uefau17.com

Fantastis, Donald Trump Dapat Saham Trump Media Rp 20,2 Triliun - Saham

, Jakarta Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dikabarkan akan menerima tambahan 36 juta saham Trump Media sebagai bonus penghasilan, senilai lebih dari USD 1,25 miliar atau setara Rp. 20,2 triliun.

Melansir CNBC International, Selasa (23/4/2024) 36 juta saham tambahan yang tampaknya akan diperoleh Trump akan ditambahkan ke 78,75 juta saham yang sudah dimilikinya, sebagai pemegang saham mayoritas Trump Media.

Ketika keuntungan saham ditambahkan ke sahamnya yang ada, total saham Trump di Trump Media akan bernilai lebih dari USD 4 miliar atau Rp. 64,8 triliun, dengan harga USD 35 per saham.

Trump Media memiliki wewenang untuk menerbitkan total 40 juta saham, sebagai bagian dari kesepakatan merger yang menggabungkannya dengan perusahaan cangkang publik, Digital World Acquisition Corp.

"Dengan asumsi penerbitan penuh Earnout Shares, Presiden Donald J. Trump akan menerima 36.000.000 saham penGhasilan," kata perusahaan itu dalam keterangan pengajuan sekuritas.

Pengajuan tersebut menunjukkan bahwa sebagian sisa saham akan diberikan kepada pejabat eksekutif Trump Media sebagai bagian dari rencana insentif.

Saham Trump Media

Saham Trump Media (DJT) menutup perdagangan hari Senin pada USD 35,50 per saham, turun 2,42%, dan sekitar setengah dari harga saham DJT yang mulai diperdagangkan publik pada akhir Maret 2024.

Namun, harga penutupan ini masih dua kali lipat dari harga saham minimum acuan sebesar USD 17,50 yang harus dicapai Trump Media pada penutupan perdagangan hari ini, agar Trump memenuhi syarat untuk mendapatkan tambahan saham tersebut.

Perusahaan dengan nama lengkap Trump Media & Technology Group Corp itu memulai perdagangan publik pada 26 Maret 2024, dengan harga pembukaan USD 70,90 per saham.

Harga tersebut melonjak hingga hampir USD 80 pada hari itu, yang secara singkat memberi perusahaan kapitalisasi pasar lebih dari USD 9 miliar.

Namun sejak itu, harga saham Trump Media anjlok. Pada penutupan perdagangan tanggal 15 April, harga saham telah turun hampir 68% dari harga pembukaannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perusahaan Donald Trump Laporkan Dugaan Short-Selling, Sahamnya Naik 3%

Saham perusahaan media dan teknologi Donald Trump naik lebih dari 3% pada hari Jumat (19/4) waktu setempat.

Mengutip Channel News Asia, Minggu (21/4/2024) kenaikan saham Trump Media & Technology Group (DJT) terjadi setelah mereka meminta bursa Nasdaq untuk membantu mencegah dugaan manipulasi pasar.

Trump Media & Technology Group menulis surat kepada CEO Nasdaq Adena Friedman yang memperingatkan bursa akan potensi manipulasi pasar di saham, menurut pengajuan ke Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (AS).

Dalam beberapa waktu terakhir, saham Trump Media fluktuatif dan berada di hampir setengah harga penutupan debutnya pada tanggal 26 Maret sebesar USD 57,99.

Dalam surat tersebut, CEO Trump Media dan mantan anggota Kongres Devin Nunes menyatakan bahwa short-selling adalah penyebab dari munculnya dugaan manipulasi.

Short sell melibatkan peminjaman saham untuk dijual dengan harapan harga akan turun, kemudian membeli kembali saham tersebut dan mengantongi selisihnya.

Praktik short-selling yang umumnya ilegal di Amerika Serikat, melibatkan penjualan saham tanpa meminjamnya terlebih dahulu atau menentukan bahwa saham tersebut dapat dipinjam, sehingga menimbulkan risiko bahwa penjual mungkin tidak dapat menyerahkan saham tersebut.

"Laporan menunjukkan bahwa, pada 3 April 2024, DJT 'sejauh ini' merupakan saham AS yang paling mahal untuk dijual, yang berarti bahwa pialang memiliki insentif finansial yang signifikan untuk meminjamkan saham yang tidak ada," kata Nunes dalam surat tersebut, mengutip laporan CNBC mulai 3 April.

3 dari 3 halaman

Laporan Indikasi

Nunes tidak memberikan bukti praktik short-selling ini namun mencatat bahwa pada tanggal 17 April, DJT berada dalam daftar ambang batas Reg SHO Nasdaq, yang menurutnya merupakan indikasi aktivitas perdagangan yang melanggar hukum.

Daftar tersebut terdiri dari sekuritas yang gagal diselesaikan selama lima hari berturut-turut, yang dapat mengindikasikan masalah short-selling atau masalah administratif atau teknis.

Nunes tidak menuduh perusahaan atau individu tertentu melakukan short-selling, namun mencatat bahwa "data yang tersedia bagi kami menunjukkan bahwa hanya empat pelaku pasar yang bertanggung jawab atas lebih dari 60 persen volume luar biasa saham DJT yang diperdagangkan: Citadel Securities, Virtu Americas , Layanan Eksekusi G1 dan Jane Street Capital."

Sementara itu, seorang juru bicara Nasdaq mengatakan bahwa bursa tersebut "berkomitmen pada prinsip likuiditas, transparansi, dan integritas di semua pasar kami."

"Kami telah lama mendukung transparansi dalam short-selling dan telah menjadi pendukung aktif peraturan SEC dan upaya penegakan hukum yang dirancang untuk memantau dan melarang short-selling," kata juru bicara tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat