uefau17.com

Geram Ada yang Mengaku Idap Bipolar, Marshanda: Penyakit Mental Itu Bukan Tren! - ShowBiz

, Jakarta Belakangan ini, penyakit bipolar disorder sering disebut-sebut di media sosial, seakan-akan telah menjadi tren. Dari mulai yang menjadikannya sebagai bercandaan, mengklaim dirinya sebagai pengidap bipolar, hingga menjadikan bipolar sebagai alasan dalam sebuah permasalahan. Seperti yang baru saja terjadi oleh Medina Zein.

Rupanya, tren ini cukup menyakitkan bagi para penderita bipolar yang sedang berjuang untuk bisa sembuh. Salah satunya adalah Marshanda.

Melalui sebuah video di Instagram, Marshanda memberikan tanggapan soal masalah ini. Ia mengatakan bahwa penyakit mental seperti bipolar bukanlah sebuah tren.

"Gue bikin video gini mau ngasih tahu bahwa, buat kalian atau adik kalian lalala yang melakukan diagnosa diri sendiri dan merasa kayaknya gue gaul deh kalau gue bilang ke orang-orang 'gue punya penyakit bipolar, gue depresi klinis'. Gue kasih tahu ya, penyakit mental itu bukan tren!" tegas Marshanda.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diagnosa

Lebih lanjut, penyakit mental bukanlah penyakit yang bisa didiagnosa sendiri. Apalagi hanya bermodalkan mencari di internet. Marshanda menyebut bahwa yang bisa mendiagnosa seseorang mengidap penyakit mental adalah psikiater.

"Dan jangan yakin kalau lu itu bipolar apapun itu deh pokonya penyakit mental dll dengan hanya cari dari google. Itu bukan cara yang tepat iuntuk mendiagnosa. Yang mendiagnosa kita adalah psikiater, yang tahu data kita lengkap dari lahir sampai sekarang. Jadi mendiagnosa pun juga ada tanggung jawab besar," jelas Marshanda.

 

3 dari 4 halaman

Menyakitkan

Marshanda yang saat ini masih terus berjuang untuk hal ini tentunya merasa kecewa dengan fenomena penyakit mental yang dijadikan tren.

"Kita sebagai pasien bertanggung jawab ngejelasin dengan lengkap apa riwayat kita, dan gue berjuang selama hidup gue untuk menyembuhkan, menjaga, dan merawat. Jadi, sangat menyakitkan melihat bipolar disorder jadi 'trendy'," tutupnya.

 

4 dari 4 halaman

Dukungan

Di kolom komentar, pernyataan Marshanda ini mendapat banyak dukungan, khususnya dari mereka yang juga tengah mengidap sakit mental dan merasakan hal yang sama. Tidak sedikit juga yang kemudian menyinggung beberapa public figure, termasuk Medina Zein.

"Publik figur yang lain harus belajar dari ka Caca. Teruskannnn edukasinya ka❤️," tulis @helenroman_.

"Cocok ni MZ konsultasi sama mbac ini..," timpal @putry_ainun_albanjari.

"Kalo yg onoh malah di jadikan tameng agar nutupin kelakuan nya😢," tambah @cfycarina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat