke bawah sampai ke menu iPhone Storage. Lalu, klik menu ini untuk melihat rincian jenis file dan media yang menghabiskan memori di iPhone.

Di menu ini, sistem iOS juga memberikan beberapa rekomendasi cara mengosongkan ruang penyimpanan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Optimalkan Penyimpanan Foto dan Video

Foto dan Video seringkali jadi penyebab penuhnya penyimpanan di iPhone kamu. Namun, terdapat pengaturan yang memungkinkan iPhone untuk menyimpan foto dengan ukuran yang dikecilkan, alih-alih menyimpan foto dengan ukuran sebenarnya.

Foto dan video dengan resolusi penuh dapat disimpan di penyimpanan iCloud, dan kamu bisa mengunduhnya apabila diperlukan.

Untuk memastikan fitur ini diaktifkan, mulailah dengan membuka aplikasi Settings, lalu scroll ke bawah, klik Photos, dan nyalakan fitur Optimize iPhone Storage.

Sebelum itu, pastikan iPhone kamu terinstal sistem iOS 16 atau lebih baru. Sebab, baru pada iOS 16 atau sistem yang lebih baru terdapat fitur pendeteksi foto duplikat.

Jadi, pengguna bisa lebih mudah mengelola foto yang, termasuk apabila ingin menghapus foto duplikat yang tersimpan.

3 dari 5 halaman

Simpan Foto di Penyimpanan Cloud

Cara terbaik untuk mengosongkan ruang di iPhone Anda adalah dengan menghapus file yang tidak perlu Anda simpan di perangkat Anda. Namun jika foto tersebut penting, kamu bisa menyimpan foto dan video melalui penyimpanan Cloud.

Kamu bisa menyimpannya di penyimpanan cloud pihak ketiga seperti Google Photos. Ini adalah cara cepat untuk memindahkan foto kamu tanpa perlu kehilangan kenangan yang ada di foto itu.

Sebelum kamu menghapus apapun di HP iPhone kamu, pastikan foto yang ingin disimpan telah dicadangkan atau ditransfer ke Google Photos. Jika foto dan video kamu tidak dicadangkan ke layanan lain seperti Google Photos, Dropbox, atau OneDrive, foto tersebut akan hilang sepenuhnya.

Sebagai catatan, jika kamu menghapus foto di iPhone, foto tersebut juga akan terhapus di iCloud. Jadi, memindahkan foto di layanan Cloud pihak ketiga merupakan opsi terbaik jika tidak ingin foto di iPhone terhapus.

4 dari 5 halaman

Hapus Aplikasi yang Tidak Diinginkan

Cara lain untuk membersihkan penyimpanan iPhone kamu adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak lagi digunakan.

Jika tidak tahu harus mulai dari mana, kamu bisa memeriksa aplikasi yang sudah lama tidak digunakan.

Caranya, buka Settings, klik General, dan pergi ke iPhone Storage. Kamu akan melihat daftar aplikasi yang terinstal, termasuk aplikasi yang paling banyak menguras penyimpanan iPhone kamu, termasuk waktu penggunaan aplikasi yang terakhir kali kamu gunakan.

Setelah menemukan aplikasi yang sudah tak diinginkan lagi, hapus instalasi aplikasi tersebut untuk membersihkan penyimpanan iPhone kamu.

 

5 dari 5 halaman

Offload Aplikasi yang Tidak Digunakan Sama Sekali

Jika kamu tidak ingin menghapus aplikasi yang lama tidak digunakan, kamu bisa menggunakan fitur Offload.

Fitur Offload memungkinkan kamu menyimpan dokumen dan data yang tersimpan di aplikasi, sehingga kamu dapat menghapus aplikasi tanpa perlu kehilangan data yang tersimpan.

Buka Settings, klik General, pilih iPhone Storage, ketuk aplikasi di daftar yang tertera dan pilih Offload App.

Kamu bisa atur iPhone kamu agar dapat meng-offload aplikasi secara otomatis dengan buka Setting, klik opsi App Store, dan nyalakan fitur Offload Unused Apps.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat