uefau17.com

Suara Bising Tak Hanya Ganggu Pendengaran, Tapi Juga Pengaruhi Kesehatan Otak - Global

, Jakarta - Sophie Balk sangat suka menari. Dia sering mengikuti kompetisi dansa dan melakukan tarian West Coast Swing (tarian berpasangan yang meliuk-liuk). Pada awalnya, volume musik tidak mengganggunya. Namun setelah beberapa saat, telinganya mulai terasa sakit. Kadang-kadang telinganya berdenging saat dia meninggalkan klub dansa. Pada akhirnya, Balk mengalami gangguan pendengaran yang disebut tinnitus (dengung tanpa henti di telinganya.)

"Ketika kita pergi ke luar rumah, kita melindungi kulit kita dari sengatan matahari dengan menutupinya atau memakai tabir surya," kata Balk. Namun, ia menambahkan, "Kita tidak berpikir untuk melindungi pendengaran kita dengan cara yang sama."

Balk adalah seorang dokter anak di Rumah Sakit Anak di Montefiore, New York City. Dia sekarang mengajar dokter lain tentang risiko yang ditimbulkan oleh kebisingan.

Mengutip dari Science News Explore, Sabtu (29/6/2024) suara keras adalah sumber utama masalah kesehatan di sekitar kita. Di beberapa tempat, hal ini menempati urutan kedua setelah polusi udara, menurut World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia.

Dalam hal kebisingan, masalah pendengaran adalah risiko yang paling umum. Namun, penelitian terbaru menemukan bahwa kebisingan juga ternyata memengaruhi kesehatan otak. Penelitian ini menunjukkan bahwa suara yang tidak memicu gangguan pendengaran pun dapat membahayakan kita.

Seperti suara mobil, mesin pemotong rumput, dan sumber-sumber lain yang kita dengar sehari-hari dikaitkan dengan stres, kurang tidur, masalah belajar, dan bahkan penyakit jantung.

Maka sudah jelas bahwa suara bising lebih dari sekadar distraksi yang mengganggu, tapi lebih dari itu.

Bagaimana Suara Bising dapat Mengganggu Pendengaran

"Kita telah mengetahui selama berabad-abad bahwa terlalu banyak kebisingan dapat menyebabkan gangguan pendengaran," kata Richard Neitzel, bekerja di Universitas Michigan di Ann Arbor. Sekitar 200 tahun yang lalu, ada laporan tentang pandai besi yang mengalami gangguan pendengaran karena terus menerus mendengat logam dipalu.

Neitzel adalah seorang ahli higiene industri, seseorang yang mempelajari cara menjaga orang tetap sehat di tempat kerja. "Sebagian besar dari apa yang kita ketahui tentang kebisingan dan kesehatan," katanya, "berasal dari penelitian terhadap para pekerja yang bekerja dengan suara keras."

Suara yang sangat keras dapat merusak sel-sel kecil di dalam telinga kita. Sel-sel yang disebut sel rambut ini menangkap getaran suara dari udara. Suara keras juga dapat merusak saraf pendengaran yang membawa sinyal dari sel-sel rambut ke otak.

Risiko yang ditimbulkan oleh suara tertentu akan bergantung pada volumenya, nada dan berapa lama suara tersebut bertahan. Suara paling lembut yang dapat kita dengar disebut nol desibel, sedangkan kita biasanya berkomunikasi pada sekitar 60 desibel. Mesin pemotong rumput bertenaga gas dengan suara sekitar 95 desibel.

Suara yang terdengar antara 100 dan 120 desibel dapat mulai terasa menyakitkan. Namun, suara yang cukup keras sekalipun seperti lalu lintas jalan yang sibuk dapat menyebabkan gangguan jika kita mendengarnya selama berjam-jam.

Saat ini, sekitar satu dari setiap delapan anak dan remaja mengalami kerusakan pendengaran permanen akibat terpapar terlalu banyak suara, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS).

Menurut penelitian, untuk menghindari gangguan pendengaran, anak-anak tidak boleh mendengar suara yang lebih keras dari 75 desibel. Itu hampir sama kerasnya dengan penyedot debu.

Namun, ada hal lain yang membuat kita merasakan suara lebih dari sekadar tingkat desibel yang sampai ke telinga kita. Penelitian baru mengeksplorasi bagaimana otak memahami apa yang kita dengar - dan mengapa beberapa suara terasa tidak menyenangkan, meskipun tidak terlalu keras.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebisingan dan Hubungannya dengan Otak

"Telinga kita menangkap suara, tapi kita mendengar dengan otak kita," jelas Wei Sun, seorang peneliti audiologi di University at Buffalo di New York.

Saraf pendengaran meneruskan sinyal suara dari telinga ke otak kita. Sel-sel saraf di otak kemudian memproses input tersebut dengan mengirimkan sinyal satu sama lain. Aktivitas listrik tersebut menimbulkan apa yang kita alami sebagai suara.

Nina Kraus adalah salah satu peneliti yang meneliti aktivitas otak ini. Seorang ahli saraf pendengaran, ia bekerja di Northwestern University di Evanston, Ill. Kraus juga menulis buku Of Sound Mind: Bagaimana Otak Kita Membangun Dunia Sonic yang Bermakna.

Untuk penelitiannya, Kraus dan rekan-rekannya memasang topi yang disematkan dengan elektroda di kepala orang-orang. Topi tersebut menangkap aktivitas otak saat telinga mendeteksi suara. Dengan cara ini, para peneliti dapat memetakan bagian otak yang terlibat dalam mendengarkan dan menafsirkan suara. Daerah-daerah tersebut termasuk daerah yang berperan dalam berpikir, bergerak, dan merasakan.

"Ada banyak hal yang terjadi di dalam otak ketika memproses suara," kata Laurie Heller. "Anda memutuskan apakah Anda menyukai suara itu atau tidak, apakah akan memperhatikan atau mengabaikan suara itu, apa yang harus dilakukan dengan informasi itu."

Heller adalah seorang psikolog yang mempelajari bagaimana otak menafsirkan suara. Dia bekerja di Carnegie Mellon University di Pittsburgh, Pennsylvania. Karyanya telah mengeksplorasi mengapa beberapa suara terdaftar sebagai suara yang tidak menyenangkan. Misalnya, suara gemericik air sungai mungkin terasa seperti suara yang menenangkan - bahkan ketika suara itu sekeras AC yang terdengar seperti raket yang mengganggu.

Dalam satu percobaan, timnya menggunakan efek suara yang disebut vocoder. Efek ini sedikit mengubah beberapa sifat suara yang umum. Kemudian tim meminta orang-orang untuk menebak sumber dari setiap suara yang diubah. Para pendengar juga menilai bagaimana perasaan mereka tentang hal itu. Beberapa suara terdengar menyenangkan, seperti suara air yang mengalir. Yang lainnya tidak menyenangkan, seperti minuman yang diseruput.

Tampaknya, perasaan orang terhadap suatu suara bisa bergantung pada apa yang mereka pikirkan sebagai penyebabnya, kata Heller. Ketika orang salah mengidentifikasi suara netral sebagai suara yang memiliki sumber negatif, mereka menilainya sebagai suara yang kurang menyenangkan. Sebagai contoh, suara wastafel yang mengering adalah netral. Namun, orang menilai suara itu tidak menyenangkan atau bahkan menjijikkan ketika mereka mengira itu adalah suara seseorang yang sedang menyeruput minuman. Sementara itu, orang merasa lebih baik terhadap suara yang mereka pikir berasal dari sumber yang netral atau positif.

"Merasa negatif tentang peristiwa yang menyebabkan suara itu adalah faktor yang paling penting dari ketidaknyamanannya," kata Heller.

Orang dengan gangguan pendengaran mungkin mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi penyebab sebenarnya dari suatu suara. Dan hal ini dapat membuat mereka berisiko lebih tinggi untuk menilai apa yang mereka dengar sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan.

Heller juga bekerja dengan orang-orang yang memiliki kondisi yang dikenal sebagai misophonia. Kondisi ini dapat membuat orang merasa marah atau tertekan ketika mereka mendengar suara-suara yang umum - suara yang mungkin tidak disadari oleh orang lain (seperti suara orang mengunyah atau bernapas). Mempelajari otak mereka dapat memberikan wawasan tentang mengapa kita semua mengalami beberapa hal sebagai suara bising, kata Heller.

Misophonia muncul dari cara otak menafsirkan suara. Pada orang yang terpengaruh, suara tertentu memicu lebih banyak aktivitas di bagian otak yang memberi tahu kita tentang hal-hal penting. Wilayah itu juga melibatkan emosi kita.

Hal ini membuat orang-orang ini "lebih memperhatikan suara yang menurut mereka tak tertahankan," kata Heller.

Pemahaman yang lebih baik mengenai hubungan mental ini tidak hanya dapat mengarah pada pengobatan baru untuk misophonia, tetapi juga memberi tahu kita lebih banyak tentang bagaimana otak memproses suara dalam diri kita. Itu kuncinya, karena penelitian lain mengungkapkan bahwa terlalu banyak terpapar suara yang tidak diinginkan - yang kita definisikan sebagai kebisingan - dapat membahayakan otak dalam beberapa cara.

3 dari 4 halaman

Efek Kebisingan Berlebihan kepada Mental

Kebisingan, yang tidak menyenangkan dan terlalu keras dapat membuat stres dan mengganggu kita.

Otak secara konstan menyaring banyak input sensorik dari lingkungan saat mempelajari apa yang dibutuhkan untuk dapat melakukan berbagai tugas. Kebisingan dapat mempersulit hal ini, kata Kraus. "Bayangkan suara bising," jelasnya, "sebagai sesuatu yang statis yang menghalangi apa yang dikatakan penyiar." Berurusan dengan suara statis tersebut dapat melelahkan otak.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kebisingan dapat menjadi masalah dalam proses pembelajaran. Selama beberapa dekade terakhir, penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak di kelas yang bising lebih sulit untuk fokus. Mereka juga akan lebih sulit membaca, mengingat sesuatu, atau mengerjakan tes dengan baik. Mengapa? Otak mereka harus bekerja lebih keras untuk memahami informasi dengan latar belakang kebisingan, kata Kraus. Kebisingan itu mungkin berupa obrolan anak-anak lain. Bahkan mungkin juga lalu lintas di luar ruangan.

Sebagai contoh, sebuah penelitian di tahun 2005 menemukan bahwa siswa sekolah menengah hanya dapat memahami 71 persen dari instruksi guru mereka ketika tingkat kebisingan di latar belakang sekitar 65 hingga 70 desibel. jumlah itu hanya sedikit lebih keras dari pembicaraan normal.

Kebisingan sekitar 70 desibel juga dapat memengaruhi pemahaman membaca, demikian hasil studi tahun 2019. Ketika anak-anak di sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas diminta untuk membaca dan menjawab pertanyaan tentang pelajaran sains, mereka yang berada di kelas yang bising menjawab lebih sedikit pertanyaan. Mereka juga mendapatkan lebih banyak jawaban yang salah dibandingkan mereka yang berada di ruang kelas yang tenang.

Ruang kelas yang bising mungkin merupakan masalah yang umum terjadi. Di banyak sekolah di AS, anak-anak dengan pendengaran normal hanya dapat memahami 75 persen dari kata-kata yang dibacakan dari sebuah daftar, menurut Acoustical Society of America.

Kebisingan tidak hanya mempengaruhi perhatian kita saat kita mendengarkannya. Anak-anak yang terpapar banyak kebisingan juga mengembangkan "otak yang lebih berisik," kata Kraus. Maksudnya, saraf pendengaran mereka tetap aktif bahkan ketika lingkungannya tenang.

Aktivitas yang terus berlangsung itu terlihat seperti statis dalam otak, kata Kraus. Dan keadaan statis seperti itu dapat membuat kita sulit untuk fokus pada apa yang ingin kita dengar.

Kraus mempelajari hal ini beberapa tahun yang lalu. Dia adalah bagian dari tim yang merekam aktivitas otak pada siswa kelas sembilan yang sedang menonton film. Pada saat itu, suara-suara yang mengganggu terdengar di latar belakang. Anak-anak yang tumbuh di lingkungan yang lebih berisik memiliki otak yang lebih berisik secara keseluruhan. Dan saat mereka menonton film, bagian otak yang memahami pembicaraan menjadi kurang aktif. Hal ini dapat membuat mereka lebih sulit untuk menyaring suara bising tersebut dan fokus pada dialog film.

Mungkin ada beberapa cara untuk membantu "mengecilkan" kebisingan latar belakang di otak. Sebagai contoh, Kraus menemukan bahwa para mahasiswa atlet di universitasnya memiliki otak yang sangat tenang. Artinya, ada lebih sedikit aktivitas statis - atau aktivitas otak latar belakang - dibandingkan dengan non-atlet. Ditambah lagi, otak para atlet lebih responsif terhadap suara. Hal itu dapat membantu mereka fokus pada sinyal pendengaran tanpa gangguan suara.

Mengapa berolahraga dapat membantu mengurangi kebisingan latar belakang otak? Ketika Anda bermain olahraga tim, Anda harus menyesuaikan diri dengan suara-suara tertentu: suara pelatih Anda, suara rekan satu tim yang sedang berlari, atau bahkan suara napas Anda sendiri, jelas Kraus. Mungkin jenis fokus ini melatih otak untuk memahami suara yang bermakna dengan lebih baik, seperti ucapan, bahkan di area yang penuh dengan kebisingan.

4 dari 4 halaman

Dampak Selain di Otak

Stres yang disebabkan oleh kebisingan dapat berdampak lebih dari sekadar pada otak. "Pendengaran adalah indera alarm kita," kata Kraus. Hal ini memicu respons stres, yang sering disebut melawan atau lari. Respons tersebut dapat membantu melindungi kita dari bahaya. Namun, hal ini bisa menjadi buruk ketika apa yang memicu respons stres tidak kunjung hilang.

"Kebisingan yang terus-menerus dapat menyebabkan kita hidup dengan tingkat kewaspadaan dan kecemasan yang rendah," jelas Kraus.

Omar Hahad mempelajari bagaimana stres yang dipicu oleh kebisingan dapat menyebabkan kerusakan. Dia bekerja di pusat medis di Universitas Johannes Gutenberg Mainz, Jerman. "Stres mental adalah faktor risiko untuk banyak penyakit," katanya. Hal itu termasuk kecemasan, depresi, dan sakit kepala. Hal ini juga termasuk penyakit jantung dan bahkan masalah pencernaan.

Kebisingan lalu lintas di malam hari mungkin terkait dengan masalah kardiovaskular, Hahad dan rekan-rekan kerjanya melaporkan pada bulan November lalu. Ketika para relawan tidur pada suatu malam, mereka mendengarkan rekaman suara mobil, kereta api, dan pesawat terbang. Di malam yang lain, mereka tidur dengan tenang. Saat mereka tertidur, mesin kecil yang diikatkan di lengan mereka merekam denyut nadi dan tekanan darah. Keesokan paginya, setiap orang menjalani tes darah dan menjawab pertanyaan tentang seberapa nyenyak mereka tidur.

Pembuluh darah mereka menunjukkan lebih banyak tanda-tanda stres setelah malam yang penuh dengan kebisingan lalu lintas. Tekanan darah juga lebih tinggi setelah tidur dengan suara bising - dan para peserta penelitian mengatakan bahwa mereka tidur lebih buruk. Kebisingan di malam hari berperan dalam hasil yang buruk ini, menurut dugaan kelompok Hahad.

Kebisingan yang mengganggu juga dapat meningkatkan produksi hormon stres dalam tubuh, kata Hahad. Dalam jangka pendek, zat-zat kimia tersebut (seperti kortisol atau adrenalin) membantu respon fight-or-flight. Namun kadar hormon tersebut tidak boleh tetap tinggi, katanya. Jika terjadi, mereka dapat merusak pembuluh darah dan jaringan lainnya. Seiring waktu, kerusakan tersebut dapat menyebabkan penyakit jantung dan diabetes. (Kebisingan juga cenderung menyebabkan kurang tidur pada anak-anak, sehingga menurunkan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini berdasarkan laporan dari American Academy of Pediatrics pada bulan Oktober 2023).

Paparan kebisingan hanya meningkatkan sedikit risiko penyakit pada setiap orang, kata Hahad. Tetapi jika hal ini terjadi pada cukup banyak orang di seluruh masyarakat, hal ini dapat menyebabkan keseimbangan bagi banyak orang, yang mengarah ke lebih banyak penyakit.

Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Pelindung telinga dapat membantu membatasi gangguan pendengaran ketika suara di sekitar Anda terlalu keras. Pasanglah sepasang penyumbat telinga berbahan silikon atau busa jika Anda sedang memotong rumput, naik kereta bawah tanah, pergi ke konser, atau melakukan sesuatu yang berisik, saran Sherilyn Adler. Dia mengarahkan Ear Peace: Save Your Hearing Foundation. Yayasan ini berada di Miami, Florida. "Saya membawa alat pelindung telinga di dalam tas saya," katanya, "dan bahkan memakainya di gym atau restoran yang bising."

Pelindung telinga sangat penting bagi para musisi, tambah Adler. Pada usia 25 tahun, hampir separuh musisi mengalami gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan. Hal ini menurut American Academy of Audiology. Penyumbat telinga khusus dapat memungkinkan musik terdengar seperti biasanya, hanya saja pada tingkat yang lebih pelan.

Jika Anda mendengarkan musik melalui earbud atau headphone, kecilkan suaranya, saran Balk. "Jika Anda memakai earbud dan orang lain dapat mendengar musik Anda, itu berarti musiknya terlalu keras," katanya. "Jika ibu Anda duduk di sebelah Anda dengan jarak yang dekat, Anda seharusnya dapat melakukan percakapan normal dengannya [bahkan dengan headphone] tanpa berteriak."

Selain itu, matikan semua suara yang Anda tahu dapat mengalihkan perhatian Anda, kata Kraus. Hal itu termasuk pemberitahuan teks pada ponsel Anda.

Melindungi dari suara-suara tertentu bisa jadi lebih sulit. Anda tidak dapat mengontrol kapan tetangga Anda memutuskan untuk memotong rumput mereka atau di mana kru konstruksi akan membiarkan truknya berhenti. Kebijakan pemerintah yang melindungi masyarakat dari kebisingan dapat membantu, kata Kraus. Kotanya, Evanston, baru-baru ini melarang penggunaan peniup daun bertenaga gas yang bising. (Yang bertenaga listrik lebih tenang.)

Memiliki strategi penanganan yang baik dapat membantu mengatasi perasaan stres akibat kebisingan, kata Hahad. "Berolahraga secara teratur adalah cara yang bagus untuk mengurangi stres."

Semua taktik ini dapat membantu Anda memanfaatkan lanskap suara di sekitar Anda. "Pada dasarnya, suara menghubungkan kita," kata Kraus. "Namun kita juga harus menyadari cara-cara yang dapat membuat kita terputus."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat